Tips & Tutorials

Teknik Lensa Makro - Dapatkan Gambar Kue Tart & Pastri yang Segar, Membangkitkan Selera

Pastri yang tampak cemerlang dan mengundang selera, menambah kilauan ke meja manapun. Untuk menangkap gambar semacam itu, saya anjurkan untuk melakukan bidikan close up dengan menggunakan lensa makro. Jika Anda menangkap kilapan indah yang bervariasi sesuai cahaya, Anda dapat membuat bidikan yang bersinar dan menghasilkan foto jadi yang lembut dan cerah. Dalam artikel ini, kita akan mencermati suatu teknik yang akan membantu Anda menangkap gambar tersebut. (Dilaporkan oleh: Yoriko Yamagishi)

 

Ciptakan kilapan indah dengan semi-cahaya latar dan buramkan warna terang dengan lensa makro

Apabila memotret pastri yang mengundang selera, Anda pasti ingin membuatnya terlihat begitu lezat sehingga orang yang melihatnya akan tergiur. Meskipun Anda dapat mengambil foto hanya untuk arsip, namun Anda dapat membuat pastri itu tampak lebih menggoda jika Anda menangkap bagian pastri yang paling memikat secara dekat. Di sinilah Anda akan memerlukan lensa makro.

Penerangan pun amat sangat penting apabila Anda ingin mengekspresikan tekstur yang mengkilap. Dalam foto ini, saya mengambil bidikan sedemikian rupa sehingga sinar cahaya alami yang masuk dari jendela, menonjolkan tekstur lapisan yang mengkilap. Menyiapkan pastri di lokasi yang penerangannya akan berfungsi sebagai semi-cahaya latar, saya menggunakan kotak kue sebagai pengganti papan reflektor untuk mengarahkan cahaya lembut ke area di depan yang menjadi lebih gelap.

Saya menetapkan aperture maksimum, karena hanya ingin membuat titik fokus (dalam kasus ini, stroberi) terlihat tajam sekaligus memburamkan sebagian besar area lainnya supaya tampak hanya sebagai warna. Hasil akhir: foto pastri memiliki polesan akhir yang lembut dan cerah.

EOS 750D/ EF-S60mm f/2.8 Macro USM/ FL: 60mm (96mm dalam kesetaraan film 35mm)/ Aperture Priority AE (f/2.8, 1/100 det, EV+0,7)/ ISO 800/ WB: Auto
Kue tart yang tampak cemerlang dan mengundang selera, dihiasi aneka buah. Saya memanfaatkan cahaya untuk menunjukkan, betapa menggiurkan buah-buahan yang beraneka warna dan berlapis.

 

Saran 1:  Perhatikan perubahan kemilau cahaya

Semi-cahaya latar tanpa papan reflektor

Dengan lensa makro, Anda dapat memperbesar subjek kecil, tetapi hasil foto mungkin terlihat berbeda akibat pencahayaan. Di sini, walaupun bagian atas tampak tiga-dimensi akibat cahaya yang masuk dari belakang, pada suatu sudut ke arah kanan, latar depan kiri tertutupi bayangan.

 

Cahaya langsung

Cahaya menyinari stroberi saat saya memfokuskannya, sehingga terlihat berkilauan. Namun demikian, meskipun irisan apel dan toping lainnya di latar belakang, juga tertangkap dengan warna pekat, polesan akhir menjadi datar dan terlihat agak gelap.

 

Saran 2: Manfaatkan kotak kue dan tirai renda

Saya berdiri di posisi cahaya alami yang masuk menjadi semi-cahaya latar pada meja dekat jendela, dan menutup tirai renda supaya cahayanya menjadi lebih lembut. Dengan beranjak menjauhi kue tart aneka warna, yang memiliki diameter 15cm, saya pastikan bahwa itu terbingkai sedemikian rupa yang membuatnya terlihat menggiurkan, dan pada akhirnya mengambil bidikan pada jarak sekitar 25 cm dari wajah lensa. Saya juga menggunakan kotak kue sebagai pengganti papan reflektor untuk mengarahkan cahaya pada latar depan kiri yang telah menjadi lebih gelap.

 

Bekerja dengan lensa: Menangkap cahaya dengan tripod

Apabila memotret sepotong pastri, sebaiknya menggunakan lensa makro dengan jarak pemotretan dekat minimum, yang memungkinkan Anda memperoleh efek bokeh besar. Fokuskan pada bagian yang terlihat lezat, yang memikat Anda dan ambil gambar secara dekat hingga aperture maksimum untuk mendapatkan polesan akhir yang lembut. Dengan melakukan itu, efek bokeh akan menjadi lebih besar, dan membuat pastri terlihat lebih menggiurkan. Dalam fotografi close-up, pengambilan foto di luar fokus, bahkan sekecil apa pun, akan menyebabkan subjek menjadi buram. Menggunakan tripod dapat membantu Anda menjaga fokus tetap stabil, sehingga Anda dapat berkonsentrasi untuk membuat komposisi dan melakukan pencahayaan yang benar.

 

Lensa yang digunakan: EF-S60mm f/2.8 Macro USM

 

Untuk rincian selengkapnya, klik di sini

Yang bagus tentang lensa makro ini yaitu, dapat membidik subjek pada ukuran yang sebenarnya. Saya menyukainya, karena ringkas dan ringan, sekitar 335g, sehingga membuatnya berguna untuk melakukan pemotretan tabletop (atas meja), alih-alih hanya subjek kecil di alam raya, seperti bunga dan serangga. Inilah lensa yang sungguh sesuai untuk menciptakan karya ilustratif, bukan sekadar catatan.

 

 

Yoriko Yamagishi

Lahir di Prefektur Aichi, Yamagishi menjadi seorang fotografer profesional setelah mengembangkan minatnya dalam fotografi selama ia tinggal di A.S. pada tahun 1997. Ia mengkhususkan diri dalam bidikan potret dan bidikan close-up alam.

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.