Tips & Tutorials

Fotografi Makro dalam kondisi Rendah Cahaya: Mencegah Goyangan Kamera

Fotografi makro memungkinkan kita untuk menghasilkan bidikan pemandangan alam yang serba mengagumkan, yang mungkin terlihat sangat biasa. Namun demikian, apabila Anda mengambil bidikan makro di lokasi bercahaya redup, tentunya Anda ingin meminimalkan goyangan kamera. Berikut ini, mari kita cermati, bagaimana para fotografer profesional menanggulanginya.  (Dilaporkan oleh: GOTO AKI)

Bidikan diambil dalam mode makro EF24-70mm f/4L IS USM

EOS 5D Mark IV/ EF24-70mm f/4L IS USM/ FL: 70mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/40 det., EV-0,3)/ ISO 12800/ WB: Daylight

Saat itu saya sedang mencari kesempatan untuk menangkap pemandangan lanskap alam yang memesona di antara pemandangan biasa, seperti gunung dan air terjun. Sewaktu tengah mengamati kilauan tetesan air yang merembes keluar, saya menyadari bahwa terdapat pola yang menarik dan berirama pada cara tetesan air itu disusun. Saya langsung menghidupkan sakelar mode makro pada EF24-70mm f/4L IS USM, dan mendekati subjeknya.

 

Saran: Untuk bidikan genggam yang jernih, gunakan kecepatan ISO tinggi

Saya menetapkan tuas sakelar makro pada EF24-70mm f/4L IS USM ke “Macro” dan memastikan bahwa fitur IS dihidupkan sebelum membidik. Saya menaikkan kecepatan ISO secara bertahap hingga ISO 3200, 6400 dan terakhir, 12800 sambil mengecek kecepatan rana. Bidikan ini diambil dari jarak 20cm, yang merupakan jarak pemfokusan lensa yang terdekat.

Pemandangan pemotretan mode makro EF24-70mm f/4L IS USM
Pemandangan pemotretan mode makro EF24-70mm f/4L IS USM
 

Dekati area ini

Seperti bisa terlihat dari foto di atas, lokasi pemotretannya redup sehingga rentan terhadap goyangan kamera, tetapi pijakan di tanah tidak cukup stabil untuk menyiapkan tripod. Dalam kondisi semacam itu, Anda bisa meninggikan kecepatan ISO sebanyak mungkin untuk mendapatkan bidikan genggam yang jernih.

 

Untuk gagasan lainnya tentang cara mengubah berbagai hal yang terlihat biasa di alam, dan menjadikannya sebagai karya abstrak, bacalah yang berikut ini:
Fotografi Abstrak: Beralih ke Alam sebagai Alat Bantu


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

GOTO AKI

Lahir pada tahun 1972 di Prefektur Kanagawa dan lulus dari Sophia University serta Tokyo College of Photography. Goto menerbitkan koleksi karya foto yang berjudul "LAND ESCAPES" dan juga terlibat secara aktif dalam pembuatan karya seperti “water silence” suatu instalasi yang menggabungkan foto dengan video.

http://gotoaki.com/

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.