Tips & Tutorials

Daftar Wajib Bawa: 5 Kiat Fotografi Pemandangan

Jika Anda pernah seperti saya, kelimpungan mengatur kamera sekaligus kehilangan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di depan mata, berikut beberapa kiat cepat yang Anda wajib tahu sebelum pergi lagi bertualang berburu foto.

Cakrawala Maya (Virtual Horizon)

Garis-garis grid pada viewfinder dapat membantu meluruskan cakrawala pada foto Anda, tapi jika Anda ingin benar-benar memastikan tanpa buru-buru mengeluarkan senjata lain –waterpass kamera - cobalah memanfaatkan fitur cakrawala maya.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan mengurutkan aneka tampilan informasi pada Live View. Begitu indikator menyala hijau, Anda siap.

Mengurung Bidikan

Cahaya cepat berubah dalam fotografi pemandangan dan mencoba-coba pengaturan pencahayaan serta mode pemeteran mungkin bukan cara terbaik untuk memperoleh bidikan. Silakan lihat kembali buku fotografi analog Anda - dengan mengurung bidikan, Anda punya peluang lebih baik untuk memastikan foto mendapatkan pencahayaan yang tepat.

Menggunakan fungsi auto-bracketing terintegrasi, Anda dapat dengan mudah mengatur kamera ke dalam 3 jenis pencahayaan, kurang pencahayaan (under exposed), pencahayaan tepat (properly exposed), dan pencahayaan berlebihan (over-exposed). Di sini, foto diberi pencahayaan untuk -1, 0, +1.

Timing Kuncinya

Timing bukan sekadar berada di lokasi pada saat yang tepat. Dengan mengatur timer pada kamera (saat dipasang pada tripod), Anda dapat mengurangi kabur pada gambar bergerak saat Anda melepas rana, khususnya untuk bidikan yang harus dilakukan pada kecepatan rana lambat. Ini akan sangat membantu khususnya jika Anda tidak sedang memegang remote control saat mengambil gambar dalam kondisi pencahayaan kurang.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/8.0, 1/250 sec, ISO 400

Yang Penting Sabar

Cahaya punya caranya sendiri yang mengagumkan dalam mewarnai langit bahkan setelah matahari terbenam. Kalau banyak fotografer lain mulai berkemas setelah matahari terbenam, saya malah merekomendasikan Anda untuk tinggal sedikit lebih lama. Anda mungkin menemukan hal-hal yang dilewatkan rekan-rekan Anda yang pulang lebih dulu.

Sentuhan Manusiawi

Fotografi pemandangan cenderung agak statis, jadi dengan mengetahui sekeliling Anda, Anda mungkin dapat menemukan elemen menarik untuk ditambahkan ke gambar. Untuk saya, elemen tersebut adalah orang-orang yang ada lingkungan tersebut.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/8.0, 1/50 sec, ISO 100

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/10, 1/200 sec, ISO 400

Semua gambar diambil dengan EOS 6D; Lensa EF16-35mm f/4L IS USM

Gambar di balik layar diambil dengan PowerShot G9 X 

 

EOS 6D (Body)

Klik Di Sini Untuk Detail Lainnya

EF16-35mm f/4L IS USM

Klik Di Sini Untuk Detail Lainnya

PowerShot G9 X

Klik Di Sini Untuk Detail Lainnya

 

Kenji Kwok

Profil penulis

Kenji Kwok adalah seorang Fotografer Dokumenter asal Singapura, yang karya-karyanya terinspirasi oleh dorongan untuk menyediakan saluran bagi orang lain guna menyuarakan keluh-kesah mereka, selain mendokumentasikan perlunya perubahan seputar masalah sosial di seluruh dunia.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.