Produk

[Bagian 1] Kesan Pertama Resolusi 50,6-megapiksel

EOS 5DS dan EOS 5DS R adalah kamera resolusi ultra tinggi dari Canon. Dalam artikel ini, dua orang fotografer yang pertama kali menguji kedua kamera itu akan berbicara tentang kesan mereka mengenai dua model baru ini. (Dilaporkan oleh: Rika Kasai, Foto oleh: Hiroyuki Kato)

Halaman: 1 2

Mengenang ketegangan fotografi film

- Dibandingkan dengan kamera full-frame yang ada sekarang, bagaimana menurut Anda, tentang perubahan yang dihadirkan oleh jumlah piksel lebih tinggi terhadap daya ekspresifnya?

Nomachi Pertama-tama, saya kewalahan oleh daya ekspresif kamera tersebut. Menurut saya, performa EOS 5DS dan EOS 5DS R dimaksimalkan paling baik apabila foto diperbesar ke ukuran B0 (1.030 × 1.456mm). Meskipun proses pemotretan foto mungkin sudah menjadi lebih mudah dengan kemajuan teknologi, EOS 5DS dan EOS 5DS R memberikan kesan yang mengingatkan saya tentang era kamera film.

Ishibashi Saya memahami sepenuhnya yang Anda maksudkan. Dengan kamera-kamera ini, saya merasa terdorong untuk menyiapkan diri untuk pemotretan.

Nomachi Jika kami tidak menganalisis cahaya secara saksama, rinciannya tidak akan ditampilkan.

EOS 5DS dan EOS 5DS R adalah kamera EOS pertama yang diperlengkapi sensor gambar dengan resolusi efektif 50,6 megapiksel.

Ishibashi Entahlah, mungkin kami sudah menjadi terlalu terbiasa menggunakan fungsi kamera digital yang nyaman. Menggunakan EOS 5DS dan 5DS R mengharuskan seorang fotografer untuk sungguh-sungguh berkonsentrasi. Ini meningkatkan kesadaran kami dalam fotografi. Kami tidak bisa membiarkan diri kami untuk menekan tombol rana sampai kami sudah menentukan komposisi dan yakin bahwa kami telah memahami subjek kami secara memadai, dan hal ini menciptakan naluri ketegangan sewaktu membidik. Kami harus mencurahkan sepenuhnya pengetahuan dan pengalaman yang telah kami akumulasi selama era kamera film. Selain itu, jika tujuan kami adalah menampilkan versi skala besar gambar yang telah kami tangkap, salah satu opsi yang bisa kami pertimbangkan di kemudian hari adalah menghadirkannya pada tampilan high-definition (definisi tinggi), seperti pada gambar dengan resolusi 4K.

Nomachi Saya coba mencetak gambar yang ditangkap dalam mode JPEG Large ke dalam format ukuran B0, dan hasilnya mengagumkan. Format besar mengubah persepsi kami tentang karya fotografi, jadi, saya sangat menganjurkan kepada semua orang untuk membesarkan foto mereka dan cermati. Hal ini khususnya sangat berlaku jika Anda menggunakan EOS 5DS dan EOS 5DS R.

* Klik pada gambar untuk membesarkan.

EOS 5DS R/ EF24-70mm f/4L IS USM/ FL: 55mm/ Shutter-priority AE(f/8, 1/180 det, EV-1.0)/ ISO 100/ WB: Auto (Foto oleh: Kazuyoshi Nomachi)

Sebuah dataran yang terkikis, yang terbentang di dataran tinggi pada ketinggian 4.000 m di bagian barat daya Bolivia. Resolusi 50,6 megapiksel menghasilkan penggambaran yang menyeluruh dan indah saat sinar matahari menembus awan seperti sorotan sinar, menghadirkan gradasi sempurna pada ukiran timbulnya. Semakin saya memperbesar foto sewaktu memproses data RAW, semakin jelas rincian yang saya temukan, tersembunyi dalam data resolusi tinggi. Dengan kata lain, gradasi tidak mudah kehilangan keseimbangannya, bahkan dengan pemrosesan gambar yang ditangani secara berat. Bidikan ini diambil dengan menggenggam kamera, karena saya berada pada lereng yang tidak stabil serta curam, dan tripod tidak dapat digunakan. Meskipun begitu, saya berhasil memperoleh kesan nyata mengenai pengoperasian rana yang stabil berkat sistem internal baru untuk mengendalikan getaran cermin.

Perubahan yang dihasilkan dari jumlah piksel tinggi

- Dengan jumlah piksel ultra tinggi dan efek low-pass filter (tapis lulus bawah) yang dapat dibatalkan, pernahkah ada perubahan apa pun pada cara gambar direproduksi?

Nomachi Saya tidak secara khusus memperhatikan low-pass filter sewaktu pemotretan. Apabila saya membandingkan gambar yang ditangkap oleh EOS 5DS dan EOS 5DS R, tidak terdapat perbedaan yang berarti. Menurut saya, akan ada perbedaan, hanya dalam kondisi tertentu.

Ishibashi Nyaris tidak ada perubahan apa pun dari segi reproduksi gambar. Ekspresi gradasi warnanya istimewa, walaupun ini adalah satu elemen yang bergantung pada subjeknya. Warna dan gradasi yang samar antara warna-warna yang secara kaya diekspresikan. Namun demikian, Anda akan memerlukan lensa berkualitas baik.

Nomachi Pada kasus saya, setelah kembali dari pemotretan dan memilih bidikan yang ingin saya gunakan, saya menyadari bahwa kebanyakan gambar diambil oleh EOS 5DS R, walaupun ini bukan merupakan pilihan saya secara sadar. Saya mungkin dapat memberi tahu perbedaannya jika saya membesarkan gambar ini ke dalam ukuran yang super besar.

- Baru saja Anda menyebutkan sesuatu mengenai lensa. Apakah ada lensa khusus yang ingin Anda pilih untuk digunakan dengan jumlah piksel tinggi kamera-kamera ini?

Ishibashi Menurut saya, EF11-24mm f/4L USM akan menjadi pilihan yang menarik. Saya ingin menggunakannya untuk mengambil bidikan yang bisa saya krop ke dalam format lebar, dan membuat produk jadi yang terlihat seperti lukisan layar lipat. Kamera ini mampu menangkap gambar ruang tanpa distorsi apa pun.

Nomachi Menurut pendapat saya, lensa wide-angle (sudut lebar) seperti EF14mm f/2.8L II USM berfungsi baik dengan EOS 5DS dan 5DS R. Saya juga menggunakan EF16-35mm f/4L IS USM, dan ini juga bagus. Untuk lensa telefoto, saya akan memilih EF70-200mm f/2.8L IS II USM.

Ishibashi Saya juga merekomendasikan EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM. Bahkan, akan lebih baik daripada zoom telefoto yang selama ini saya gunakan sampai baru-baru ini.

Lensa yang direkomendasikan untuk digunakan dengan EOS 5DS dan EOS 5DS R

EF70-200mm f/2.8L IS II USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

EF100-400mm f4.5-5.6L IS II USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

- Apakah ada poin penting untuk diperhatikan ketika menggunakan kamera dengan jumlah piksel tinggi?

Ishibashi Saya akan memprioritaskan kualitas gambar apabila mengambil bidikan lanskap, jadi saya akan menahan diri untuk mengurangi aperture [mis., meninggikan f-number] secara berlebihan dan meninggikan kecepatan ISO yang tidak perlu. Namun demikian, saya ingin meningkatkan depth of field (ketajaman ruang) pada saat yang sama, jadi ini adalah tugas menantang untuk menemukan keseimbangan yang tepat. Dengan resolusi tinggi sekitar 50,6 megapiksel, pengaturan aperture dan kecepatan ISO akan sangat berdampak pada kualitas gambar, dan ini mungkin memengaruhi pilihan subjek hingga batas tertentu.

Nomachi Menilai dari bidikan percobaan oleh EOS 5DS dan EOS 5DS R, kualitas gambar akan bagus dari sekitar f/8 hingga f/11. Namun demikian, saya tidak terlalu mencemaskan tentang menurunkan aperture, selama menghasilkan bidikan yang tidak keluar fokus. Di samping itu, fitur Digital Lens Optimizer (Pengoptimal Lensa Digital) juga tersedia saat ini. Meskipun saya memahami keinginan untuk menonjolkan resolusi nyata 50,6 megapiksel, tetapi tidak perlu terlalu memusatkan perhatian pada poin khusus ini.

Menggunakan fitur Digital Lens Optimizer dalam perangkat lunak “Digital Photo Professional” yang disertakan bersama kamera, difraksi yang terjadi ketika aperture diturunkan, bisa dikoreksi untuk memulihkan gambar ke bentuknya yang tidak terdistorsi.

Ishibashi Ya, kami sering mencurahkan perhatian terlalu banyak pada spesifikasi kamera ketika mencoba untuk mendapatkan ekspresi yang rinci dalam bidikan lanskap.

Nomachi Untuk bidikan long-exposure (pencahayaan yang lama), menurut saya, hasilnya bagus hingga kecepatan rana sekitar 4 detik dan kecepatan ISO 400. Tentu saja, pada kecepatan ISO 100 dan 200, Anda mungkin menggunakan tripod lebih sering. Meskipun begitu, Anda bahkan dapat mengambil bidikan sambil menggenggam kamera jika Anda tidak terlalu peduli tentang menonjolkan resolusi 50,6 megapiksel.

Ishibashi Pada EOS 5D Mark II, dengan kecepatan ISO normalnya, berkisar hingga 25600, kami dapat menangkap gambar pemandangan malam hari yang tidak mungkin dilakukan di era kamera film. Secara kontras, EOS 5DS dan EOS 5DS R sedikit kurang fleksibel dalam fotografi malam, karena ISO normal maksimumnya 6400.

* Artikel ini dibuat berdasarkan trial model (model percobaan). Aspek-aspek seperti kualitas penampilan dan gambar mungkin sedikit berbeda dari produk yang sesungguhnya.

Kazuyoshi Nomachi

Lahir di Kochi pada tahun 1946. Nomachi mulai belajar di bawah bimbingan seorang fotografer, Takashi Kijima pada tahun 1968, dan mulai meliput Nile, Ethiopia serta sejumlah wilayah gersang Afrika setelah melakukan perjalanan ke gurun Sahara pada tahun 1972. Lokasi pemotretannya saat ini adalah Andes dan India. Ia mendapat Penghargaan Medali dengan Pita Ungu pada tahun 2009.

Mutsumi Ishibashi

Lahir di Chiba pada 1947, Ishibashi berkelana keliling negeri sejak akhir masa remajanya, untuk menjelajahi alam Jepang. Sejak tahun 1975, ia mempersempit tema pada alam wilayah Tohoku. Pekerjaan sepanjang hidupnya berpusat pada mengekspresikan kecantikan alam Jepang yang diciptakan oleh iklim yang lembap. Ia juga mengarang banyak publikasi bertema hutan.

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.