Tips & Tutorials

[Bagian 1] Mari Memulai Bounce Flash Photography

Bounce flash photography adalah teknik fotografi yang memanfaatkan pantulan cahaya dari benda-benda seperti dinding atau langit-langit, alih-alih menembakkan lampu kilat (flash) secara langsung ke subjek utama. Teknik pantulan ini membantu meredam cahaya flash, menciptakan suasana yang lembut dan alami. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan metode bounce flash photography (fotografi pantulan lampu kilat). Dalam [Bagian 1] rangkaian artikel ini, mari kita belajar tentang dasar-dasar bounce flash photography. (Dilaporkan oleh: Koji Ueda)

Membidik Potret Dalam Ruangan dengan Nada Kulit Alami

EOS 60D/ EF35mm f/2/ Program AE (1/160 det., f/5.6)/ ISO 400/ WB: Auto/ Speedlite 430EX II (Flash mode: E-TTL)

Saya menetapkan flash mode Speedlite ke E-TL dan Program AE mode yang dipilih pada kamera, yang memungkinkan kamera menentukan secara otomatis kombinasi nilai aperture dan kecepatan shutter. Berikutnya, saya menembakkan Speedlite dengan flash head yang diarahkan ke langit-langit, lalu memeriksa hasil gambarnya untuk mengetahui sudut pantulan flash yang terbaik. Cahaya yang terefleksi dari langit-langit disebarkan, yang merangkum seluruh subjek potret untuk menciptakan suasana yang wajar.

Saran

  • Memotret dengan E-TTL + Program AE mode
  • Arahkan Speedlite ke langit-langit untuk menyebarkan cahaya flash.

Kondisi Pemotretan

Posisi subjek, kamera dan Speedlite

A: Kira-kira 1,5m B: Kira-kira 2,5m

Cahaya alami yang masuk dari jendela di samping subjek potret menciptakan bayangan pada wajah. Di sini, saya memanfaatkan teknik pantulan flash untuk memperhalus bayangan dan mendapatkan suasana yang wajar. Saya pasangkan Speedlite ke hot shoe kamera, kemudian menyusun bidikan genggam dengan kamera yang secara langsung menghadap ke subjeknya. Flash head Speedlite diarahkan ke langit-langit.

Langkah-langkah untuk Bounce Flash Photography

1: Pasangkan Speedlite ke kamera

Pasangkan unit flash Speedlite ke hot shoe kamera, lalu geser tuas kunci pijakan pemasangan. Setelah terkunci, hidupkan dayanya.

2: Tetapkan flash head ke arah yang Anda inginkan untuk memantulkan cahaya

Tetapkan flash head Speedlite ke arah yang Anda inginkan untuk memantulkan cahaya, seperti langit-langit atau dinding.

3: Memantulkan cahaya flash

Tekan tombol shutter untuk menembakkan flash dan memantulkan cahaya flash. Sesuaikan sudut pantulan flash seraya memeriksa gambar yang sudah Anda bidik.

4: Sesuaikan flash exposure seperlunya

Lakukan kompensasi flash exposure jika Anda ingin menyesuaikan kecerahan dengan menggunakan output flash tanpa mengubah nilai aperture dan kecepatan shutter kamera.

Koji Ueda

Lahir di Hiroshima tahun 1982, Ueda mengawali kariernya sebagai asisten fotografer Shinichi Hanawa. Kemudian, ia menjadi fotografer freelance, dan sekarang menggarap banyak sekali pekerjaan, dari majalah hingga iklan, sementara melakukan pemotretan di berbagai kota dan lansekap di seluruh dunia. Ia juga penulis dan penceramah pada perkuliahan dan lokakarya fotografi.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.