Produk

[Bagian 2] Mode Ekspresi Baru yang Unik pada Resolusi 50,6 megapiksel

Artikel ini adalah bagian kedua wawancara khusus dengan dua fotografer profesional yang telah mengambil bidikan percobaan dengan menggunakan EOS 5DS dan EOS 5DS R. Berikut ini adalah rangkuman kesimpulan mereka setelah menggunakan kamera. (Dilaporkan oleh: Rika Kasai, Foto oleh: Hiroyuki Kato)

Halaman: 1 2

Tindakan menyeluruh yang dibutuhkan terhadap goyangan kamera

- Menurut saya, Anda harus sangat berhati-hati dalam menangani goyangan kamera ketika menggunakan EOS 5DS dan EOS 5DS R. Menurut Anda, tindakan efektif apakah yang dapat mencegah goyangan kamera?

Nomachi Saya mengambil bidikan hampir sepanjang waktu, dan pada dasarnya, bidikan tersebut diambil dengan menggenggam kamera.

Ishibashi Bukankah pemotretan genggam menimbulkan masalah bagi Anda?

Nomachi Tidak, apabila saya menggunakan lensa sudut lebar. Tetapi, sebagai tindakan pencegahan goyangan kamera, saya akan melepaskan tombol rana pada kecepatan rana yang cukup cepat. Di samping itu, saya memanfaatkan fitur stabilisasi gambar (IS), sehingga, pada kenyataannya, EOS 5DS dan EOS 5DS R dapat menawarkan stabilitas yang lebih besar dibandingkan EOS 5D Mark III dari segi pencegahan goyangan.

Ishibashi Saya cukup berhati-hati apabila menyangkut soal mencegah goyangan kamera. Pada dasarnya, saya memanfaatkan penggunaan tripod, dan apabila saya menggunakan lensa telefoto, saya akan memasangkannya ke penyangga lensa telefoto. Meskipun begitu, tetap saja bidikan menjadi buram pada sebagian kasus. Masalah ini teratasi apabila saya mengaktifkan fitur Mirror Lockup (Penguncian Cermin). Bahkan, ketika saya mencoba menyusun bidikan dan menetapkan fokus dengan optical viewfinder (jendela bidik optik), saya menyadari bahwa kadang-kadang saya tetap tidak bisa memperoleh fokus tajam setelah membesarkan gambar Live View (Tampilan Langsung) untuk memeriksa fokus. Pada saat itulah saya benar-benar merasakan, betapa pentingnya untuk memiliki gambaran akurat tentang di mana menetapkan fokus dalam komposisi. Anda harus memiliki naluri mengenai komposisi yang bagus.

Nomachi Pada kasus saya, separuh bidikan saya diambil dengan menggenggam kamera. Apabila saya melakukan pemotretan pada lokasi yang sulit untuk mendapatkan pijakan stabil, atau tiupan anginnya keras, saya meningkatkan kecepatan rana untuk mengompensasi. Dengan pengaturan kecepatan rana 1/120 detik, atau lebih cepat, saya tidak menemukan masalah apa pun, jika yang digunakan adalah lensa sudut lebar atau telefoto menengah. Malahan, gambar akan distabilkan setelah mengunci cermin pada posisi tegak dan menunggu selama satu hingga dua detik. Saya berpendapat bahwa masalah goyangan kamera dapat ditanggulangi dengan memanfaatkan aturan umum yang sudah kita kumpulkan melalui pengalaman.

* Klik pada gambar untuk membesarkan.

EOS 5DS R/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM/ FL: 241mm/ Manual exposure (f/6.3, 1/60 det)/ ISO 640/ WB: Daylight (Foto oleh: Mutsumi Ishibashi)

Katanya, pohon cherry blossom ini yang berada di dalam kuil kuno sudah berusia 320 tahun, dan bunganya masih bermekaran. EOS 5DS R ini sangat istimewa dalam penggambaran rincian halus, dan mampu merefleksikan maksud fotografis saya dengan menangkap ekspresi bunga yang serba menawan pada saat senja. Pengaturan aperture 1/8 atau yang lebih rendah, direkomendasikan untuk memaksimalkan resolving power (daya pisah) yang ditawarkan oleh 50,6 megapiksel. Namun demikian, tergantung pada ekspresi yang dimaksudkan, Anda juga dapat mengabaikan hal ini dan mempersempit aperture untuk menambah depth of field (ketajaman ruang) yang lebih dalam.

Daya ekspresif mencengangkan dalam fotografi lanskap

- Bagaimanakah tingkat akurasi AF? Bagaimana, menurut Anda tentang [Fine Detail] Picture Style yang baru?

Nomachi Saya mengambil semua bidikan dengan AF, dan sama sekali tidak ada masalah.

Ishibashi Saya terutama menggunakan [Landscape] Picture Style di waktu lalu, tetapi kali ini saya menggunakan [Fine Detail]. Monitor LCD kamera saja tidak cukup untuk memungkinkan saya memeriksa rincian dalam gambar, karena high definition (definisi tinggi)-nya, tetapi apabila saya melakukannya pada monitor PC, saya menyadari bahwa garis-garis halus direproduksi sangat bagus.

[Fine Detail] Picture Style merupakan tambahan baru pada EOS 5DS dan EOS 5DS R. Sesuai namanya, efek Picture Style (Gaya Gambar) ini menekankan pada rinciannya. Area yang lebih halus dapat lebih mudah dipertajam, memungkinkan tekstur subjek direproduksi secara rinci.

Nomachi Mencermati foto-foto 50,6 megapiksel, saya benar-benar kagum melihat betapa banyak rincian yang ditangkap. Dengan gambar yang diambil oleh EOS 5DS dan 5DS R, ternyata, saya memperhatikan pernak-pernik rincian subjek, yang tidak pernah saya perhatikan seandainya gambar tersebut diambil oleh kamera lain. Saya sungguh terkesan, karena saya bisa mengatakan bahwa rincian pada gambar diselesaikan secara tajam, hanya dengan sedikit membesarkan gambarnya.

Ishibashi Anda bisa melihatnya apabila gambar diperbesar hingga 100%.

Nomachi Namun begitu, menurut saya jumlah piksel tinggi tersebut tidak dibutuhkan untuk memotret bidikan langsung. Omong-omong, saya sering memanfaatkan mode silent shooting (pemotretan senyap), dan ternyata sangat berguna. Fitur ini senyap dan sekaligus membantu mencegah goyangan kamera. Menurut saya, ini juga sangat praktis apabila menangkap bidikan potret.

"Silent shooting mode" (Mode pemotretan senyap), mengurangi suara bising mekanis dengan mendorong cermin pada kecepatan yang lebih lambat dari mode pemotretan normal. Getaran yang lebih kecil selama dorongan cermin, juga membantu mengurangi goyangan kamera.

Ishibashi EOS 5DS dan EOS 5DS R mengharuskan Anda memilih area atau subjek yang dapat diekspresikan dalam high resolution (resolusi tinggi). EOS 5DS dan EOS 5DS R bukanlah kamera yang dapat Anda gunakan untuk semua pemandangan. EOS 5D Mark III juga merupakan model yang sangat bagus, dan saya masih memikirkan, bagaimana saya seharusnya menggunakan kamera ini untuk tujuan yang berbeda-beda. Bagaimanapun, saya berencana untuk menyertakan EOS 5DS atau EOS 5DS R sebagai bagian perangkat pemotretan saya.

Nomachi Daya ekspresif kamera tersebut dalam fotografi lanskap memang mencengangkan. Kamera ini mudah digunakan, dan memberi tahu Anda untuk mencurahkan perhatian ke rincian subjek dan cahaya ketika membidik. Sehubungan dengan ini, saya berpendapat bahwa kamera yang sungguh bagus baru saja hadir di pasar.

* Artikel ini dibuat berdasarkan trial model (model percobaan). Aspek-aspek seperti kualitas penampilan dan gambar mungkin sedikit berbeda dari produk yang sesungguhnya.

Kazuyoshi Nomachi

Lahir di Kochi pada tahun 1946. Nomachi mulai belajar di bawah bimbingan seorang fotografer, Takashi Kijima pada tahun 1968, dan mulai meliput Nile, Ethiopia serta sejumlah wilayah gersang Afrika setelah melakukan perjalanan ke gurun Sahara pada tahun 1972. Lokasi pemotretannya saat ini adalah Andes dan India. Ia mendapat Penghargaan Medali dengan Pita Ungu pada tahun 2009.

Mutsumi Ishibashi

Lahir di Chiba pada 1947, Ishibashi berkelana keliling negeri sejak akhir masa remajanya, untuk menjelajahi alam Jepang. Sejak tahun 1975, ia mempersempit tema pada alam wilayah Tohoku. Pekerjaan sepanjang hidupnya berpusat pada mengekspresikan kecantikan alam Jepang yang diciptakan oleh iklim yang lembap. Ia juga mengarang banyak publikasi bertema hutan.

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.