Produk

[Bagian 2] Desain Optik yang Sepenuhnya Mengerahkan Teknologi Lensa EF

Bagaimanakah distorsi dan lengkungan bidang, yang pada umumnya ditemukan dalam lensa super wide-angle, ditekan pada EF11-24mm f/4L USM? Dalam wawancara dengan para pengembang lensa di bagian kedua serial ini, inilah yang kami temukan. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

Halaman: 1 2

(Dari kiri ke kanan)

Grup ICP 1: Shota Shimada

Pusat Pengembangan ICP 1: Hideki Sakai

Pusat Pengembangan ICP 1: Tadanori Okada

Lensa asferis ditempatkan dalam kelompok tertentu untuk meminimalkan distorsi dan lengkungan bidang

- Jika kita cermati foto sampel, tampak seolah-olah nyaris tidak ada distorsi pada ujung 11mm. Elemen lensa asferis manakah yang menyebabkan efek korektif itu?

Sakai Elemen lensa di depan sangat efektif untuk mengoreksi distorsi, khususnya elemen pertama dan kedua, karena bentuknya yang asferis.

Bidikan low-angle (sudut rendah) dinding kastil di Avila, Spanyol, situs Pusaka Dunia UNESCO. Seluruh gambar terselesaikan begitu sempurna, seolah-olah Anda bisa meraba tekstur batu karangnya. Selain itu, tidak terlihat adanya aberasi kromatis di sejumlah area, seperti garis sketsa dindingnya.

EOS 5D Mark III/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 11mm/ Aperture-priority AE (f/8, 1/400 det., EV-0.3)/ ISO 100/ WB: Auto

- Jadi, memang penting untuk mengurangi distorsi pada saat cahaya memasuki lensa, betul, bukan?

Sakai Pada dasarnya, koreksi oleh elemen lensa depan adalah faktor utama yang membantu mencapai kualitas gambar yang tinggi. Salah satu karakteristik kelompok lensa depan dalam lensa super wide-angle pada kamera DSLR yaitu, bahwa lensa ini memiliki efek lensa cekung yang sangat dalam. Oleh karenanya, memang penting bahwa aberasi apa pun yang terjadi, diminimalkan di sini.

Konstruksi lensa EF11-24mm f/4L USM

Lensa UD Super/ Lensa UD
Lensa Asferis
SWC
ASC

- Koreksi distorsi dan peningkatan kualitas gambar periferal pada umumnya dipahami sebagai sifat dengan efek berlawanan. Bagaimana Anda menanggapi permasalahan ini pada EF11-24mm f/4L USM?

Sakai Pemahaman ini memang benar. Walaupun elemen lensa asferis di depan mengoreksi distorsi, namun pada kasus lensa wide-angle (sudut lebar), kemungkinan besar lengkungan bidang masih terjadi, bahkan dengan ini. Apabila ini terjadi dan Anda menetapkan fokus pada bagian tengah gambar, area periferal gambar akan tampak di luar fokus, menyebabkan resolusi di area ini memburuk. Untuk EF11-24mm f/4L USM, di samping elemen lensa pertama dan kedua, lensa asferis cetakan kaca presisi tinggi, juga digunakan untuk elemen ketiga dan terakhir (keenam belas). Masing-masing elemen lensa memiliki efek optik berbeda, dan semuanya bekerja sama untuk mencapai kedataran bidang fokus, sehingga ikut membantu mengoreksi aberasi yang berbeda-beda.

Pantulan cahaya di dalam lensa memungkinkan kita mengetahui bentuk lensa asferis ground dan dipoles (elemen pertama) serta cetakan kaca (elemen kedua dan ketiga). Elemen lensa pertama dicirikan oleh perbedaan yang signifikan dalam ketebalan antara bagian tengah dan sekitarnya.

- SWC dan ASC, keduanya digunakan pada lensa ini. Bagaimana Anda memanfaatkan kedua tipe lapisan ini menurut sifatnya yang unik?

Sakai Dibandingkan dengan lapisan konvensional, SWC dan ASC memiliki daya pantul yang sangat rendah. Khususnya, SWC efektif untuk sinar cahaya dengan sudut datang besar. Itulah mengapa kami telah menggunakannya sekali lagi pada EF11-24mm f/4L USM, untuk elemen lensa pertama dan kedua, di mana sudut datang sinar cahaya relatif besar. Sedangkan untuk insidensi tegak lurus, baik ASC maupun SWC, keduanya menunjukkan tingkat efek yang setara terhadapnya, jadi kami menerapkan ASC untuk elemen keempat.

TITIK PERIKSA 1: Kualitas gambar periferal

[11mm]

f/4

f/5.6

f/8

f/11

Walaupun jatuhnya cahaya periferal teramati pada aperture maksimum, namun resolving power (Daya pisah:Resolusi) cukup bagus untuk penggunaan yang praktis. Kualitas gambar mencapai puncaknya pada sekitar f/8, tetapi aperture maksimum tetap masih bisa digunakan tanpa masalah apa pun. Pada sudut pandang 11mm, kualitas gambar yang tinggi dari area periferal juga mengagumkan. Walaupun peningkatan yang signifikan sudah dilakukan pada performa lensa sudut lebar EF yang baru dalam beberapa tahun terakhir, namun lensa ini mengungguli semuanya.

[24mm]

f/4

f/5.6

f/8

f/11

Sedangkan pada contoh 11mm, gambar ini diambil dan dihasilkan beberapa kali pada aperture yang bervariasi, mulai dari maksimum. Jatuhnya cahaya periferal yang tampak nyata pada aperture maksimum tidak merupakan masalah, karena ini bisa diatasi setelah Canon merilis data koreksi optik. Kualitas gambar pada sisi telefoto lensa zoom sudut lebar sering tidak sama bagus jika dibandingkan dengan sisi sudut lebar, tetapi EF11-24mm f/4L USM memungkinkan Anda memanfaatkan sepenuhnya seluruh kisaran zoom tanpa memperburuk kualitas gambar.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.