Tips & Tutorials

[Bagian 3] Cara Mengurangi Pantulan

Meskipun di dek pengamatan kita dapat sesuka hati mengambil bidikan nightscape tanpa terganggu kondisi cuaca, namun tetap perlu berhati-hati untuk mencegah pantulan muncul dalam gambar. Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan teknik untuk menangkap foto nightscape yang jernih bersama dengan sejumlah benda yang berguna. (Dilaporkan oleh: Takuya Iwasaki)

Mencegah Pantulan Cahaya dengan Tirai Gelap atau Sarung Tangan

Tergantung pada lokasi pemotretan nightscape, mungkin Anda perlu mencegah goyangan kamera dan pantulan, dengan cara menyesuaikan pengaturan kamera secara fleksibel.
Di dek pengamatan, di dalam bangunan atau menara, misalnya, ruang pemandangan dikelilingi oleh jendela kaca, sehingga kita dapat menikmati nightscape tanpa gangguan kondisi cuaca. Namun demikian, kewaspadaan tetap diperlukan, karena pemotretan melalui jendela kaca dapat menyebabkan pantulan cahaya muncul dalam gambar. Untuk menghindari masalah ini, manfaatkan sejumlah benda seperti tirai gelap atau sepasang sarung tangan. Di samping menyebabkan pantulan cahaya, bekas sidik jari dan noda lain pada panel jendela dapat juga tertangkap, jadi Anda disarankan untuk terlebih dahulu menyeka jendela sampai bersih dengan kain pembersih lensa sebelum memotret.

Benda yang Digunakan

Benda-benda untuk Pemotretan

Sepasang sarung tangan hitam akan praktis untuk mencegah pantulan melalui panel jendela. Benda lain yang juga efektif untuk mencegah pantulan, termasuk kain hitam.

Teknik: Teknik Dek Pengamatan untuk Membantu Mengurangi Pantulan

Dek pengamatan dikelilingi oleh jendela kaca, dan cahaya di dalam ruang pemandangan menyebabkan pantulan dari panel jendela. Untuk mengurangi pantulan tersebut, Anda dapat menerapkan salah satu dari kedua teknik berikut ini. Yang pertama, menaruh lensa kamera sedekat mungkin ke jendela. Dengan begitu, hal ini membantu meminimalkan bidang pantulan, tetapi Anda harus berhati-hati, karena lensa dapat tergores jika terkena permukaan jendela. Metode kedua yaitu menutupi area di sekitar kamera untuk mencegah pantulan cahaya memasuki lensa, dengan menggunakan ninja reflector atau tirai hitam. Tentu saja, Anda dapat menggantinya dengan jas panjang hitam, atau sepasang sarung tangan hitam. Sebagian dek pengamatan tidak mengizinkan penggunaan tripod. Dalam hal ini, pastikan memasang kamera secara aman, dengan menempatkannya pada tas kamera.

EOS 5D Mark II/ FL: 50mm / Manual exposure (15 det., f/9)/ ISO 200/ WB: Cahaya neon putih

Saya mengambil bidikan ini seraya memastikan bahwa panel jendela separalel mungkin dengan permukaan lensa. Pantulan akan kurang tertampak pada sudut pandang standar (sekitar 50mm) daripada wide angle.

Gunakan reflektor untuk mencegah pantulan tertangkap. Pasangkan lensa melalui lubang reflektor, dan ambil bidikan dengan bagian hitam reflektor menghadap ke panel jendela.

Pantulan Tertangkap

Pantulan kamera dan fotografer dapat tertangkap dalam gambar jika tidak mengambil tindakan yang diperlukan, sehingga karya foto yang dihasilkan tidak layak untuk dipamerkan.

Tanpa Pantulan

Dalam contoh ini, digunakan reflektor untuk mencegah pantulan. Ini menghasilkan foto yang jernih, dan sulit dibedakan bahwa foto itu diambil melalui jendela kaca dek pengamatan.

Takuya Iwasaki

Lahir pada tahun 1980 di Osaka. Setelah lulus dari Fakultas Ekonomi, Hosei University, Iwasaki menjadi fotografer nightscape pada tahun 2003. Dia bekerja sebagai pemandu All About (http://allabout.co.jp) serta dosen "Night Photography Course" Tokyu Seminar BE.
http://www.yakei-photo.jp/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.