Tips & Tutorials

[Bagian 3] Menggunakan Flash untuk Jenis Subjek yang Berbeda: Lanskap

Bahkan, di bawah kondisi yang tidak biasa, penggunaan flash yang efektif memungkinkan Anda untuk menangkap foto seperti yang dimaksudkan. Artikel ini menguraikan tentang bagaimana Anda dapat menggunakan flash untuk membidik pemandangan di luar ruang dari dalam ruangan. (Dilaporkan oleh: Hidehiko Mizuno)

Menyeimbangkan Kontras dalam Kecerahan dengan Flash

Apabila Anda menujukan kamera pada pemandangan di luar ruang dari lokasi di dalam ruangan, tujuannya sering untuk mengekspresikan interior dan rincian ruangan secara indah tanpa menciptakan black crush. Flash khususnya efektif untuk situasi tersebut. Jika exposure sesuai dengan waktu siang hari di luar ruang, maka area sekelilingnya akan menjadi gelap juga. Namun demikian, dengan menyesuaikan output flash dan sudut flash secara tepat untuk mengompensasi exposure yang tidak mencukupi, Anda akan dapat menyeimbangkan kecerahan secara keseluruhan.

Butir penting untuk Memilih dan Menggunakan Flash

BUTIR 1:

Jumlah sinar mungkin terbelah dua, tergantung pada sudut flash. Pilih flash dengan output flash tinggi.

BUTIR 2:

Periksa sudut pelambungan untuk menentukan, apakah ini dapat disesuaikan ke atas atau ke bawah, atau ke kiri atau ke kanan.

BUTIR 3:

Pilih model flash dengan waktu pengisian singkat untuk penembakan bidikan bersinambungan yang mulus.

Dengan Flash
Tanpa Flash

EOS 5D Mark II/ EF24-105mm f/4L IS USM/ Manual exposure (1/15 det., f/16)/ ISO 400/ WB: Auto/ RAW (Model yang digunakan: Speedlite 580EX II)

Di Kitano Tenmangu Shrine, Kyoto. Foto ini menangkap bingkai gambar di atas gerbang masuk serta tanah di sekeliling kuil.

  1. Bingkai
  2. 3m ke bingkai
  3. 8m ke tanah kuil
Lokasi

Jarak ke bingkai sekitar tiga meter, sedangkan ke tanah kuil sekitar delapan meter. Dengan nilai aperture ditetapkan ke f/16, fokus ditetapkan pada keduanya. Level exposure untuk lanskap kemudian ditentukan berdasarkan nilai aperture. Flash ditetapkan secara manual ke output 1/8 dan ditembakkan ke atas.

Speedlite 600EX

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

*Speedlite 580EX II digunakan untuk mengambil semua contoh foto dalam artikel ini.

Hidehiko Mizuno

Lahir pada tahun 1968 di Kyoto. Karya yang telah dirilisnya terpusat pada keindahan pemandangan, dan sejumlah kuil serta pura di Kyoto.

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.