Produk

[Bagian 4] Mengejar Durabilitas Tingkat Tinggi & Ketahanan Terhadap Debu dan Tetesan Cairan

Dalam bagian terakhir wawancara kami dengan para pengembang EF11-24mm f/4L USM ini, kami mendengar lebih banyak kisah latar belakang tentang durabilitas serta ketahanan lensa terhadap debu dan tetesan cairan. Berbagai upaya sudah dicurahkan untuk memungkinkan pengguna menikmati performa lensa zoom sudut super lebar hingga sepenuhnya. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

(Dari kiri ke kanan)

Grup ICP 1: Shota Shimada

Pusat Pengembangan ICP1: Hideki Sakai

Pusat Pengembangan ICP 1: Tadanori Okada

Melebarkan lembar pengelompokan untuk perlindungan menyeluruh terhadap debu dan kelembapan

- Apakah ketahanan terhadap debu dan tetesan cairan lensa ini setara dengan lensa L lainnya?

Okada Ya, EF11-24mm f/4L USM mempertahankan tingkat performa yang sama seperti lensa L lainnya dari segi durabilitas serta ketahanan terhadap debu dan tetesan cairan. Untuk lensa ini, kami memfokuskan pada pergerakan kelompok lensa pertama selama pengoperasian zoom, lalu mengimplementasikan tindakan untuk mencegah cairan lembap atau debu memasuki lensa.

Panel sakelar serta dudukan, cincin zoom dan cincin fokus (semua ditandai warna biru) EF11-24mm f/4L USM, semuanya telah dikonstruksikan agar tahan terhadap debu dan tetesan cairan. Selain itu, elemen lensa pertama dan terakhir, juga memiliki saputan lapisan fluorin untuk meningkatkan ketahanannya terhadap noda

- Jadi, kelompok lensa pertama bergerak setiap kali Anda melakukan zoom pada lensa.

Okada Untuk elemen lensa yang dapat bergerak, kami menempatkan lembar pengumpulan dalam ruang di antara elemen untuk mencegah benda asing masuk. Kami telah melebarkan lembaran hingga lebih dari dua kali lipat ukuran standar untuk memastikan perlindungan menyeluruh terhadap debu dan kelembapan.

- Seberapa lebar lembar pengumpulannya?

Okada Lembar pengumpulan standar memiliki lebar sekitar 2mm. Untuk lensa ini, kami melebarkannya hingga sekitar 5mm sampai 6mm. Lembaran ini dipasangkan ke bagian dalam laras lensa, yang merupakan tempat pertama kelompok lensa akan bergerak. Pada EF11-24mm f/4L USM, kelompok lensa pertama inilah, yang terdiri atas elemen lensa berdiameter besar, yang bergerak selama pengoperasian zoom. Bahkan, hanya dengan sedikit kemiringan pada bodi lensa saat laras lensa menjulur keluar, akan mengkompromikan performa optik. Oleh karena itu, kami memperkenalkan rol dudukan tiga titik untuk memastikan perpanjangan laras lensa yang akurat dan lancar.

Jika kita amati permukaan depan lensa, kita akan melihat lembar pengumpulan hitam disisipkan di antara lensa dan laras lensa. Serat-serat halus lembar pengumpulan membentuk dinding yang mencegah cairan lembap dan debu memasuki lensa.

- Dapatkah Anda ceritakan, upaya apa saja yang sudah Anda lakukan?

Okada Ini masalah kecil, tetapi kami menyertakan bahan karet penyerap guncangan di dalam tudung untuk mencegah dampak guncangan padanya agar tidak merusak unit optik.

- Di manakah bahan karet itu ditempatkan?

Okada Anda akan melihatnya jika Anda mencermatinya dari depan. Bahan ini terletak dalam ruang, tepat di bagian dalam tudung. Selain itu, terdapat juga mekanisme tudung seperti pegas, yang berfungsi sebagai bantalan untuk menyerap setiap dampak guncangan dari depan. Tudung akan sedikit masuk ke dalam apabila terkena guncangan. Lebih jauh lagi, kami meningkatkan struktur lensa yang tahan terhadap guncangan dengan mempertimbangkan permukaan depannya yang besar.

Bidikan diambil dengan menggunakan EF11-24mm f/4L USM (foto oleh Canon). Lensa ini dilengkapi dengan tingkat ketahanan terhadap debu dan tetesan cairan yang dapat memenuhi kebutuhan para profesional yang melakukan pemotretan dalam kondisi yang tidak bersahabat. Atas: EOS 5D Mark III/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 11mm/ Aperture-priority AE (f/8, 1/640 det.)/ ISO 100/ WB: Auto
Bawah: EOS 5D Mark III/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 11mm/ Manual (f/4, 30 det.)/ ISO 800/ WB: Cahaya neon putih

- Ini adalah lensa yang agak mahal. Dapatkah Anda menjelaskan dasar-dasar untuk menentukan harga jual yang direkomendasikan untuk lensa ini?

Shimada Karena lensa ini memiliki panjang fokus, mulai dari 11mm, bahkan dari sudut pandang teknis, ini sangat berbeda dari seri konvensional yang mulai dari 16mm. Untuk mencapai persyaratan desain EF11-24mm f/4L USM, kami memanfaatkan satu elemen lensa asferis ground berdiameter besar dan lensa asferis kaca yang dipoles, tiga elemen lensa asferis cetakan kaca presisi tinggi, serta satu elemen lensa UD dan satu super UD. Selain itu, kami juga mengerahkan semua teknologi optik Canon, termasuk aplikasi penyaputan SWC dan ASC pada beberapa permukaan. Secara mekanis, lensa ini juga menawarkan desain yang mewujudkan kualitas gambar dan keandalan tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan para profesional. Semua faktor ini secara kolektif berkontribusi terhadap harga mahal lensa ini dibandingkan lensa lainnya. Tentu saja dimungkinkan untuk memproduksi lensa dengan harga yang lebih rendah seandainya ada yang bisa kami kompromikan di tempat lain, namun, kami tidak ingin menukar kualitas gambar ketika mendesain EF11-24mm f/4L USM. Inilah alasannya untuk penetapan harga saat ini, dan kami berharap para pengguna kami akan memakluminya.

- Yang terakhir, untuk kesimpulan, dapatkah Anda secara singkat mengungkapkan pandangan Anda terhadap pengembangan lensa ini?

Sakai Spesifikasi EF11-24mm f/4L USM memberikan tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya, dan kami perlu memanfaatkan semua teknologi Canon, dari yang terkait dengan lensa asferis hingga anti pantulan, laras lensa, dan perakitan. Adalah keuntungan besar bagi kami, bahwa semua divisi kami yang terkait teknologi lensa berada di Utsunominya. Kami dapat melakukan korespondensi secara konsisten dengan berbagai divisi teknik yang berbeda-beda, sehingga kami dapat menghasilkan lensa terbaik.

- Terima kasih telah berbagi informasi yang begitu menarik.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.