Produk

[Bagian 4] Menguji Daya Ekspresif “Fine Detail”

EOS 5DS telah menerapkan Picture Style baru, ”Fine Detail” (Rincian Halus). Dibandingkan dengan efek Picture Style lainnya, ”Fine Detail” (Rincian Halus) cocok untuk penggambaran yang lebih halus. Dalam artikel ini, saya melakukan bidikan still photo (foto diam) untuk menguji efek ”Fine Detail” (Rincian Halus) Picture Style. (Diedit oleh: COMMERCIAL PHOTO)

Tidak hanya unggul dalam penggambaran secara rinci, tetapi juga unggul dalam reproduksi warna

Pada contoh ini, saya memanfaatkan "Fine Detail" (Rincian Halus), efek Picture Style baru yang diperkenalkan untuk pertama kali pada EOS 5DS, untuk menangkap beberapa ceri tanah. Saya menembakkan flash (lampu kilat) yang kuat pada latar belakang hitam. Mari kita lihat, hingga sejauh mana "Fine Detail" (Rincian Halus) mampu mereproduksi urat daun yang halus dan warna yang jelas di bawah kontras yang tinggi.

* Klik pada gambar untuk membesarkan.

Saya menangkap beberapa ceri tanah dengan urat daun yang sangat halus. "Fine Detail" (Rincian Halus) mampu mereproduksi warna aslinya dan mengekspresikan rincian reniknya secara jelas.

EOS 5DS/ TS-E90mm f/2.8/ Manual (f/11, 1/125 det.)/ ISO 100/ WB: 4800K/ Picture Style: Fine Detail

*Semua pengaturan pemotretan untuk bidikan yang diambil dengan menggunakan EOS 5D Mark III sama seperti di atas, kecuali Picture Style ditetapkan ke "Standard".

(Foto oleh: Masaya Nakamura, Penata gaya oleh: Futoshi Watanabe & Toshiya Suzuki (Book inc.))

Di bawah ini, kami membandingkan gambar yang ditangkap menggunakan "Fine Detail" Picture Style pada EOS 5DS dan yang menggunakan "Standard" pada EOS 5D Mark III. Pertama-tama, untuk area yang disorot di kiri atas, blowout lebih ringan pada gambar "Fine Detail" EOS 5DS, dengan tekstur dan dimensionalitas yang menggungguli "Standard" Picture Style EOS 5D Mark III. Berikutnya, jika kita cermati bagian kanan bawah di mana cahaya menembus urat daun, kita bisa mengetahui bahwa EOS 5DS mereproduksi nada merah ceri tanah sesuai aslinya dan mengekspresikan rincian urat daun yang halus secara lebih jelas.

EOS 5DS [Fine Detail]

"Fine Detail" EOS 5DS secara relatif rendah dalam kontras, hanya ada sedikit blowout. Ia mampu mereproduksi gradasi yang tidak kentara dari warna merah dan secara jelas mengekspresikan urat daun hingga sekecil-kecilnya.

EOS 5D Mark III [Standard]

"Standard" EOS 5D Mark III menciptakan kesan yang indah dengan kontras dan saturasinya yang tinggi. Namun demikian, apabila kita perlu mempertimbangkan untuk me-retouch gambarnya, maka gambar yang dihasilkan dengan menggunakan "Fine Detail" EOS 5DS akan jauh lebih mudah untuk dikerjakan.

"Fine Detail" EOS 5DS menghasilkan gambar yang mempertahankan resolusi nyata dengan blowout dan saturasi warna minimal, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan retouch dengan mudah hingga tahap penyelesaian. Reproduksi tonal yang kaya dan resolusi 50,6 megapiksel ultra-high, juga berarti kualitas gambar terperbaiki dan sesuai untuk pencetakan pada kertas majalah.  Dibandingkan dengan "Standard" Picture Style konvensional, "Fine Detail" mengekspresikan tekstur secara rinci dan memprioritaskan gradasi tonal. Kualitas ini tampak cukup jelas pada percobaan di atas.

Sekarang, Anda juga bisa menemukan opsi "Fine Detail" pada versi terbaru perangkat lunak pengembangan gambar Canon, Digital Photo Professional 4. Di samping EOS 5DS, efek Picture Style baru ini dapat juga diterapkan pada data RAW yang ditangkap oleh model lain yang didukung.

Picture Style baru, "Fine Detail", sudah ditambahkan ke EOS 5DS dan EOS 5DS R. Ini memungkinkan untuk menetapkan efek ketajaman yang lebih terperinci, dan pada gilirannya akan memungkinkan reproduksi tekstur subjek yang lebih rumit.

COMMERCIAL PHOTO

Majalah fotografi bulanan untuk para fotografer dan kreatif iklan. Majalah ini juga memiliki situs web bernama “Shuffle”, yang memberikan informasi mengenai perlengkapan, perangkat lunak, teknik dan berbagai kegiatan untuk para profesional dalam bidang fotografi dan videografi.

http://shuffle.genkosha.com/

Diterbitkan oleh GENKOSHA Co., Ltd

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.