Tips & Tutorials

[Bagian 6] Mengambil Foto Mobil Gaya Majalah yang Mencengangkan

Dengan menggunakan flash eksternal, Anda juga dapat mengambil foto mobil yang serba mencengangkan, seperti yang ditampilkan di banyak majalah. Dalam artikel ini, saya akan mengajari Anda sebagian teknik flash kamera yang dapat Anda gunakan untuk memotret mobil. (Dilaporkan oleh: Takayuki Kikuchi)

Halaman: 1 2

[1] Teknik flash yang menonjolkan warna interior

Apabila memotret interior mobil, bidikan sering diambil dalam keteduhan. Hal ini dilakukan untuk melemahkan kontras dan memungkinkan cahaya sepenuhnya menyinari interior. Warna interior cerah seperti yang tampak dalam [Foto Interior 1] di bawah ini, sesuai untuk foto berkesan hangat apabila disinari dengan cahaya lembut dengan menggunakan pantulan plafon.

[Foto Interior 1]

EOS-1Ds Mark III/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 32mm/ Manual Exposure(f/8, 1/60det)/ ISO 200/ WB: Daylight

Cara membidik

Gunakan flash yang dijepitkan sebagai slave unit (mata listrik). Dari luar jendela tempat duduk penumpang, arahkan flash pada plafon interior agar dapat memanfaatkan pantulan plafon untuk menyinari interior.

A: Kamera

B: Flash

C: Pantulan plafon

Interior berwarna cerah akan seluruhnya disinari apabila menggunakan pantulan plafon. Karena terpaan warna dapat mudah terjadi, ambillah beberapa bidikan untuk mendapatkan pengaturan yang terbaik.

Sebaliknya, untuk warna interior yang kaya seperti pada [Foto Interior 2] (diambil pada malam hari), pencahayaan sejuk yang menambah kontras melalui penyinaran langsung akan sempurna. Anda dapat menekankan pada roda kemudi, konsol tengah serta tulisan pada laci mobil.

[Foto Interior 2]

EOS-1Ds Mark III/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 24mm/ Manual Exposure(f/11, 6det)/ ISO 400/ WB: Auto

Cara membidik

Gunakan juga flash yang dijepitkan sebagai slave unit (mata listrik). Sumber cahaya terdiri atas cahaya dari campuran cahaya flash dengan cahaya dari lampu jalan pada malam hari (suhu warna disesuaikan untuk mengimbangi cahaya lampu jalan). Karena yang disorot hanya area yang disinari, maka kontras akan lebih kuat. Namun demikian, hal ini bagus, karena suasana yang diciptakan sesuai dengan interior yang kaya warna.

A: Kamera

B: Flash

C: Lampu jalan

Pantulan plafon sering tidak berfungsi untuk interior yang gelap. Oleh karena itu, dari sisi tempat duduk penumpang, arahkan flash secara langsung ke area yang ingin Anda tegaskan.

[2] Teknik flash untuk menegaskan desain roda mobil

Roda mobil juga merupakan bagian desain eksterior dan bisa menjadi subjek yang menarik. Di sini, saya gunakan flash jepit tunggal sebagai slave unit (mata listrik), supaya dapat lebih baik menonjolkan desain rodanya. Dengan melepas flash jepit dari kamera untuk menciptakan semi-cahaya latar, Anda dapat menciptakan gambar yang menarik perhatian ke kontur roda yang rumit, emblem yang mewah, dan polesan logam pada bagian pinggirnya.

EOS-1Ds Mark III/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 85mm/ Manual exposure (f/8, 1/250det)/ ISO 100/ WB: Daylight

Cara membidik

Gunakan flash yang dijepitkan sebagai slave unit (mata listrik). Flash ditempatkan pada lokasi yang menciptakan semi-cahaya latar relatif pada kamera. Untuk bidikan ini, saya menempatkan flash secara langsung pada permukaan jalan, dan mengambil bidikan dengan tangan. Saya membidik di tempat teduh karena ingin menghindari campuran cahaya dari flash dengan cahaya siang hari sebanyak mungkin. Flash yang sepenuhnya disinari digunakan di sini dalam mode Manual.

A: Kamera

B: Flash

Saya menempatkan flash jepit yang disiapkan sebagai slave unit (mata listrik) pada posisi semi-cahaya latar relatif pada kamera. Bidikan diambil di tempat teduh supaya cahaya yang tidak diinginkan, tidak akan tertangkap dalam bidikan.

[3] Teknik flash untuk mempertegas siluet eksterior

Karena saya tertarik dengan garis-garis bemper yang terlihat kokoh, saya mengarahkan kamera ke bagian depan mobil dengan menggunakan pencahayaan yang mengesankan. Saya membidik dengan perlengkapan cahaya ringkas, karena lokasinya sempit. Dengan menggunakan flash jepit tunggal, saya mengambil beberapa bidikan dengan sudut pencahayaan berbeda, kemudian menciptakan gambar gabungan dari semua bidikan ini dengan menggunakan Photoshop.

EOS-1Ds Mark II/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 105mm/ Manual Exposure(f/11, 1/6det)/ ISO 200/ WB: Daylight

Cara membidik

Untuk menyajikan gambar bodi mobil yang mengesankan, ambil beberapa bidikan dengan menggunakan flash jepit tunggal sebagai slave unit (mata listrik). Hal yang penting untuk mengamankan kamera pada tripod dan memastikan bahwa semua bidikan diambil dari posisi yang sama dan sudut pandang yang sama. Selain itu, terangi tiap area mobil yang ingin Anda cerahkan. Ciptakan gambar campuran dengan mengedit sejumlah bidikan dalam Photoshop.

Dalam dua bidikan ini, sisi kiri dan kanan mobil, masing-masing diterangi. Selanjutnya, dua bidikan ditonjolkan dengan menggunakan Photoshop dan area yang tidak diinginkan (area gelap) dihapus dengan alat penghapus.

Takayuki Kikuchi

Lahir pada tahun 1972 di Prefektur Tochigi. Ia pindah ke Australia dari tahun 1996 – 1999, dan bekerja di studio foto di Sydney. Setelah kembali ke Jepang, ia memulai kariernya sebagai fotografer freelance. Pada saat ini, ia terutama memotret mobil untuk berbagai majalah, iklan dan media web.

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.