Tips & Tutorials

Memotret Bunga: Cara Menciptakan Lampu Sorot Lingkaran Bokeh yang Cemerlang dengan Lensa Makro

Lingkaran bokeh diciptakan dari pantulan yang berkilauan pada danau di latar belakang, untuk menambah sentuhan khusus ke bidikan close-up bunga dandelion ini yang mekar di tepi danau, diambil dengan lensa makro. Mari kita cermati teknik apa yang digunakan. (Dilaporkan oleh: Shinichi Eguchi)

 

Lingkaran bokeh besar dapat diciptakan dari cahaya latar yang memantul dari pinggiran objek

EOS-1D X/ EF180mm f/3.5L Macro USM/ FL: 180mm/ Aperture-priority AE (f/3.5, 1/1,250 det., EV+0,7)/ ISO 100/ WB: Cloudy
Bunga dandelion dekat air memikat mata saya, dan saya mendekatinya dengan lensa makro 180mm. Alih-alih menggunakan pemotretan multiple exposure (pencahayaan multipel), karena kelopaknya tidak fokus, saya menciptakan lingkaran bokeh dari pantulan pada permukaan air di latar belakang.

 

Saya berpikir untuk menangkap bidikan close-up yang akan menggambarkan suasana alam sendu bunga dandelion yang kesunyian ini, yang saya temukan di tepi danau. Bagian pinggir bunga dandelion dan permukaan air berkilau saat memantulkan cahaya latar—kondisi ideal untuk menciptakan lingkaran bokeh. Setelah memastikan bahwa lingkaran bokeh bisa diciptakan, saya menentukan posisi dan sudut pemotretan saya.

Untuk mempelajari selengkapnya mengenai lingkaran bokeh dan cara menciptakannya, bacalah:
4 Langkah Mudah untuk Menangkap Lingkaran Bokeh Elusif!

Perlengkapan dan pengaturan

Lensa: Saya memilih lensa makro telefoto 180mm, supaya saya bisa menciptakan bokeh besar dengan cahaya latar belakang dan menangkap rincian bunga dengan efek bokeh lembut.
Aperture: Saya menggunakan pengaturan aperture maksimum f/3.5 
Titik fokus: Pada bunga dandelion
Perlengkapan lainnya: Saya membidik dengan tangan, tetapi jika Anda khawatir mengenai goyangan kamera, khususnya mengingat panjang fokus yang panjang, menggunakan tripod akan praktis.
Pertimbangan lainnya: Dengan mempertimbangkan keseimbangan gambar secara keseluruhan, saya memeriksa pembingkaian, saya menetapkan pada bidikan pertama saya setelah mengambil beberapa bidikan potret dan lanskap. Area di bawah bokeh lingkaran berwarna hitam dan kurang cahaya, hanya karena permukaan airnya gelap.

 

Saya memastikan untuk membidik dari tempat di mana dedaunan berkilauan

Pada hari saya membidik, keadaan langit yang jernih dan angin yang tenang menciptakan lingkungan yang terkendali. Banyak daun yang gugur mengapung di air dekat tepi danau dan bagian pinggirnya berkilauan; di antara rerumputan dekat air, ada setangkai bunga dandelion yang sedang mekar. Bunga dandelion dan kamera berjarak sekitar 70cm hingga 80cm, dan bunga dandelion itu berjarak sekitar 1m dari permukaan air.

 

Saran 1: Bentuk efek bokeh dari perubahan cahaya dengan f-number

Pada f/3.5, hasil lingkaran bokeh tampak bundar sempurna, tetapi terlihat lebih seperti bokeh oktagonal pada f/11.

f/3.5
EOS-1D X/ EF180mm f/3.5L Macro USM/ FL: 180mm/ Aperture-priority AE (f/3.5, 1/250 det., EV+0,7)/ ISO 200

f/11
EOS-1D X/ EF180mm f/3.5L Macro USM/ FL: 180mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/25 det., EV+0,7)/ ISO 200

 

Saran 2: Anda bisa melapisi lingkaran bokeh supaya terlihat seperti lampu sorot

EOS-1D X/ EF180mm f/3.5L Macro USM/ FL: 180mm/ Aperture-priority AE (f/3.5, 1/400 det., EV+0,7)/ ISO 100/ WB: Auto
Karya ini terinspirasi oleh bunga forget-me-nots di tepi air. Saya menghasilkan pola lingkaran bokeh dari cahaya latar belakang dengan melapiskan beberapa pantulan pada permukaan air yang beriak, sehingga bunga terlihat seperti disinari dengan lampu sorot.

 

Untuk saran lainnya mengenai cara menangkap lingkaran bokeh, bacalah artikel ini:
Lensa FAQ #8: Di Mana Saya Harus Fokuskan untuk Menangkap Lingkaran Bokeh yang Indah?

 

Bekerja dengan lensa: Close up pada subjek dan defokus

Lensa makro adalah yang terbaik untuk menangkap bunga dandelion kecil secara close-up, seperti foto di bagian atas artikel ini.

Ada tiga jenis lensa makro: standar, telefoto menengah dan telefoto. Masing-masing jenis memiliki panjang fokus yang berbeda-beda. Semakin dekat Anda ke ujung telefoto, semakin lembut efek bokeh terlihat. Anda akan mendapatkan efek bokeh yang sama terlihat lembut apabila mengambil bidikan close-up pada level pembesaran tertentu, tanpa menghiraukan jenis lensa yang digunakan; namun demikian, apabila memotret subjek dari kejauhan, akan ada perbedaan besar dalam efek bokeh.

Lensa makro telefoto EF180mm f/3.5L Macro USM adalah pilihan cemerlang apabila Anda ingin membidik subjek utama dengan penampilan lembut, atau menertibkan latar belakang yang ramai dengan menggunakan bokeh.

Untuk gagasan lainnya mengenai memotret bunga, bacalah:
Bunga – Komposisi dan Fitur Kamera untuk Menangkap Ekspresi Terbaik

Untuk belajar tentang efek keren lainnya, yang dapat Anda ciptakan dengan lensa makro, bacalah:
Fotografi Makro: Menciptakan Latar Belakang Ombre yang Elegan dengan Lensa f/2.8
Teknik Lensa Makro: Secara Cemerlang Menangkap Kilauan dalam Tetesan Air

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

EF180mm f/3.5L Macro USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Shinichi Eguchi

 

Eguchi yang lahir pada tahun 1953 di Fushimi, Prefektur Kyoto, adalah anggota Professional Photographers Society. Ia aktif dalam beragam luas genre yang berkisar dari fotografi makro makhluk mungil Alam Semesta hingga fotografi lanskap. Di samping mengadakan pameran karyanya secara rutin, Eguchi juga memiliki banyak sekali koleksi fotografi dan buku yang diterbitkan.

http://eguchi-shinichi.com/profile.html

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.