Tips & Tutorials

[Pertanyaan 1] Foto diambil dalam gelap hasilnya buram! Adakah cara untuk mencegah ini?

Gambar buram sering kali terjadi apabila memotret pemandangan malam atau di kamar yang bercahaya redup. Semua ini mudah terjadi dalam kondisi rendah cahaya karena kecepatan shutter diperlambat. Berikut ada sejumlah saran tentang cara mencegah gambar buram. (Diedit oleh Camera Biyori, Foto oleh Takeshi Akaogi)

A: Pegang kamera erat-erat

Pengaturan Kamera

Mode apa saja bisa.

Lengan dekat ke tubuh dan sikap tubuh tetap mantap

Genggam kamera dengan tangan kanan dan topang bagian bawah lensa dengan tangan kiri. Apabila Anda mengunci lengan pada tubuh Anda dengan kencang, kamera distabilkan sehingga keburaman sulit terjadi.

Bersandar pada tiang, dinding atau susuran tangan

Bersandar pada tiang, dinding, atau susuran tangan di sekitar adalah cara lain untuk menstabilkan kamera. Ini dapat secara efektif mencegah keburaman, karena tubuh Anda tertopang.

Menggunakan tali sandang kamera untuk menyangga

Apabila memotret dalam mode Live View, ulurkan tangan dan tarik tali kamera secara kencang untuk menopang dan menstabilkan kamera.

A: Naikkan ISO Speed dan Shutter Speed

Menaikkan ISO speed memungkinkan Anda menaikkan shutter speed, sehingga mencegah pemburaman.

Pengaturan Kamera

Program Auto

Aperture-Priority AE

Shutter-Priority AE

Manual

Apakah ISO speed itu?

ISO speed adalah ukuran kepekaan kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi nilainya, semakin peka kamera, sehingga pemburaman menjadi sulit, bahkan di tempat gelap ketika memotret subjek yang bergerak. Namun demikian, penyelesaian gambar cenderung rusak pada ISO speed yang lebih tinggi, jadi ingatlah untuk menggunakan nilai dalam “Normal ISO Sensitivities” (Kepekaan ISO Normal) sebagai panduan.

*”Normal ISO Sensitivities” merujuk ke kisaran kepekaan ISO yang ditentukan oleh produsen pada tiap model kamera untuk mengambil gambar yang indah. Semakin tinggi nilainya, semakin sesuai model kamera untuk pemotretan di tempat gelap.

Hadapi tantangan fotografi!

Contoh yang Gagal

f/4/ ISO100/ Shutter speed 1/30 s

Shutter speed yang lambat menyebabkan goyangan kamera tertangkap dan gambar terhapus.

Contoh diambil pada ISO speed yang lebih tinggi

f/4/ ISO400/ Shutter speed 1/125 s

Shutter speed yang lebih cepat dapat dicapai apabila ISO speed dinaikkan, memungkinkan gambar dibidik secara jelas tanpa keburaman, bahkan menunjukkan serat bawang.

Takeshi Akaogi

Sebagai fotografer, Akaogi terutama bekerja untuk majalah dan menulis buku yang memperkenalkan fotografi dan berbagai saran praktis. Ia juga mengajar di lokakarya fotografi.
http://www.flipphoto.org

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan "Camera Biyori Photography School" untuk menganjurkan para pembacanya untuk aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.