Tips & Tutorials

Memotret Subjek Tak Terduga - Hewan Piaraan

Memotret hewan bisa jadi sangat menantang. Berbeda dari subjek manusia, hewan tidak peduli tentang arah, dan pergerakannya sering kali tidak terduga. Tapi, dengan beberapa saran sederhana, Anda akan dapat menangkap momen yang indah dari hewan kesayangan Anda.

 

Seperti Apakah Hewan Piaraan Anda?

Memahami karakter hewan piaraan Anda. Kalau ia senang bermalas-malasan, ambil bidikan hewan piaraan Anda saat sedang berjemur dekat jendela. Jika hewan piaraan Anda sangat lincah dan senang berlarian, tangkap gambarnya saat bercanda dengan mainan. Agar berhasil memperoleh bidikan hewan piaraan yang sedang bergerak, gunakan kecepatan rana cepat (mulai dari 1/500), dan pilih mode 'continuous' (beruntun) alih-alih 'single-shot' (bidikan tunggal), dan tetap aktifkan fokus sepanjang waktu.

Gunakan Cahaya Alami

Apabila memotret hewan piaraan di dalam ruangan, pilih ruangan yang berpenerangan baik dengan jendela besar supaya cahaya alami dapat menyinarinya. Hindari penggunaan lampu kilat karena dapat mengagetkan hewan, dan juga menyebabkan mata merah pada foto. Jika speedlight mutlak diperlukan, bidik gambar dengan membaurkan cahaya — arahkan speedlight ke plafon untuk menghasilkan cahaya yang lebih alami dan rata (jangan gunakan lampu kilat built-in).

Lebih Dekat

Satu kiat untuk mendapatkan bidikan hewan piaraan yang mengagumkan, yaitu mengambilnya pada level mata hewan (kadang, bahkan segaris dengan level perut Anda). Dengan cara ini, Anda bisa melihat dunia seperti yang dilihat hewan piaraan Anda — perspektif yang berbeda. Untuk mendapatkan potret close-up yang indah dengan latar belakang yang halus dan buram, tetapkan aperture kamera ke tingkat paling lebar (angka f-stop paling rendah).

Fokuskan pada Mata

Seperti kata pepatah, mata adalah jendela jiwa. Jika mata tidak fokus, bidikan Anda akan sia-sia. Sesuaikan titik fokus dari 'auto' ke 'single point', kemudian fokuskan titik itu pada mata subjek. Tindakan ini akan menjaga area pada fokus tetap tajam dan mengarahkan perhatian pemirsa, langsung ke matanya.

Kagetkan Hewan Piaraan

Kadang, sulit menjaga agar hewan piaraan tetap diam di tempat. Biarkan hewan bermain sejenak tanpa diganggu, dan setelah mulai tenang, panggil namanya. Sering kali, tindakan ini akan mendapatkan perhatiannya beberapa detik sehingga Anda dapat menangkap momen sekilas yang sempurna saat hewan piaraan sedang diam. Jangan lupa melakukan pengaturan kamera yang tepat sebelumnya.

Bersabar

Kesabaran adalah kebajikan, dan memang diperlukan dalam fotografi hewan piaraan. Diperlukan waktu sampai hewan merasa rileks di hadapan Anda, khususnya jika Anda sedang memegang sebuah benda (dalam hal ini, kamera) yang asing baginya. Jika Anda cukup sabar, hewan piaraan Anda akan relaks, dan memberi Anda peluang sempurna untuk mendapatkan foto yang bagus.

Teruslah berlatih dan bereksperimen dengan sudut, komposisi serta pendekatan yang berbeda-beda untuk mendapatkan bidikan yang tepat. Yang paling penting, menikmati waktu luang bersama hewan piaraan Anda!

Semua gambar dibidik dengan EOS 70D; EF50mm f/1.4 USM.

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.