Tips & Tutorials

Langkah demi langkah: Menangkap Bidikan Lanskap Awal Pagi Nan Sejuk

Menyesuaikan white balance (WB) adalah kunci untuk mereproduksi kesejukan di awal pagi. Selain itu, pertimbangkan sudut pandang dan komposisi yang digunakan dan Anda bisa mendapatkan potret yang mengesankan. Belajarlah dari proses uji coba penulis yang bereksperimen sebelum akhirnya mendapatkan potret awal pagi yang tampak sejuk ini.  (Dilaporkan oleh: Masatsugu Korikawa)

EOS 5D Mark II/EF17-40mm f/4L USM/FL: 17mm/Aperture Priority AE (f/8, 1/350 det, EV ±0)/ISO 1600/WB: 4,800K

Menangkap lanskap konstruksi pembangunan pada foto sebagai arsip

Seolah tidak ada habisnya kawula muda yang menghabiskan malam hingga larut pada hari libur di sekitar stasiun Shibuya, tempat konstruksi pembangunan dan perbaikan dimulai. Namun, suasana tenang datang menghampiri tempat itu setelah kereta pertama hari itu berangkat. Inilah adegan yang akan hilang setelah pengerjaan konstruksi berakhir. Memiliki arsip yang tepat tentang pemandangan tersebut adalah sesuatu yang seyogianya dapat dituntaskan oleh selembar foto. Saya juga ingin mengambil potret awal pagi ketika tempat itu belum penuh sesak oleh orang-orang di sekitar stasiun, pada hari yang begitu cerah sampai-sampai penglihatan Anda seakan dapat menembus ke masa depan.

Meskipun tempat yang benar-benar saya pilih untuk pemotretan itu terletak di atas jembatan penyeberangan di pintu keluar timur dari stasiun Shibuya, hampir tidak ada orang yang lewat selama itu, jadi saya bisa bebas mencoba berbagai sudut kamera dan komposisi. Foto di awal artikel ini adalah hasil bidikan yang saya tangkap setelah meluangkan waktu untuk mencoba berbagai posisi kamera. Selanjutnya, dengan bantuan beberapa gambar dari proses uji coba itu, saya akan menjelaskan beberapa poin yang harus Anda perhatikan berkaitan dengan sudut pandang, komposisi, dan white balance, untuk membantu Anda menangkap potret tersebut.

 

Butir 1: Sudut pandang – Gunakan perspektif sudut lebar untuk membuat dampak yang meluas ke latar belakang

Bidikan yang kurang memiliki perspektif

Foto di atas diambil pada pukul 15.00, dengan panjang fokus 24mm. Perubahan waktu dan panjang fokus membuat perbedaan besar dalam tampilan dan suasana tempat di foto.  Meskipun pejalan kaki bisa menegaskan bidikan, namun panjang fokus 24mm seakan membuat foto kekurangan perspektif sehingga terlihat memanjang sampai ke latar belakang.

 

Butir 2: Komposisi - Dekati unsur di latar depan untuk menekankan kedalaman

Papan buletin kurang berdampak

Posisi pemotretan lebih dekat ke kiri dan sedikit lebih tinggi dari foto utama. Kurang kesan perspektif secara keseluruhan pada gambar, karena papan buletin di sebelah kanan terlihat lebih rendah dan datar. Selain itu, pantulan langit biru di susuran jembatan pejalan kaki, yang memainkan peranan penting sebagai aksen, tidak dapat tertangkap. Saya pindah ke kanan, menyesuaikan ketinggian kamera, dan menyesuaikan bidikan sehingga susuran jembatan penyeberangan dapat ditangkap sepenuhnya.

 

Butir 3: WB - Ekspresikan sensasi awal pagi yang menyegarkan dengan mengatur ke 4.800K

Gambar diambil dengan WB ditetapkan ke otomatis

Sekarang komposisi menjadi seimbang, selanjutnya masalah hasil akhir warna. Meskipun saya ingin menggunakan nada kebiruan untuk menyampaikan sensasi menyegarkan dari awal pagi, tetapi nada kebiruan itu menjadi terlalu kuat ketika saya menggunakan pengaturan Tungsten WB. Oleh karena itu, saya menggunakan mode WB otomatis, dan mengatur suhu warna sedikit lebih rendah agar nada kebiruan terlihat lebih kuat. Pengaturan WB otomatis 6.250K menghasilkan foto di atas, sehingga saya menyesuaikannya ke 4.800K.

 

 

Masatsugu Koorikawa

Lahir di Nara. Di samping mengambil potret wajah dan berbagai barang untuk majalah kamera serta musik, Koorikawa juga merilis karyanya dengan tema perairan Teluk Tokyo.

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.