Tips & Tutorials

Fotografi Jalanan – Cara Menangkap Momen Tertentu

Dalam fotografi jalanan, momen yang sempurna sangat krusial apabila Anda ingin menangkap bidikan yang mengesankan. Berikut ini ada beberapa teknik unik yang dapat Anda terapkan dengan menggunakan EOS 5D Mark III yang diperlengkapi fungsi AF dan pemotretan termutakhir. (Dilaporkan oleh: Tomoko Suzuki)

EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 67mm/ Aperture-priority AE (1/60 det., f/8)/ ISO 10000/ WB: Auto

Pada gambar di atas, saya menciptakan kontras antara cahaya dan bayangan dengan menyertakan titian jalan yang sepi dan sinar malam dalam komposisinya. Dengan ISO speed tinggi, sekarang dimungkinkan untuk mengambil bidikan genggam dari nightscape (bentangan malam) dengan EOS 5D Mark III. Keuntungan terhebat dari semua ini adalah, tidak ada kualitas gambar yang pada hakekatnya dikorbankan apabila ISO speed ditingkatkan.

Tiga Pendekatan untuk Menangkap Fotografi Jalanan yang Mengesankan

Komposisi: Dapatkan posisi pemotretan yang terbaik

Alih-alih melakukan zoom in atau zoom out dengan lensa untuk menyiapkan komposisi, cara yang serupa dengan memotong gambar, fotografer harus pindah ke posisi pemotretan yang berbeda untuk mencari komposisi terbaik. Selain melakukan zooming, Anda juga bisa, misalnya, menekankan objek utama dengan memburamkan latar depan atau latar belakang, atau mengeluarkan benda dari komposisi dengan cara menyembunyikannya bersama beberapa objek lain. Memanfaatkan fitur-fitur seperti Dual-axis Electronic Level dan tampilan garis kisi-kisi untuk membantu Anda dalam menyusun bidikan.

Pengaturan: Memanfaatkan fitur "HDR" sepenuhnya

Meskipun Anda dapat mengambil gambar dengan kontras tajam antara cahaya dan bayangan pada hari cerah, kontras yang kuat ini bisa juga menghadirkan masalah. Meskipun Anda melakukan pemotretan di dalam ruangan, pada umumnya akan sangat sulit untuk menyusun bidikan pada jendela karena perbedaan kecerahan di dalam dan di luar ruangan. Dalam kasus ini, Anda dapat memanfaatkan "Highlight tone priority" atau fitur"HDR"untuk meluaskan rentang dinamis. Dengan mengatur [Auto Image Align] ke [Enable] sewaktu pemotretan HDR, bidikan genggam yang bersih dapat juga diambil.

Pengaturan: Menggunakan pengaturan auto

Pada fotografi jalanan, yang sangat penting, jangan sampai Anda meluputkan kesempatan mengabadikan foto apa pun. Untuk menghasilkan gambar yang diinginkan pada saat Anda mendapatkan kesempatan tersebut, Anda wajib memiliki kamera cepat-tanggap. Oleh karena itu, Anda disarankan memilih pengaturan auto untuk berbagai fitur, sesuai dengan tujuan fotografi Anda. Bagi saya, saya menggunakan pengaturan ISO speed [Auto]. Anda dapat mencegah terjadinya subjek yang buram dengan menggunakan [Min. shutter speed.] untuk menentukan shutter speed minimum. Anda juga dianjurkan untuk menentukan fungsi yang paling sering digunakan ke tombol Multi-function, yang terletak di samping tombol shutter.

Fitur EOS 5D Mark III yang Direkomendasikan

Jika terdapat perbedaan yang signifikan dalam kecerahan pemandangan atau subjek, maka dengan menggunakan pengaturan [Natural] HDR akan membantu mengurangi area yang kelebihan cahaya dan kekurangan cahaya untuk mempertahankan nada gambar, dan karenanya menghasilkan gambar alami, nyaris seperti yang kita lihat. Selain itu, noise menjadi berkurang apabila memotret dalam mode HDR, sehingga dapat digunakan dalam pemandangan, seperti di lokasi saat senja dan cahaya remang-remang. Jika mengambil bidikan genggam, dianjurkan menggunakan shutter speed cepat.

 

Lensa yang Direkomendasikan

EF24-105mm f/4L IS USM

 

Mobilitas adalah kata kunci dalam fotografi jalanan. Anda dianjurkan untuk menggunakan lensa zoom standard yang dilengkapi dengan mekanisme Image Stabilizer, karena Anda dapat menghasilkan bidikan yang berkisar dari wide-angle hingga telefoto.

 
 

EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 105mm/ Aperture-priority AE (1/30 det., f/4)/ ISO 12800/ WB: Auto

Pengunjung menyukai bunga Sakura yang mekar di malam hari. Bahkan dalam pemandangan cahaya remang-remang seperti yang ini, saya mampu menghasilkan bidikan genggam yang bersih. Dengan kinerja sensitivitas ISO yang ditingkatkan pada EOS 5D Mark III, fotografi jalanan di malam hari telah menjadi kian mudah.

 
 

EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 105mm/ Aperture-priority AE (1/320 det., f/4)/ ISO 1600/ WB: Auto/ Multiple exposure: [Additive]

EOS 5D Mark III dilengkapi fitur multiple-exposure yang mudah digunakan. Apabila menggabungkan dua gambar atau lebih, curahkan perhatian pada perbedaan kecerahan. Di sini, saya memilih subjek yang gelap sebagai gambar dasar.

 
 

EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 105mm/ Aperture-priority AE (1/100 det., f/8)/ ISO 100/ WB: Auto

Untuk menyertakan figur manusia dalam bidikan lanskap, ketepatan hitungan waktu sangat menentukan. Anda dapat menggunakan tombol Quick Control untuk memeriksa dan mengubah pengaturan dengan cepat. Ini adalah fitur yang memang nyaman untuk dimiliki dalam fotografi jalanan.

 

Tomoko Suzuki

 

Setelah lulus dari Tokyo Polytechnic University Junior College, Suzuki bergabung dengan perusahaan periklanan. Dia juga bekerja sebagai asisten fotografer, termasuk Kirito Yanase, dan mengkhususkan diri dalam bidikan komersial untuk produk perlengkapan busana dan kosmetik. Sekarang, dia bekerja sebagai fotografer studio untuk produsen perlengkapan busana.

 
Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.