Tips & Tutorials

Mengambil foto Pastry Lezat yang Menggiurkan Dengan Teknik Kontrol Cahaya

Tart buah tampak begitu lezat, sehingga ingin sekali saya mengambilnya. Bagaimana Anda membuat kue dan manisan ini terlihat menggiurkan dan segar seperti ini? Dari perspektif profesional, kuncinya terletak pada kontrol cahaya yang mulus. Dalam artikel ini, kita akan menyimak bagaimana ini dapat dilakukan. (Dilaporkan oleh: Hiroyuki Yamamoto)

EOS 5D Mark III/ EF100mm f/2.8L Macro IS USM/ Aperture-priority AE (f/6.3, 1/50 det.)/ ISO 400/ WB: Auto

Tart yang tampak lezat ditaburi aneka jenis buah beri. Tidak seperti kue spons, tart lebih datar dan cenderung kurang berdampak apabila Anda memotretnya. Untuk membuat foto tampak lebih hidup dan berwarna, saya menggunakan piring bundar dan menaruh daun mint di bawah tart.

Langkah 1: Arahkan lensa makro 100mm ke subjek secara diagonal dari atas

Langkah 2: Arahkan cahaya yang menyebar dari lampu neon, dari arah kiri atas

Langkah 3: Pantulkan cahaya dari lampu neon dengan reflektor perak untuk mempercerah area yang gelap


Langkah 1: Arahkan lensa makro 100mm ke subjek secara diagonal dari atas

Kue tidak dapat tetap segar apabila dibiarkan di tempat terbuka dan terkena sejumlah faktor, seperti hawa panas dari lampu, jadi sebaiknya menjaga durasi pemotretan sesingkat mungkin. Jika diperlukan waktu untuk menyiapkan pemotretan, gunakan hanya piring tanpa kue, dan tentukan posisi serta pencahayaannya seraya memvisualisasikan rinciannya, seperti bentuk kue dan komposisi di piring.

Susun bidikan dari sudut sekitar 60 derajat secara diagonal di atas untuk menonjolkan bentuk bundar pada tepi atas piring. Saya memposisikan kamera pada jarak 60cm dari piring untuk menangkap kue seluruhnya.

Langkah 2: Arahkan cahaya yang menyebar dari lampu neon, dari arah kiri atas

Cahaya yang saya gunakan memiliki logam, reflektor semi bundar dengan lampu neon spiral 32W terpasang di sana. Lampu neon mengeluarkan sedikit hawa panas dan karenanya agak berdampak pada kesegaran subjek. Selain itu, memilih lampu dengan suhu warna putih netral memungkinkan Anda melakukan pemotretan tanpa harus mencemaskan tentang white balance. Saya memasang pembaur warna krem-putih di bagian depan lampu untuk membaurkan dan melembutkan cahaya. Saya mengarahkan cahaya dari kiri atas untuk menciptakan cahaya latar miring dan menggunakannya sebagai sumber cahaya utama.

Langkah 3: Pantulkan cahaya dari lampu neon dengan reflektor perak untuk mempercerah area yang gelap

Selain pencahayaan di atas, saya menempatkan reflektor perak yang dilipat dua kali di sebelah kanan di depan piring untuk mempercerah area yang gelap dengan menggunakan cahaya yang dipantulkan dari sumber cahaya utama. Setelah memperbaiki posisi kamera dan cahaya, saya menata kue pada piring dan menyelesaikan pemotretan secepat mungkin.

Lampu Neon Spiral Fujimac Wajib Dimiliki (Produk pihak ketiga)

Saya memasang lampu neon spiral 32W pada reflektor logam (dijual terpisah), dan pembaur warna krem-putih di depannya. Saya membuat sendiri reflektor perak untuk pemotretan ini, dengan merekatkan potongan aluminium foil yang biasa dipakai di rumah, ke satu sisi papan busa polistiren.

Hiroyuki Yamamoto

Lahir pada tahun 1944 di Tokyo. Setelah lulus dari Tokyo College of Photography, Yamamoto terlibat secara aktif dalam produksi iklan sebagai salah satu tokoh terkemuka dalam fotografi makanan di Jepang. Dia telah melakukan pemotretan terkait makanan yang sangat bervariasi, termasuk untuk kemasan produk. Ia juga adalah anggota Japan Advertising Photographers’ Association (APA).

http://www.y-p-st.com/

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.