Produk

Ulasan Bidikan Uji-Coba: AF Performa Tinggi EOS 80D

Mari bergabung dengan saya dalam bidikan uji-coba yang menggunakan EOS 80D, dan menyaksikan bagaimana subjek yang bergerak cepat serta pemandangan yang gelap dapat mudah ditangkap dengan fungsi kelengkapan baru kamera ini. Ini adalah kamera yang sempurna untuk menjepret pemandangan jalan yang berlimpah dengan beragam subjek. (Dilaporkan oleh: Tomoko Suzuki )

Anda dapat menikmati pemotretan yang nyaris instan

Canon telah mengumumkan peluncuran model kisaran menengah yang baru, EOS 80D. Genggamannya yang sudah diperbaiki, membuatnya lebih mudah dipegang, bahkan bagi mereka yang memiliki tangan lebih kecil, dan performa dasar pun sudah diperbaiki dengan cakupan viewfinder kira-kira 100%. Karena sekarang Anda bisa mengecek semua sudut layar ketika memotret melalui viewfinder, Anda dapat mematikan bahwa Anda hanya menangkap apa yang Anda inginkan pada layar, sehingga mudah sekali menyusun komposisi. Layar LCD vari-angle juga dapat dimiringkan secara bebas, baik secara horizontal maupun vertikal, menurut kebutuhan komposisinya. Ini khususnya sangat bermanfaat apabila mengambil bidikan vertikal dari posisi rendah. Layar sentuh memungkinkan Anda untuk secara naluri menggunakan rana sentuh untuk mengambil foto dengan cepat. Walaupun desain monitor LCD menyebabkan bidikan dilihat di luar bagian tengah sumbu optik kamera, namun ini memberikan rasa aman, karena Anda dapat menutup monitor dan melindunginya ketika menenteng kamera.

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL: 132mm (setara 211mm)/Aperture-Priority AE(f/6.3, 1/250det, EV+1,0)/ISO 100/WB: Daylight
Resolusi yang bagus dapat diperoleh, bahkan pada jarak yang mendekati aperture maksimum. Detail halus, seperti Komedi putar di latar belakang, deretan bangunan, menara baja, dan cabang pepohonan, tergambarkan secara jelas.

 

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL: 50mm (setara 80mm)/Aperture-Priority AE (f/5, 1/60det, EV±0)/ISO 3200/WB: Auto
Jika Anda menetapkan pengurangan noise kecepatan ISO Tinggi ke [Standard], noise tidak akan menjadi masalah, bahkan pada ISO 3200. Anda juga dapat menikmati fotografi genggam kamera di berbagai tempat, seperti di restoran yang penerangannya redup.

 

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL:  64mm (setara 102mm)/Aperture-Priority AE (f/8, 1/125det, EV−0,7)/ISO 2500/WB: Auto
Walaupun bidikan diambil pada kecepatan ISO tinggi, ISO 2500, tekstur dan detail kursi serta bantalannya masih dapat terlihat jelas, sehingga menyampaikan kesan kualitas gambar yang bagus.

 

Sistem AF 45 titik seluruh tipe silang, memungkinkan pelacakan yang hebat pada subjek yang bergerak

Poin penjualan terbesar mungkin tentang faktanya, bahwa sistem AF telah diperluas, baik ke kiri dan kanan, serta atas dan bawah, dan jumlah titik AF ditambah menjadi 45, sementara mempertahankan penggunaan titik seluruh tipe silang. Hal ini memungkinkan subjek bergerak ditangkap pada kisaran luas, dan sekaligus memungkinkan Anda membuat penyesuaian yang lebih halus pada posisi pemfokusan. Saya bahkan berhasil memfokuskan secara sangat cepat pada subjek di balik jendela, yang sulit dicapai dengan model kamera terdahulu. AI Servo AF dioptimalkan untuk 45 titik AF yang melakukan pelacakan dengan menggunakan informasi warna subjek yang bergerak cepat sebagai acuannya juga, sehingga Anda dapat menangkap tubuh bergerak secara pasti. Ini juga mungkin berguna dalam bidikan langsung dan potret bilamana Anda ingin menangkap ekspresi wajah sekilas, atau semprotan air, misalnya. 

Kecepatan ISO maksimum sudah ditingkatkan menjadi ISO 16000, dan perbaikan dilakukan pada performa kecepatan ISO tinggi. Noise dapat ditekan dengan menetapkan pengurangan noise kecepatan ISO tinggi ke [Standard], sehingga memungkinkan untuk penggunaan normal, bahkan pada ISO 6400. Selain itu, batas rendah cahaya performa titik AF tengah sudah ditingkatkan ke EV−3,0, sehingga Anda dapat membidik, juga dengan menggunakan AF di lingkungan yang cukup gelap. Kamera ini juga dilengkapi dengan banyak mode yang memungkinkan Anda menerapkan efek preset dan mengekspresikan kreativitas Anda, misalnya menggunakan filter Creative dan mode HDR, memadukan berbagai fungsi dari kamera yang seimbang ini. Dengan semua fitur baru dan yang sudah diperbaiki, ini adalah satu kamera yang kemungkinan besar akan menjadi pusat perhatian tahun ini.

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL: 18mm (setara 29mm)/Aperture-Priority AE (f/8, 1/40det, EV−0,3)/ISO 800/WB: Auto
Mungkin banyak orang yang suka mengambil foto dari posisi yang canggung. Namun demikian, dengan monitor LCD vari-angle, Anda juga dapat dengan mudah mengambil foto dari sudut dan posisi rendah, seperti foto yang satu ini, yang menyerupai garis pandang kucing.

 

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL: 85mm (setara 136mm)/Aperture-Priority AE (f/5, 1/40det, EV+0,3)/ISO 100/WB: Auto
Gunakan Large Zone AF (AF Zona Besar) untuk subjek yang bergerak cepat. Saya memilih zona AF pada sisi kiri ketika membidik gambar ini, untuk menciptakan suatu ruang pada arah terbang burung camar.

 

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL: 135mm (setara 216mm)/Aperture-Priority AE (f/5,6, 1/125det, EV−0,7)/ISO 6400/WB: Daylight
Pantulan tumpang-tindih dari subjek di balik kaca membuatnya sulit difokuskan dengan AF, tetapi titik tipe silang ganda memungkinkan pemfokusan dilakukan secara cepat.

 

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL: 18mm (setara 29mm)/Aperture-Priority AE (f/5.6, 1/2.000det, EV±0)/ISO 100/WB: Auto
Monitor LCD vari-angle berguna untuk mengambil bidikan sudut rendah. Jika Anda membidik tepat dari atas permukaan tanah, kedalaman dan dampaknya ditingkatkan, sehingga gambar terlihat lebih dinamis.

 

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/FL: 135mm (setara 216mm)/Aperture-Priority AE(f/5.6, 1/200det, EV+0,7)/ISO 4000/WB: Auto
Pada ISO 4000, walaupun sebagian noise dapat terlihat dari bayangan hingga ke area halftone, namun kisarannya masih memungkinkan untuk digunakan. Menggunakan kecepatan ISO tinggi akan memperlebar kisaran foto yang bisa Anda ambil dengan tangan.

 

EOS 80D Kit II (EF-S18-135mm IS USM)

Untuk rincian mengenai EOS 80D Kit II, klik di sini.

 

 

Tomoko Suzuki

Setelah lulus dari Tokyo Polytechnic University Junior College, Suzuki bergabung dengan perusahaan periklanan. Dia juga bekerja sebagai asisten fotografer, termasuk Kirito Yanase, dan mengkhususkan diri dalam bidikan komersial untuk produk perlengkapan busana dan kosmetik. Sekarang, dia bekerja sebagai fotografer studio untuk produsen perlengkapan busana.

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.