Tips & Tutorials

Tempat Terbaik untuk Pemotretan Astrofotografi di Asia

Ketika orang berpikir tentang astrofotografi, kita langsung terpikir dengan tempat yang terpencil seperti Eropa atau Amerika Serikat dengan tanah yang tak tersentuh dan tak berpenghuni yang jaraknya ribuan mil. Foto yang menakjubkan dari langit malam dengan hiasan bintang dan galaksi Bima Sakti tidak mungkin dicapai di Asia yang mengalami polusi cahaya... betulkah begitu? Salah - cek 5 tempat ini yang terletak di dekat Anda, di sini Anda bisa menghasilkan foto-foto yang indah.

HONG KONG

Salah satu hutan beton yang paling padat penduduknya di dunia, sulit membayangkan Hong Kong sebagai tujuan potensial untuk astrofotografi. Namun, jika Anda mengarah ke pinggiran Tai Po di New Territories, hal ini masih memungkinkan! Meskipun jarang, tapi kota ini masih memiliki area yang belum dikembangkan, yang berarti Anda tidak akan menghadapi banyak masalah polusi cahaya.

EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM lens, f/5, 17mm, 25sec, ISO640 oleh Eddie Yip

INDIA

Jika Anda mengarah lebih dekat ke Himalaya, Anda tidak hanya akan memperoleh foto yang menakjubkan dari langit, tetapi juga akan dibingkai oleh pegunungan yang megah di kejauhan. Terdapat banyak penginapan indekos di India Utara yang memungkinkan Anda untuk berada jauh dari polusi cahaya, tapi tempat tinggalnya juga tidaklah terlalu sederhana.

EOS 550D, EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II lens, f/4.5, 18mm, 8sec, ISO1600 oleh Vikramdeep Sidhu

INDONESIA

Ada banyak tempat di Indonesia untuk pengambilan gambar astrofotografi yang bagus, seperti Gunung Bromo yang populer. Namun, jika Anda mencari area yang lebih mudah diakses, pertimbangkan Komodo. Taman nasional ini terkenal untuk menyelam dan bukan merupakan daerah yang sangat berkembang, jadi pikirkan tentang pantai yang terbentang jauh dari kota dan polusi cahaya.

EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM lens, f/4, 16mm, 30sec, ISO6400 oleh Lance Sagar

MALAYSIA

Perak, yang berkembang seperti negara bagian lainnya di Malaysia, merupakan pilihan yang baik untuk pemotretan astrofotografi di kawasan ini. Terletak di pantai barat, negara bagian Malaysia ini memberlakukan aturan bahwa lampu di beberapa bangunan komersial harus dimatikan setelah jam 10 malam, sehingga mengurangi jumlah polusi cahaya dan menjadi lebih mudah untuk memotret bintang-bintang!

EOS 5D Mark III, EF14mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 14mm, 30sec, ISO1600 oleh Mohd Al Amin Yahaya

THAILAND

Sebagai perpaduan yang sempurna dari pengembangan budaya dan keindahan yang tak tersentuh, Chiang Mai di Thailand utara akan memberikan latar belakang yang luar biasa berupa kuil-kuil dan bukit-bukit untuk pemotretan bintang Anda. Kiat: pergilah ke tempat yang lebih tinggi dan Anda juga akan bisa menangkap panorama yang menakjubkan dari kota ini.

EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM lens, f/4, 19mm, 15sec, ISO1000 oleh Natthawat Jamnapa

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Profil penulis

Mona Teo

Mona Teo adalah seorang penulis yang tinggal di Singapura yang percaya bahwa tidak ada yang lebih hebat daripada kata-kata yang tertulis (kecuali kopi). Sebagai penggemar kegiatan menyelam serta jalan-jalan, semangatnya yang menyala membawanya terbang ke seluruh dunia, untuk mencari inspirasi.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.