Tips & Tutorials

Fotografi Ombak: Menangkap Bidikan Bagaikan Sutera, Rana Lambat dengan Warna Serba Indah

Berikut ini sebagian saran tentang bagaimana Anda juga dapat menangkap ombak secara artistik yang menggambarkan warna serba indah dan gerakan gemulai ombak nan halus pada larut senja yang menerpakan sinar keemasan. (Dilaporkan oleh: Minefuyu Yamashita)

EOS 5D Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 70mm/ Aperture-Priority AE (f/6.3, 0,4 det., EV-0,3)/ ISO 200/ WB: Auto

Dengan melakukan panning, mengarahkan kamera pada ombak kecil dibalut cahaya lembut dari matahari senja, saya dapat menonjolkan warna-warna halus dan gerakan gemulai, yang tidak terlihat secara kasat mata.

 

Saran 1: Ikuti gerakan ombak pada shutter speed (kecepatan rana) 0,4 det.

Dengan menggunakan teknik panning untuk menangkap ombak, Anda akan menghasilkan efek di mana fokus menangkap dan mempertahankan 'bentuk inti' ombak sekaligus merefleksikan pergerakannya dalam gambar. Tetapkan kecepatan rana menurut kecepatan ombak yang datang dan surut, serta bagaimana Anda ingin menggambarkannya, yaitu, apakah Anda ingin agar ombak tampak dahsyat, gemulai dan mengalir? Dalam contoh ini, saya memilih gerakan ombak yang mengalir gemulai, dan secara sengaja menetapkan kecepatan rana ke 0,4 detik untuk menonjolkan gerakan gemulai ombak.

EOS 5D Mark II/ EF70-200mm f/2.8L IS USM/ FL: 200mm/ Aperture-priority AE (f/4, 1/10 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Auto

Membidik tanpa panning
Jika membidik pada kecepatan rana lambat tanpa panning, bagian bidikan yang membekukan gerakannya akan mempertahankan detail penting, yang membuat ombak terlihat lebih bergelombang.

 

Saran 2: Dibidik saat sinar keemasan memancar, 20 menit setelah matahari terbenam

Saya melanjutkan membidik kira-kira 20 menit setelah matahari terbenam, saat langit tampak merona, memancarkan sinar ungu kemerah-merahan. Panning menghasilkan bauran warna merah dari matahari dan biru yang dipancarkan dari langit, terpantulkan pada ombak yang menciptakan penampakan halus yang menyerupai jalinan benang ungu pucat. Untuk gambar ini, yang terpenting adalah warnanya. Saya mengikuti gerakan ombak secara dekat sambil terus mengamati momen, saat warna yang ideal akan muncul.

Untuk memotret ombak dengan cara yang berbeda, bacalah artikel ini:
Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Menangkap Percikan Ombak pada Pengaturan Fast Shutter Speed

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Minefuyu Yamashita

Lahir pada tahun 1979 di Aichi. Setelah mendapatkan pengalaman kerja sebagai perancang interior dan grafis, Yamashita menjadi fotografer independen pada tahun 2011. Karyanya sudah digunakan di banyak kalender.

http://www.minefuyu-yamashita.com

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.