LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

2 Cara Memperoleh Latar Belakang Hitam untuk Pemotretan Tanaman Anda

2021-01-29

Cara terbaik untuk menampilkan warna-warna yang mencolok dalam fotografi adalah dengan memastikan bahwa subyek sudah cukup terang dan dengan latar satu warna yang tidak bertabrakan seperti hitam atau putih. Untuk artikel ini, kami akan menunjukkan dua cara berbeda yang bisa anda dapatkan untuk latar hitam yang cantik tidak hanya untuk fotografi tanaman anda, tetapi juga untuk pemotretan produk dan foto potret! Foto-foto diambil dengan Canon EOS 850D.

 

Kain Lakan Halus dan Beludru

Bila anda ingin memilih metode latar hitam yang paling ramah untuk pemula, pilihlah kain lakan halus atau beludru. Kain tersebut menyerap cahaya, dan lebih tebal dibandingkan sebagian besar kain lainnya, serta tidak mudah kusut. Hanya saja ingatlah untuk menyetrika kainnya secara rutin untuk mencegah kain mudah terlipat, karena bahkan bidang sekecil apapun akan menciptakan bias cahaya. Masing-masing bahan juga bisa dijahit untuk membuat latar yang lebih besar untuk pemotretan produk dan foto potret.

Untuk pemotretan di rumah, posisikan bahan kain lakan di belakang subyek anda.Berikan jarak antara subyek dan latar anda untuk membuat anda bisa bereksperimen dengan pencahayaan yang kreatif. Kami memotret tanaman kayu putih kami dengan lampu di atas kepala yang membawakan corak warna hijaunya yang terang sembari turut memperlihatkan pola-pola seperti pembuluh vena pada dedaunan. Foto lainnya diterangi dari sudut yang sedikit lebih tinggi dan menghasilkan tampilan yang lebih lembut.

Kami membawa bahan kain lakan ini berjalan-jalan dan mengambil foto banyak bunga di sisi jalan. Kali ini, kami bergantung pada hari yang berawan untuk pencahayaan yang alami dan memberikan kami sebuar seri fotografi tanaman yang moody. Keuntungan lainnya dalam menggunakan kain lakan atau beludru sebagai latar hitam adalah karena sifatnya yang mudah dibawa. Anda bisa melipat dan membawa kainnya dengan mudah. Berikut ini adalah foto-fotonya:

Burung Cendrawasih dengan aksen-aksen merah dan kuningnya yang cantic.

Tanaman semak terompet kuning memberikan kontras yang cantic terhadap dedaunan hijau dan latar berlakang hitam.

Putri bunga, yang dikenal sebagai Pleroma Semidecandrum.

 

Metode Lampu Kilat

Sebelum

After

Untuk teknik ini, anda akan perlu mengatur kamera Canon anda ke dalam Mode Manual dengan lampu kamera baik yang sudah ada di kamera atau lampu eksternal. Kami menggunakan Canon 850D yang memiliki pengaturan lampu kilat, membuat anda bisa mengendalikan lampu kilat eksternal tanpa perlu memusatkannya pada dudukan pengilap kamera. Lihatlah pengaturan Lampu Kilat Nirkabel yang Mudah disini!

Keunikan metode ini membuat anda bisa menciptakan latar hitam dengan mudah hanya dengan beberapa keterbatasan, karena itu mereka dikenal dengan nama ‘latar hitam yang tak terlihat’. Ide dibalik ini sederhana saja:Dengan membuat adegan foto terlihat sepenuhnya hitam pada layar Live view anda (pilih nilai ISO yang rendah, bukaan kamera yang sempit dan sinkronisasikan kecepatan rana kamera yang optimal dengan lampu kilat anda), kamera anda hanya akan memiliki cukup waktu untuk memotret tempat dimana lampu kilat meneranginya, a.k.a subyek anda dan elemennya, dalam ruang yang sama. Hal ini juga menandakan bahwa anda akan perlu menempatkan subyek anda lebih dekat dengan lampu kilat dan menjaga beberapa jarak di hadapan latar belakang untuk menciptakan blackout.

Keterbatasan dalam metode ini namun, ada pada sinkronisasi kecepatan rana maksimal dari speedlite. Anda mungkin tidak dapat memperoleh adegan foto yang hitam sepenuhnya pada layar Live view anda saat memotret dibawah cahaya matahari langsung. Namun, anda bisa memecahkannya dengan mudah dengan memposisikan tanaman pada tempat yang berbayang, atau memotret pada hari yang berawan, dini hari atau larut malam.

Untuk foto kami, kami memotret bunga matahari di siang hari (pada tempat yang berbayang) dengan dinding-dinding bata sebagai latar belakang. Anda bisa melihat bahwa dengan metode ini, elemen-elemen apapun di luar subyek yang diterangi dengan lampu kilat terlihat gelap dengan instan!Namun, ia menyala dan memotret pot tanaman juga karena berada dalam bidang yang sama dengan bunga matahari. Teknik ini juga akan berguna dalam memotret subyek di lingkungan yang lebih berantakan.

 

Mengetahui bagaimana cara membuat latar belakang hitam adalah teknik hebat yang untuk diingat dengan benar, khususnya bila anda ingin menjaga hasil akhir foto terlihat elegan, jernih dan sederhana!Cobalah teknik ini dan lihat metode mana yang bekerja paling baik untuk anda!


Untuk artikel yang sejenis:
Fotografi Bunga: Teknik-Teknik Berguna dan Fitur-Fitur Kamera
Perkenalan Pemula pada Fotografi Bercocok-Tanam
Berikut Ini Cara Anda Bisa Memperoleh Latar Belakang Hitam dalam Fotografi Bawah Ai