Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

5 Cara Meningkatkan Level #Foodstagram Anda

2018-03-27

Selain swafoto dan foto perjalanan, foto makanan adalah sebagian dari foto yang paling sering dibagikan di media sosial – dengan lebih dari 260 juta unggahan dan terus bertambah, dengan tagar #food pada Instagram. Anda juga suka membagikan foto makanan Anda di media sosial? Simak 5 cara dari kami agar fotografi makanan Anda terlihat begitu menggoda, menggugah selera para pemirsa. 

Anda tidak bisa melihat kumpulan konten Instagram Anda sebelumnya tanpa melihat satu per satu foto-foto makanan lezat. Jika fotografi makanan Anda mulai terlihat agak basi atau sama saja dengan foto-foto orang lain, pelajari cara menambahkan sedikit usaha dengan 5 kiat ini dan berharaplah agar setiap orang melirik dan menyukai foto makanan Anda.

1. Memotret Dalam Cahaya Alami

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/4, 22mm, 1/125sec, ISO100

Cahaya alami adalah cara untuk menghasilkan pemotretan yang indah sehingga warna dan detail hidangan Anda benar-benar menjadi sorotan. Jika Anda tidak bisa ke luar ruangan, ambil gambar di dekat jendela dan lebih baik jika dengan cahaya matahari yang tidak langsung. Jika cahayanya terlalu kasar, sebarkan dengan tirai atau kain putih. Perhatikan arah cahaya dan apa yang ditonjolkan dalam pemotretan Anda, di mana tempat jatuhnya cahaya dan di mana timbulnya bayangan. Hindari menggunakan lampu kilat karena bisa menimbulkan paparan berlebih pada makanan, mengubah warna aslinya dan merusak kualitasnya.

2. Ambil Posisi Tinggi

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2, 22mm, 1/15sec, ISO200

Komposisi penting dalam menghasilkan foto-foto makanan yang menonjol secara visual. Flat lay (tata letak datar), suatu teknik yang memotret subjek dari atas, sangat tepat sekali karena bisaa menonjolkan warna dan bentuk makanan. Tentukan elemen mana yang Anda inginkan untuk dijadikan sebagai fokus, kemudian lakukan pembingkaian sedemikian rupa. Sebelum memotret, pegang kamera Anda langsung di atas makanan untuk menangkap semua detailnya. Sertakan elemen manusia seperti sebuah tangan yang menggapai hidangan untuk menambahkan kehidupan dan konteks pada pemotretan Anda.

Dapatkan lebih banyak kiat dan trik pemotretan dengan metode flat lay via Cara Menguasai Seni Tata Letak Datar.

3. Gunakan Garis Penuntun

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2, 22mm, 1/15sec, ISO200

Karena mata kita otomatis tertarik pada garis, gunakan garis penuntun (leading lines) untuk membantu menciptakan alur yang menuntun pandangan mata pemirsa Anda pada subjek. Entah berupa bahan-bahan seperti batang seledri, peralatan masak seperti pengocok atau sudip, atau bahkan remah-remah biskuit, garis penuntun membantu memfokuskan perhatian pada makanan. Dalam foto ini, latte pada latar depan otomatis menangkap perhatian pemirsa dan kemudian mengarahkan pandangannya ke latar belakang. Dengan menambahkan garis diagonal ini, yang menonjol dari sisi horizontal dan vertikal dari bingkai, menambahkan dimensi lain pada pemotretan.

Pahami teknik komposisi ini dengan lebih baik saat Anda membaca Cara Menggunakan Garis atau Pola dalam Fotografi.

4. Jelajahi Berbagai Sudut

Searah jarum jam dari kiri:

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.8, 22mm, 1/160sec, ISO100
EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.8, 22mm, 1/320sec, ISO100
EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.8, 22mm, 1/400sec, ISO100

Memotret dari berbagai sudut yang berbeda membantu menyoroti detail makanan Anda dan agar pemirsa Anda tetap terhubung. Lakukan pemotretan makanan dari atas, atau dari sisi rendah pada piring dengan sudut 30 hingga 45 derajat dari meja. Untuk menghasilkan pandangan tiga dimensi, ambil gambar subjek Anda dari sudut diagonal untuk menampilkan pandangan dari sisi dan dari atas. Lakukan eksperimen dengan memotret dari sudut pandang yang berbeda sampai Anda mendapatkan pemotretan dan makanannya terlihat paling menggugah selera.

5. Penuhi Bingkai Anda

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/2.8, 22mm, 1/60sec, ISO640

Jangan takut untuk memperlihatkan makanan Anda dan semua detailnya yang lezat. Mendekatlah pada subjek Anda, sehingga foto dipenuhi dengan makanan. Ini tepat sekali terutama jika Anda ingin menarik perhatian pemirsa Anda pada elemen tertentu dari hidangan Anda, bahan-bahan yang segar seperti foto di atas, atau bahkan cara penghidangannya.

Ingin tahu dan belajar lebih lanjut? Ketahui Cara Menghasilkan Foto Instagram yang Lebih Baik dengan Kamera Tanpa Cermin.


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!