LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Di luar Lensa Kit: Pilihan Sudut Lebar dan Standar

2021-11-26

Lensa kit biasanya dibundel dengan kamera lensa lepas tukar pertama Anda, apakah itu kamera DSLR atau mirrorless. Bagi mereka yang baru mengenal fotografi, lensa kit ini sangat bagus; lensa tersebut bisa digunakan untuk sudut lebar hingga telefoto, memungkinkan mereka mempelajari bagaimana berbagai panjang fokus memengaruhi foto mereka. Tetapi ketika beberapa dari Anda melangkah lebih jauh dalam perjalanan fotografi Anda, Anda mungkin menemukan ceruk yang ingin Anda jadikan sebagai spesialisasi Anda. Misalnya, jika Anda ingin berfokus pada fotografi lanskap, Anda ingin berinvestasi dalam lensa sudut lebar khusus. 

 

Dalam bagian pertama dari seri dua bagian ini, kita akan menjelajahi pilihan lensa sudut lebar dan standar untuk empat dudukan lensa Canon, menjelajahi tidak hanya pilihan asli tetapi juga bagaimana beberapa lensa dapat dipasang ke dudukan lain melalui adaptor. Misalnya, dudukan EF-M dapat dipasangi lensa EF dan EF-S dengan Adaptor Dudukan Canon EF-EOS M. 

 

Untuk mengetahui pilihan apa yang Anda miliki untuk lensa telefoto dan makro, klik di sini

 

Untuk referensi mudah tentang dudukan mana yang dapat dipasangi lensa mana, berikut adalah tabel praktisnya:

Pilihan Sudut Ultra Lebar dan Sudut Lebar

Untuk referensi, sudut ultra lebar mengacu pada 24mm atau lebih lebar, sedangkan sudut lebar mengacu pada 35mm atau lebih lebar.

EF-M 11-22mm f/4-5.6 IS STM (setara dengan kira-kira 18mm-35mm dalam format 35mm)

Cocok untuk kamera EF-M seperti EOS M50 Mark II, lensa ini memberikan bidang pandang super lebar 18mm (dalam format 35mm) pada pengaturan terlebarnya, memungkinkan fotografer untuk menangkap bentangan lanskap yang luas dengan paket yang sangat ringkas.

EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM (setara dengan kira-kira 16mm-35mm dalam format 35mm)

Menghasilkan setara dengan 16mm (dalam format 35mm) saat zoom out dengan aperture besar f3.5, lensa ini dirancang untuk fotografer yang memiliki kamera dudukan EF-S seperti EOS 850D atau dipasang pada kamera dudukan EF-M seperti M50 Mark II melalui adaptor. Rentang zoom juga menawarkan fleksibilitas bagi Anda untuk memangkas elemen yang tidak perlu dalam frame sambil mempertahankan resolusi foto. 

 

Ditandai sebagai lensa L membuat kegunaannya sangat jelas; lensa ini adalah pilihan utama bagi pengguna DSLR full-frame yang menginginkan lensa yang dirancang dengan baik yang memungkinkan mereka untuk menangkap bidikan sudut lebar yang menakjubkan. Lensa ini juga memiliki aperture f4 konstan di semua panjang fokus. Jika Anda menemukan aperture f4 terlalu membatasi, ada EF 16-35mm f2.8L IS USM. Meskipun ditetapkan sebagai lensa EF, lensa ini dapat dengan mudah dipasang pada kamera EF-S atau badan EF-M (melalui adaptor), meskipun faktor pemangkasannya berarti bahwa lebar maksimalnya hanyalah 26mm.

 

Lensa RF terbaru yang bergabung dalam jajaran ini adalah RF14-35mm f/4 L IS USM, yang memberi fotografer RF pilihan sudut ultra lebar asli. Sebelum lensa ini dirilis, pengguna RF harus memasang lensa EF melalui adaptor untuk memotret foto sudut ultra lebar. 

 

Standar dan Potret

EF-M32mm f/1.4 STM (setara dengan sekitar 50mm dalam format 35mm)

Dengan aperture ultra-besar f/1.4, Anda bisa mendapatkan bokeh lembut dari lensa ini yang ditujukan untuk kamera EOS M. Saat dipasang, lensa ini memberikan bidang pandang setara sekitar 50mm, menjadikannya lensa yang serbaguna. Dengan berat 235g, lensa ini juga tidak akan membebani Anda. Saat dipasangkan dengan badan EOS M yang ringan, kombinasi ini sangat cocok untuk fotografi jalanan.

 

EF-S24mm f/2.8 STM (setara dengan sekitar 38mm dalam format 35mm)

Lensa pancake ini dapat memberikan bidang pandang 38mm saat dipasang pada kamera EF-S dan EF-M, tetapi jangan biarkan ukurannya yang kecil menipu Anda. Aperture f/2.8 yang besar juga cukup fleksibel untuk memungkinkan Anda memotret dalam kondisi cahaya rendah.

 

EF50mm f/1.8 STM

Bagi banyak fotografer full-frame, lensa ini wajib dimiliki. Ringan, ringkas dan terjangkau, lensa 50mm ini memberikan nilai uang yang besar. Untuk fotografer EF-S dan EF-M, lensa ini menjadi lensa potret 80mm aperture besar untuk kamera mereka. Ada juga varian f/1.4 dan f/1.2.

 

RF50mm f/1.8 STM

Versi RF dari lensa 50mm ini hampir seringkas dan seringan versi EF50mm. Tidak sulit untuk melihat mengapa ini adalah lensa yang hampir semua fotografer RF miliki di tas kamera mereka.

 

Tergantung pada dudukan kamera yang Anda gunakan, pilihan lensa Anda sangat luas. Selain itu, menggunakan adaptor yang sesuai akan semakin membuka lebih banyak pilihan untuk Anda. Beberapa adaptor tersebut multifungsi, seperti Adaptor Dudukan Filter Drop-in EF-EOS R, yang memungkinkan Anda memasang lensa EF dan EF-S pada badan RF, dan memasukkan filter neutral density. 

 

Klik di sini untuk membaca bagian kedua dari seri ini, yang menjelaskan pilihan untuk lensa telefoto dan makro. 

 

Untuk artikel serupa: