Tips & Tutorials

Kamera FAQ #4: Apa yang Dapat Dilakukan dengan Pasca-pemrosesan RAW dalam Kamera?

Semakin banyak saja EOS DSLR yang dikirim dengan fungsi pasca-pemrosesan gambar RAW dalam kamera. Apa bedanya hal ini dari perangkat lunak pasca-pemrosesan gambar RAW yang ada sekarang, seperti Digital Photo Professional? Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan secara tepat, apa yang membedakan keduanya. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

 

Pemrosesan dalam kamera, bagus untuk penyuntingan langsung di tempat. Gunakan komputer untuk penyuntingan dalam jumlah besar dan lebih bisa dikontrol

Sebelum

Sesudah

 

EOS 5DS/ EF16-35mm f/2.8L IS II USM/ FL: 16mm/ Aperture Priority AE (f/5.6, 1/800 det, EV+0,3)/ ISO 100/ WB: Daylight/ Picture style: Landscape (Lanskap)

Kecerahan dan Picture Style diubah dengan menggunakan perangkat lunak pemrosesan gambar RAW dalam kamera EOS 5DS. Dibandingkan dengan gambar Sebelum, warna langit dan kecerahan gambar sudah diubah tanpa mengurangi kualitas gambar.

EOS DSLR kelas menengah dan yang lebih tinggi, serta sebagian kamera saku yang lebih baru, seperti PowerShot G7 X Mark II, dilengkapi dengan perangkat lunak pemrosesan gambar RAW dalam kamera, yang dapat melakukan hampir semua tugas seperti komputer, dan memungkinkan Anda menyesuaikan sejumlah hal penting, seperti kecerahan dan aspek visual lainnya dari sebuah gambar. Namun, perbedaannya yaitu, terdapat batasan pada hal-hal yang dapat diatur.

Perbedaan terbesar adalah, tersedianya algoritme untuk pemrosesan RAW. Pemrosesan RAW dalam kamera, menggunakan algoritme spesifik model, yang secara ketat berbeda dari yang digunakan apabila memprosesnya di komputer. Orang cenderung menganggap pemrosesan RAW dalam kamera tidak sebagus pemrosesan RAW pada komputer. Namun demikian, dari segi ketepatan penggambaran, gambar dalam kamera bisa dibilang lebih seasli asalnya. Lebih jauh lagi, kecepatan pemrosesan berbeda, apabila melakukan penyuntingan dan menyimpan gambar dalam format JPEG.

Tersedia juga perangkat lunak lain selain perangkat lunak Digital Photo Professional Canon yang mendukung pemrosesan data RAW EOSW DSLR. Namun demikian, perangkat lunak semacam itu mungkin tidak memiliki kemampuan kamera untuk mereproduksi 100% seperti aslinya, sedangkan perangkat lunak Canon memungkinkan Anda mendapatkan gambar akhir yang sangat bagus, yang nyaris tidak bisa dibedakan dari gambar pasca-pemrosesan RAW dalam kamera.

Namun, harap diingat bahwa, pasca-pemrosesan RAW dalam kamera tidak dapat digunakan dengan gambar EOS yang dibidik menggunakan M RAW atau S RAW. Oleh karenanya, apabila menggunakan pasca-pemrosesan RAW dalam kamera, tetapkan pengaturan kualitas gambar ke "RAW" sebelum pemotretan.

Layar pasca-pemrosesan RAW dalam kamera EOS 5DS. Pilih [RAW image processing] dari menu playback, dan gambar yang akan diproses ditampilkan, setelah dipilih.

 
 

EOS DSLR diperlengkapi dengan perangkat lunak pemrosesan RAW dalam kamera

EOS 5D Mark III

 
 
 

EOS 70D

 
Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 
Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Comments (1)

This post is highly appreciable. Every beginner will get the proper functioning of each device that is mentioned in the post.

Thank you! Do let us know what other articles you would like to see.

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.