Tips & Tutorials

Cara Menghasilkan Bidikan Serba Indah yang Menyusun Bidikan Menjelang Senja dengan Pantulannya pada Danau

Jika kebetulan Anda menjumpai pemandangan menakjubkan yang terletak dekat hamparan air, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan karya fotografis Anda ke level yang lebih tinggi. Artikel berikut ini memberikan sejumlah kiat dari para fotografer profesional untuk menyusun bidikan yang menangkap sinar lembayung senja yang membentang di langit dan dipadukan dengan bayangannya di danau. (Dilaporkan oleh: Tatsuya Tanaka)

EOS-1D X/ EF16-35mm f/2.8L II USM/ FL: 23mm/ Manual exposure (f/2.8, 15 detik)/ ISO 2000/ WB: Auto

Pemandangan suasana menjelang senja yang simetris seperti terlihat dari tepi danau. Saya kebetulan memperoleh kesempatan langka ini untuk memotret permukaan danau yang tenang dan lembayung senja yang cerah di tempat yang sama. Saya memutuskan komposisinya, menegaskannya dengan kapal kecil yang sudah lapuk dekat tepi pantai, dan menunggu saat yang tepat ketika kecerahan sinar lembayung senja di hadapan saya mulai bergerak.

Langkah 1: Tentukan komposisi simetris dengan suasana menjelang senja yang terpantulkan pada permukaan danau

Langkah 2: Manfaatkan pencahayaan manual dan cari pengaturan pencahayaan optimal yang sesuai dengan pemandangan yang akan Anda potret

Langkah 3: Tunggu sampai sinar lembayung senja mulai bergerak dan ambil bidikan beruntun dari pemandangan tersebut

 
 

Langkah 1: Tentukan komposisi simetris dengan suasana menjelang senja yang terpantulkan pada permukaan danau

Entah sudah berapa kali saya memotret danau ini sebelumnya. Karena saya sudah menguasai polanya, saat menjelang senja, saya memilih komposisi yang menekankan pemandangan di darat. Karena tidak mungkin untuk memprediksi seberapa luas atau cerah sinar lembayung senja itu jadinya sampai waktu membidik, saya memilih lensa zoom sudut lebar untuk lebih memudahkan penyesuaian sudut pandangan.

Untuk menyusun bidikan simetris yang juga menyertakan pantulan lembayung senja pada permukaan danau, yang penting adalah, mempertimbangkan sudut dan ketinggian kamera ketika Anda mengarahkan kamera ke permukaan danau. Selain itu, menemukan kapal kecil yang sudah lapuk di lokasi yang sama, saya menyertakannya untuk menciptakan daya tarik (“accent”) dalam komposisi yang membantu menyatukan semua elemen dalam komposisinya.

Langkah 2: Manfaatkan pencahayaan manual dan cari pengaturan pencahayaan optimal yang sesuai dengan pemandangan yang akan Anda potret

Sesuaikan pencahayaan secara manual saat melakukan bidikan yang sesungguhnya, kemudian pilih aperture serta pengaturan kecepatan rana yang sesuai. Untuk contoh ini, saya memilih ISO 2000 dan aperture f/2.8, lalu menetapkan kecepatan rana ke sekitar 10 detik untuk mengaktifkan penyesuaian yang disesuaikan dengan kecerahan dan pergerakan suasana senja. Setelah senja tenggelam dan bintang bermunculan di langit, saya mengambil bidikan percobaan dan melakukan pengecekan terakhir.

Untuk menyesuaikan fokus dalam kondisi remang-remang, saya memanfaatkan fungsi Live View. Dengan bantuan pembesaran tampilan, saya menggunakan MF untuk menetapkan fokus pada bintang kemintang. Saya juga mengetuk cincin fokus ke bawah untuk mencegahnya agar tidak bergerak.

Langkah 3: Tunggu sampai sinar lembayung senja mulai bergerak dan ambil bidikan beruntun dari pemandangan tersebut

Setelah sinar lembayung senja menjadi lebih terang dan mulai bergerak, saya mengambil bidikan beruntun dengan menggunakan remote switch. Karena sinar lembayung senja terus berubah bentuk dan bergerak, saya harus mencermati situasinya dan menyesuaikan komposisi.

Barang Wajib Dimiliki
Remote Switch RS-80N3

Apabila memotret sinar lembayung senja, pemandangan yang memerlukan pencahayaan yang lama, penggunaan tripod dan remote switch tidak tergantikan. Untuk electronic level (timbangan datar elektronik), untuk mengecek horizontalitas komposisi, saya secara pribadi senang menggunakan external level.

 
 
Tatsuya Tanaka

Lahir tahun 1956, Tanaka adalah salah satu fotografer langka yang menghasilkan karya yang melintasi beragam genre secara luas, dari perspektif aslinya. Semua genre ini berkisar dari benda-benda dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti serangga dan bunga, lanskap (landscape), bentangan langit (skyscape), dan benda-benda langit. Di samping fotografi, Tanaka juga sudah mengembangkan pendekatannya dalam pasca proses, termasuk retouch dan pencetakan.

 
Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.