Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials In Focus: EOS RP- Part 9

Membingkai Benda Mati dengan Canon EOS RP

2020-04-07

Tidak seperti gaya fotografi yang lain seperti lanskap atau seni potret, fotografi benda mati secara utama terfokus pada komposisi dan pencahayaan benda mati yang memiliki unsur signifikan dalam menggambarkan sebuah cerita, suasana hati dan perasaan.Konsep fotografi ini mirip dengan lukisan dan gambaran benda mati – kecuali penggunaan mediumnya – dan seringnya memengaruhi satu sama lain baik dari hal corak mode, pembingkaian, dan penyusunan unsur-unsurnya.

Menggunakan Canon EOS RP yang terpercaya, berikut ini ada 4 hal-hal yang harus anda ketahui untuk sesi pertama anda dalam fotografi benda mati.

Pencahayaan


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/7.1, 35 mm, 1/512 detik, ISO100

Sumber cahaya dalam fotografi datang dalam berbagai bentuk. Ada peralatan profesional seperti lampu strobo dan lampu flash, benda sehari-hari seperti LED dan bola lampu, dan matahari yang kuat dan lemah cahayanya setiap harinya (karena posisi dan perubahan cuaca).Penggunaan pencahayaan dan kontras dalam fotografi benda mati sangatlah penting, khususnya dalam mengubah suasana hati, dimensi, dan kedalaman foto anda.

Untuk adegan penyebaran makanan kami, kami ingin mendapatkan estetika yang dramatis dengan kontras yang tajam seperti gaya lukisan era Renaissans.Untuk mendapatkannya, kami memilih pencahayaan jendela yang kuat pada petang sore untuk meningkatkan variasi kontras dari cahaya dan bayangan subjek yang ditampilkan.

Berikut ini ada beberapa pertimbangan:

1.        Tentukan ketajaman kontras untuk menyesuaikan suasana hati yang ingin anda sampaikan.Kontras yang kuat akan membangkitkan drama, sementara kontras yang lebih lembut menambahkan estetika romantis pada fotonya.

2.        Hati-hati terhadap kekuatan sumber cahaya yang anda gunakan karena bila terlalu keras bisa berpengaruh dalam melihat detil-detil penting subyeknya.Gunakan penyebar bila diperlukan.

3.        Tergantung pada unsur subyek, memanfaatkan penempatan lampu samping bisa meningkatkan tekstur dan volume subyek anda, sementara cahaya depan berkurang.

Komposisi

Sebuah foto bisa terlihat lebih menarik dan membuat penasaran ketika ada sudut pandang baru yang diberikan  pada benda-benda biasa.Cobalah berbagai kemungkinan komposisi yang berbeda seperti flat-lay atas-bawah, bidikan sudut-rendah, memenuhi bingkai, bidikan makro, bingkai dalam bingkai atau bahkan fotografi pada level-mata.


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/5.0, 35 mm, 1/256 detik, ISO100
Bidikan sudut-teratas


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/3.2, 35 mm, 1/100 detik, ISO100
Bidikan level-mata


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/2.8, 35 mm, 1/100 detik, ISO250
Bidikan-makro

Bermainlah dengan karakteristik benda anda.Contohnya, bidikan sudut-teratas dari bawang yang belum dikupas akan menunjukkan bagian tunik bawang lebih banyak, sementara fotografi pada bidikan level-mata akan memperlihatkan bawang dengan fokus pada akarnya.Sudut yang berbeda juga bisa memperlihatkan beragam tekstur, warna dan sisik, dengan banyaknya warna bawang terlihat pada tingkat bidikan level-mata.

Memahami bagaimana masing-masing rupa unik dari subyek dan bentuknya saling berinteraksi akan membantu  dalam menciptakan komposisi dan titik fokus pada foto anda.Mengambil foto dari level-mata atau sudut-rendah bekerja dengan mudah menggunakan Canon EOS RP layar sentuh LCD sudut-variatif.


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/4.5, 35 mm, 1/200 detik, ISO100
Bidikan sudut-teratas dari bawang (terfokus pada tunik)


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/2.8, 35 mm, 1/80 detik, ISO125
Bidikan level-mata pada bawang (terfokus pada akar)

Fokus

Memiliki fokus pada foto benda mati anda sangatlah penting.Dengan AF Spot dan 4.779 posisi bingkai AF yang bisa dipilih pada Canon EOS RP anda, anda akan memiliki fleksibilitas yang lebih besar mengenai penempatan subyek anda – yang berarti anda bisa menempatkan subyek utama (yang akan menjadi fokus) dan subyek sekunder anda (unsur tambahan yang tidak akan jadi titik fokus foto) di mana saja dalam bingkai kamera.

Fotografi benda mati sering dilakukan dengan menggunakan tripod untuk mendapatkan foto yang stabil dan tidak kabur.Jadi, kemampuan memiliki banyaknya posisi fokus yang bisa dipilih berarti anda bisa selalu memastikan subyek utama anda berada dalam fokus kamera.Seperti terlihat pada contoh di atas, anda akan bisa menentukan bila anda menginginkan subyek utama anda berada di depan (seperti bidikan yang terfokus pada bawang), atau latar belakang (bidikan yang terfokus pada ikan) untuk menjadi fokus anda.Hal ini akan membuat anda memiliki kebebasan kreatif yang lebih besar dengan penempatan subyek anda dan membuka jalan-jalan baru untuk menyusun set anda.

Untuk kamera yang lebih tua/DSLR, mereka memiliki posisi AF yang terbatas.Oleh karena itu, anda perlu terus-menerus menyesuaikan dan menyusun ulang bidikan anda untuk mendapatkan subyek utama dalam fokus kamera.Fokus manual juga akan sangat membantu anda.

Mode Pemotretan Berkelanjutan

Walaupun tidak semua bagian dasar dari fotografi benda mati, anda bisa menggunakan mode pemotretan berkelanjutan, atau mode burst, untuk menangkap detil momen bergerak dari adegan benda mati.Contohnya, ide kami untuk menangkap momen yang tepat dari telur yang duduk di atas roti seperti membeku di dalam waktu.Menggunakan mode pemotretan berkelanjutan, kami menangkap momen sebelum dan sesudah dilakukannya penuangan dan kami memilih satu yang paling cocok terhadap konsep kami.



Kompilasi bidikan mode pemotretan berkelanjutan


EOS RP, RF 35 mm F1.8 Makro IS STM, f/2.8, 35 mm, 1/500 detik, ISO200
Bidikan akhir yang dipilih

Mode pemotretan berkelanjutan membuat anda bisa bereksperimen dengan konsep yang memerlukan pergerakan.Beberapa contohnya seperti gemercik air, tetesan madu, atau menangkap benang-benang jatuh yang menyerupai levitasi.

Tips-tips tambahan

1.        Rencanakan.Ketika melihat benda sehari-hari yang digunakan dalam fotografi benda mati anda, pertimbangkan cara-cara berbeda yang bisa anda himpun secara menarik: palet warna, suasana hati yang ingin anda dapatkan, dan bagaimana setiap benda bisa berkontribusi pada hasil bidikan foto anda.Apakah anda menambahkan benda tertentu, seperti kupasan jeruk, untuk meningkatkan tegasan tekstur pada foto anda?Anda juga bisa membuat sketsa selama proses perencanaan.

2.        Tripod berguna agar anda bisa mengatur bingkai/komposisi dan membebaskan tangan anda agar anda bisa menggerakkan obyek dan peralatan pencahayaan di sekitar untuk bereksperimen dengan ambilan foto anda.Dan juga untuk bidikan foto yang memerlukan kecepatan rana kamera yang lebih panjang bisa membantu anda mengurangi kekaburan gerakan.

3.        Bila anda mengambil foto sendiri tetapi memerlukan unsur manusia seperti tangan dalam foto anda, ingatlah untuk menggunakan teknologi Bluetooth pada EOS RP untuk mengendalikan kamera dan foto anda dari jarak jauh menggunakan ponsel pintar anda.

 

Bacalah artikel terkait seperi fitur kunci Canon EOS RP, komposisi dalam fotografi, dan fotografi produk untuk meningkatkan kemampuan fotografi benda mati anda!