Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Trik yang Anda Butuhkan Saat Menyertakan Refleksi dalam Foto Lanskap Anda

2021-09-01


EOS R5, RF24-105mm f/4-7.1 IS STM, f/5, ISO 640, 1/4s, 24mm
oleh @donamtykl

Menangkap refleksi lanskap bisa semudah mengarahkan kamera ke pemandangan dan menekan tombol rana. Atau, Anda dapat memanfaatkan beberapa trik yang telah kami uraikan di bawah ini untuk membantu Anda menangkap foto lanskap yang memukau dengan kualitas terbaik.


EOS 7D, EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM, f/13, ISO 100, 25s, 10mm
oleh @yudha_kp14


Tentang Refleksi

Hal pertama yang ingin Anda perhatikan ketika melihat badan air adalah seberapa tenang permukaannya.

Permukaan air yang tenang berfungsi hampir seperti cermin dan menunjukkan refleksi pemandangan yang jelas. Yang menarik dari refleksi semacam itu adalah Anda dapat membalik gambar dan menciptakan perspektif yang menarik untuk bidikan Anda. Anda juga dapat menggunakan circular polarizer pada lensa Anda untuk menyesuaikan dan mengontrol jumlah refleksi yang Anda inginkan pada permukaan air. Terkadang, fotografer melakukan ini untuk membuat perbedaan antara refleksi dan pemandangan, atau jika mereka ingin menunjukkan apa yang ada di bawah air.

Bagaimana jika permukaan airnya kasar dengan banyak riak? Kondisi semacam itu mungkin tidak memungkinkan Anda untuk menangkap refleksi yang jelas, tetapi dengan beberapa tips sederhana, Anda dapat menghasilkan gambar yang artistik. Dengan mengurangi ISO dan kecepatan rana (gunakan tripod, atau jika Anda menggunakan EOS R5 atau R6, aktifkan In-body Image Stabilizer untuk mengurangi kekaburan akibat gerakan tangan), Anda dapat mengaburkan permukaan air dan refleksi untuk menciptakan efek tampilan yang halus. Jika pemandangan terlalu terang bagi Anda untuk mengurangi kecepatan rana secara efektif, Anda dapat menggunakan filter neutral density (ND) pada lensa untuk menggelapkan pemandangan.

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap memotret pemandangan dan refleksinya pada ketinggian sejajar mata. Karena hasilnya sangat indah. Namun lain kali saat Anda mencoba menangkap refleksi pemandangan, cobalah untuk menurunkan kamera Anda ke permukaan tanah untuk mendapatkan perspektif yang segar. Atau, Anda juga dapat mencari titik pandang yang tinggi untuk menangkap pemandangan dari sudut lain untuk bidikan yang lebih menarik.

Untuk fotografer yang ingin mengabadikan langit yang dramatis dengan rona biru atau jingga, pergilah ke tempat yang indah di pagi atau malam hari. Anda mungkin akan menemukan harta karun saat warna-warna ini ditampilkan dalam refleksi.


EOS 600D, EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II, f/9, ISO 320, 1/250s, 18mm 
by @theroutecause


Pilihan Lensa

Sudah pasti pilihan lensa Anda akan memengaruhi tampilan foto lanskap Anda. Tapi apakah Anda tahu tentang berbagai efeknya? Jika badan air berada jauh dari subjek, memotret pada panjang fokus yang berbeda dapat memengaruhi tampilan refleksi.

Menggunakan lensa sudut lebar seperti RF15-35mm f/2.8L IS USM atau EF11-24mm f/4L USM ultra lebar akan memberi Anda frame lebar untuk pemandangan yang mengesankan. Namun kelemahan lensa sudut lebar adalah bahwa elemen tertentu, seperti gunung, mungkin terlihat lebih kecil di lensa sudut lebar, terutama jika elemen itu jauh dari Anda. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lensa dengan panjang fokus sedang seperti RF50mm f/1.8 STM atau lensa zoom dengan jangkauan telefoto, seperti RF24-105mm f/4L IS USM. Dengan melakukannya, Anda dapat 'menarik' elemen yang lebih jauh lebih dekat dengan Anda di dalam frame.

Namun sebelum Anda mengeluarkan lensa telefoto Anda untuk foto lanskap dengan refleksi, periksa area di sekitar Anda apakah ada cukup ruang untuk bermanuver. Ingatlah bahwa Anda juga perlu membingkai refleksi di dalam bidikan Anda.


EOS 760D, EF24-70mm f/2.8L USM, f/9, ISO 100, 1/3200s, 43mm
oleh @Little_wonder_photography


Lebih dari Badan Air

Meskipun kelihatannya lebih mudah untuk hanya mencari badan air untuk bidikan refleksi yang sempurna, ada pula permukaan lain yang juga dapat merefleksikan lanskap untuk menciptakan gambar yang menarik.

Permukaan logam seperti atap mobil dapat memberikan permukaan yang bagus untuk menangkap refleksi lanskap yang menarik. Lekukan dan warna atap dapat memberi aksen tersendiri pada refleksi dan menarik perhatian penonton.

Genangan air di tanah dapat berfungsi sebagai permukaan reflektif untuk menunjukkan sebagian dari lanskap yang Anda potret. Ingatlah bahwa terkadang lebih sedikit itu lebih indah. Anda mungkin tidak perlu menampilkan seluruh lanskap dalam refleksi. Cobalah berjalan-jalan di sekitar genangan air dan temukan sudut menarik yang menampilkan bagian paling menarik dari pemandangan untuk membuat bidikan.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita sering membawa permukaan reflektif bersama kita? Layar ponsel Anda sangat reflektif, dan dengan memegangnya di depan kamera, Anda dapat memiringkan layar untuk mendapatkan refleksi lanskap yang jelas.

Lain kali Anda mencoba mengambil foto lanskap dengan refleksi, ingatlah poin-poin yang dapat membantu Anda menghasilkan foto yang lebih menarik ini. Bereksperimenlah dengan panjang fokus dan pengaturan kamera yang berbeda sambil tetap memperhatikan sekeliling Anda untuk melihat apa lagi yang dapat Anda gunakan untuk refleksi.

 

Untuk artikel serupa, silakan kunjungi:
Lanskap yang Mengagumkan: Wawancara dengan Shirley Wung 
2 Kiat Fotografi Lanskap yang Langsung Mengubah Penampilan Gambar di Tempat Pemotretan
Lanskap Telephoto: Mengontraskan Keheningan dengan Keriuhan