LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Memaksimalkan Monitor Vari-angle Kamera Anda

2021-09-09

Membalik atau memiringkannya, layar LCD Vari-angle dirancang untuk membantu fotografer mengatasi keterbatasan tertentu dan mendapatkan fleksibilitas yang lebih baik dalam menyusun komposisi foto. Dalam artikel ini, kami menjelaskan di mana fitur ini berguna, dan menunjukkan contoh pemosisian layar dengan sudut atau posisi yang benar untuk setiap skenario fotografi.

 

Perspektif Frontal

Entah itu vlogging, mengambil selfie atau bahkan menggunakan kamera dengan Canon EOS Webcam Utility untuk panggilan konferensi online, Anda dapat memosisikan layar LCD Vari-angle untuk membantu Anda melihat apa yang Anda potret. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan kamera Canon dengan gerakan yang halus, detail yang tajam, dan resolusi output tinggi yang cocok bahkan dalam kondisi cahaya redup. Anda juga dapat memanfaatkan Eye Detection AF untuk menjaga mata dan wajah Anda tetap fokus setiap saat.

 

Perspektif sudut rendah


EOS RP, RF50mm f/1.8 STM, f/3.2, ISO 200, 1/40s, 50mm
oleh @donamtykl

Ketika berbicara tentang foto perspektif sudut rendah, seseorang biasanya harus memosisikan kamera di tanah. Untuk kamera tanpa layar LCD Vari-angle, mungkin sulit untuk melihat pemandangan yang Anda potret melalui layar tampilan atau jendela bidik. Namun, dengan layar LCD Vari-angle, yang perlu Anda lakukan hanyalah membaliknya dan memutarnya agar sejajar dengan tanah (lihat posisinya di bawah!). Dengan cara ini, Anda dapat melihat layar dengan lebih mudah hanya dengan melihat ke bawah ke arah kamera. Pada gambar kanan di bawah ini, kami menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat memotret secara vertikal dengan perspektif sudut rendah dengan membalik layar menghadap ke Anda. Ini hanya dapat dilakukan menggunakan kamera dengan layar flip-out. Anda dapat memiringkannya ke arah Anda untuk orientasi vertikal dibandingkan dengan kamera lain dengan layar yang hanya bisa dimiringkan ke atas yang hanya cocok untuk foto horizontal.

Anda dapat menggunakan perspektif sudut rendah ini untuk memotret pantulan dari genangan air di tanah, untuk subjek berukuran lebih kecil seperti anak anjing atau foto makro bunga liar, jejak cahaya kendaraan dan arsitektur di sekitarnya, atau bahkan foto OOTD yang dengan sudut dari bawah ke atas.

Lihat contoh-contoh ini:

EOS R6, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/5, ISO 800, 1/125s, 16mm
oleh @allenlo0809

Jika Anda tidak memotret bangunan dari tanah tetapi pada ketinggian di atas ketinggian mata Anda, Anda dapat menggunakan layar LCD Vari-angle (seperti yang digambarkan di bawah) untuk memiringkan layar ke ketinggian mata yang nyaman, sehingga Anda tidak perlu untuk menyiksa leher Anda terlalu banyak.

 

Perspektif Bawah Ke Atas

Menjelaskan perspektif bawah ke atas dalam istilah awam berarti berbaring di lantai dan melihat ke atas. Sudut pandang yang unik ini sering digunakan untuk memotret bangunan-bangunan yang tinggi (baik internal maupun eksternal) agar lebih menarik. Anda juga dapat menggunakannya untuk menangkap subjek yang memperlihatkan sisi yang lebih menarik jika dilihat dari bawah ke atas, seperti bagian bawah tudung jamur atau bagian bawah daun!

EOS 6D Mark II, EF16-35mm f/4L IS USM, f/16, ISO 400, 1/30s, 16mm 
oleh @lemjaylucas

Untuk ini, kamera biasanya ditempatkan rendah di dekat tanah (atau di tanah) dengan lensa yang mengarah ke langit. Ini membuat kamera tradisional tanpa layar LCD Vari-angle menjadi sangat terbatas karena tidak ada cara bagi fotografer untuk mengecek pemandangan yang diambil kecuali jika ia berbaring di tanah juga. Dengan layar LCD Vari-angle, Anda cukup membaliknya, memutar layar dan dapat langsung melihat apa yang Anda tangkap (lihat di bawah).

Tip: jika Anda menggunakan lensa sudut ultra lebar, cek layar untuk memastikan bahwa Anda tidak terpotret secara tidak sengaja!

 

Perspektif Atas Ke Bawah


EOS 6D Mark II, EF 50mm f/1.8 STM, f/5.6, ISO 100, 1/125s, 50mm
oleh @joyceleongstudio

Berlawanan dengan Bawah Ke Atas, Perspektif Atas Ke Bawah memosisikan lensa untuk menghadap ke lantai. Tentu saja, kamera akan dipasang pada tripod dan disesuaikan dengan ketinggian yang diinginkan. Perspektif ini digunakan untuk flatlay makanan, produk, atau bahkan fotografi mode/potret.

EOS R5, RF50mm f/1.8 STM, f/7.1, ISO 100, 1/250s, 50mm
oleh @keilo_photography

Manfaat layar LCD Vari-angle adalah Anda tidak perlu bersusah payah untuk melihat melalui jendela bidik guna melihat apa yang Anda potret. Ini juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan komposisi atau subjek/produk di dalam frame. Lihat posisi layar LCD Vari-angle pada contoh di bawah ini.

Jika tripod terlalu tinggi, Anda dapat memiringkan layar ke sudut yang nyaman untuk dilihat (gambar kanan).

 

Di Atas atau Di Bawah Penghalang

Katakanlah Anda mencoba menangkap apa yang terjadi di balik penghalang pada sebuah konser. Layar dapat dimiringkan ke bawah atau ke atas setinggi mata Anda untuk melihat apa yang Anda potret dan mengurangi layar silau. Ini dapat berguna dalam kasus seperti fotografi satwa liar, di mana Anda bersembunyi di balik struktur agar tidak menakut-nakuti hewan atau mengambil foto di atas langkan bangunan!

 

Di sekitar Tikungan

Bukan yang paling umum, tetapi jika Anda memotret melalui celah kecil atau mencoba menjangkau lebih jauh (atau dari sudut yang tidak dapat Anda jangkau secara langsung), Anda dapat memosisikan Vari-angle dengan cara ini (lihat di atas) untuk mengecek pemandangan sebelum memotret. Ini bisa dilakukan ketika Anda berada di langkan juga. Jika Anda memotret secara vertikal, gambar kanan menunjukkan bagaimana Anda bisa melakukannya! Catatan: jika Anda menjaga layar tetap horizontal, Anda perlu sedikit memiringkan kepala untuk melihat pemandangannya.

 

Skenario di atas hanyalah beberapa contoh yang mungkin Anda temui dan bagaimana layar LCD Vari-angle dapat membantu mengatasi keterbatasan ini. Anda mungkin mengalami hambatan unik yang tidak tercakup dalam artikel tentang sudut atau komposisi ekstrem ini, tetapi kami berharap artikel ini dapat menjadi referensi saat Anda menghadapi tantangan serupa.

Untuk artikel serupa, silakan kunjungi:

Bagaimana Cara Menggunakan Sudut Rendah dan Mode Makro untuk Ambilan Foto Miniatur

3 Tantangan Sederhana yang Menyiasati Peningkatan Keterampilan Fotografi Anda

3 Jenis Potret Anjing Dibidik dengan menggunakan Animal Detection AF