Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Mengambil Foto Orang-Orang: Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan Mode Program, Prioritas Rana Kamera, dan Prioritas Bukaan Kamera

2018-01-17

Mode Full Auto kamera memudahkan para fotografer pemula untuk memulai mengambil gambar.Walaupun hal ini mungkin bekerja ketika anda masih mencari cara dalam menggunakan kamera, tetapi akan membatasi anda di kemudian hari.Bila anda serius untuk meningkatkan kemampuan anda sebagai seorang fotografer, anda perlu memulai mempelajari mode-mode kamera lain – khususnya Mode Program, Prioritas Rana, Prioritas Bukaan, dan mode Prioritas-Fleksibel

Mode Program (P)

Satu hal yang anda harus ketahui mengenai mode Program adalah mode ini digunakan bahkan oleh para profesional dan fotografer wartawan.Tujuannya adalah untuk membuat keseimbangan terbaik antara bukaan rana kamera agar foto terpapar dengan baik serta memiliki kedalaman lapangan dan ketajaman yang cukup – memberikan fokus untuk menyusun bingkai dan menangkap “momen” tersebut.Kamera menentukan nilai paparan ketika melihat tempatnya, dimana bukaan dan kecepatan rana kamera akan diatur sesuai dengan itu. Ketika sebagian besar ISO kamera mulai dari 100, anda mungkin akan menemukan beberapa model yang bisa memulai ISO di bawah standar tersebut.Untuk memahami mode Program, anda pertama-tama harus mengerti mengenai ISO.

Mode Prioritas Rana (Tv)

Mode Prioritas Rana kamera atau yang biasa diketahui sebagai mode Nilai Waktu (Tv) memberikan anda kebebasan untuk menentukan kecepatan rana kamera yang dibutuhkan pada ambilan foto selagi kamera memperhitungkan bukaan kamera yang tepat. Mode Tv biasanya digunakan ketika diperlukan ketajaman dan gerakan yang cepat.

Untuk subyek yang bergerak, apakah itu laki-laki yang melompat atau anjing yang berlari – memerlukan kecepatan rana yang tinggi untuk memastikan tidak adanya gambaran gerakan yang kabur.

Di lain pihak, anda bisa menggunakan kecepatan rana yang lebih lambat untuk membawa maksud dari gerakan dengan menciptakan jejak gerakan yang kabur untuk mengekspresikan gerakan. Sebuah air terjun dengan gambaran gerak airnya yang lembut dan halus?Gantilah rana dibawah 0,25 detik dan ingat untuk membawa tripod agar ketajamannya terjaga pada benda-benda lain yang diam.Saat keadaan pencahayaan menjadi terlalu terang, gunakan filter Densitas Netral (ND) untuk mengurangi jumlah cahaya yang memasuki kamera.

Mode Prioritas Bukaan (Av)

Mode Nilai Bukaan (Av) ini menempatkan bukaan kamera sebagai prioritas anda, membuat anda bisa menentukan kedalaman-ruang (DOF) yang dibutuhkan pada foto anda sementara kamera memperhitungkan kecepatan rana.Hal ini akan membebaskan pikiran anda untuk menghitung kecepatan rana kamera yang dibutuhkan selagi anda memfokuskan diri mendapatkan foto  yang sempurna.

Ketika mengambil foto potret, anda bisa mengambil foto dengan bukaan kamera yang lebih lebar untuk DOF yang dangkal agar bisa menonjolkan subyek foto anda.Namun, ketika anda mengambil foto lanskap -- anda mungkin ingin mengambil foto dengan bukaan yang lebih sempit untuk menyediakan kedalaman ruang yang lebih jauh untuk menjaga benda-benda dalam fokus kamera bagi detil di latar belakang dan juga di depan.

Tetapi, catatlah bukaan maksimal lensa kamera anda dan keadaan cahaya ketika menggunakan mode Av karena kecepatan rana kamera bisa berada dibawah batas gengaman untuk foto yang tajam.Sesuaikan ISO secukupnya untuk menjaga kecepatan rana kamera yang nyaman bagi anda untuk mendapatkan foto yang tajam.

Mode Prioritas-Fleksibel (Fv)

Mode Nilai Fleksibel (Fv) ini dikenalkan pada sistem EOS R.Mode ini sangatlah fleksibel karena membuat anda bisa bertukar antara manual atau auto untuk semua penyesuaian paparan (kecepatan rana/bukaan/ISO) secara individual dan saat anda membutuhkannya hanya dengan mematikan tombol dan satu klik tombol tanpa mengangkat mata anda dari jendela bidik kamera.

Fleksibilitas ini memberikan anda kebebasan dalam membuat penyesuaian yang lebih baik dengan cepat karena membolehkan kombinasi antara auto dan manual untuk penyesuaian paparan yang cocok dengan situasi dimana anda mengambil foto saat itu.
 

Sekarang anda sudah mempelajari beberapa pengetahuan dasar dari setiap mode, sekaranglah waktunya bagi anda untuk mencobanya sendiri!

Ingin mempelajari lebih jauh lagi mengenai kecepatan rana kamera?Berikut ini adalah cara memilih kecepatan rana kamera yang tepat dalam mengambil foto pemandangan di malam hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Mode Program, klik di sini untuk Dasar Kamera #15: AE Program (Mode P)

Pelajari lebih banyak lagi mengenai mode Prioritas Rana dengan membaca Dasar Kamera #17: AE Prioritas-Rana (Mode TV)

Tertarik mengenai apa saja yang bisa diberikan oleh mode Prioritas Bukaan kamera?Bacalah Dasar Kamera # 16: AE Prioritas-Bukaan (Mode AV)

Unduh salinan infografis di sini.