Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Memotret Orang-orang: Kapan Menggunakan mode Program, Shutter Priority, dan Aperture Priority

2018-01-17

Mode Full Auto memudahkan para fotografer pemula untuk mulai memotret. Meskipun hal ini mungkin berhasil saat Anda masih mencari jalan pada kamera, hal ini akan membatasi Anda secara jangka panjang. Saat memotret potrait, situasi yang berbeda akan membutuhkan pengaturan yang sangat berbeda. Inilah alasan adanya Mode Program, Shutter Priority dan Aperture Priority.

Mode Full Auto sederhana, mudah dan memungkinkan Anda memotret potrait kapan saja. Namun, jika Anda serius dalam meningkatkan keterampilan Anda sebagai fotografer, Anda perlu mulai mengeksplorasi mode lainnya - terutama Mode Program, Shutter Priority dan Aperture Priority.

Mode Program

Mode Program (tombol P) secara otomatis mengatur apertur dan kecepatan rana dari kamera Anda, namun memungkinkan Anda untuk mengubah ISO - atau sensitivitasnya terhadap cahaya. Setelan ISO rendah seperti 100, akan mendapatkan foto yang jernih di lingkungan yang memiliki banyak cahaya. ISO lebih tinggi, seperti 3200 atau lebih, akan memungkinkan Anda untuk mengambil foto dalam cahaya rendah, namun sebagai gantinya akan mendapatkan lebih banyak 'noise/bintik' - menghasilkan gambar yang lebih kasar.

Mode ini merupakan langkah menarik dari Full Auto karena akan membiarkan Anda mulai bereksperimen dengan ISO untuk mendapatkan nuansa setelan yang lebih baik yang diperlukan pada kondisi pencahayaan yang berbeda. Untuk membantu pembelajaran, ada baiknya Anda bermain dengan ISO di malam hari atau di tempat dengan cahaya rendah seperti kantor yang gelap.

Jika melihat foto sebelah kiri, Anda akan melihat bahwa gambar tersebut tidak kasar berkat ISO rendah 100. Foto sebelah kanan, diambil dengan ISO 3200 yang lebih tinggi, lebih kasar.

(L) EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/4.0, 80mm, 0.5 sec, ISO 100
(R) EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/4.0, 80mm, 1/60 sec, ISO 3200

Mode Shutter Priority

Shutter Priority (tombol 'Tv') memungkinkan Anda mengedit ISO dan kecepatan rana. Hal ini akan membantu Anda memotret objek yang bergerak cepat dengan lebih jelas atau membuat objek terlihat buram, tergantung pada preferensi Anda.

Foto sebelah kiri diambil dengan kecepatan rana 1/5, menunjukkan motion blur ekstrim. Foto sebelah kanan diambil dengan kecepatan rana 1/60, berhasil menangkap gambar dengan lebih sedikit motion blur.

(L) EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/22.0, 35 mm, 1/15 sec, ISO 100
(R) EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/11.0, 35 mm, 1/125 sec, ISO 100

Ingin belajar lebih banyak tentang kecepatan rana? Inilah cara memilih kecepatan rana yang tepat untuk memotret pemandangan malam.

Mode Aperture Priority

Mode lainnya, Aperture Priority (tombol 'Av') memungkinkan Anda mengedit Apertur dan ISO. Perbedaan pertama yang akan Anda lihat saat bermain dengan setelan apertur adalah kedalaman ruang pada foto Anda. Bermain dengan apertur sangat berguna ketika Anda ingin memfokuskan perhatian pemirsa pada satu objek dan mengaburkan hal lainnya di latar belakang.

Seperti yang Anda lihat di bawah, foto sebelah kiri menampilkan apertur f/16, memotret sebagian besar latar belakang. Foto sebelah kanan diambil dengan apertur f/4.0 - memfokuskan foto pada gadis tersebut dan mengaburkan latar belakang. Ini sangat ideal di saat Anda ingin mengambil foto yang berfokus pada orang atau objek tertentu.

(L) EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/16, 45 mm, 1/13 sec, ISO 800
(R) EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/4.0, 45 mm, 1/25 sec, ISO 100

Sekarang Anda telah mempelajari beberapa pengetahuan dasar tentang mode apa yang akan digunakan saat memotret orang. Saatnya untuk mencobanya sendiri!

Apa yang ingin Anda pelajari selanjutnya? Sampaikan pada kami pada bagian komentar di bawah ini!

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!