Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

#SayYesTo Mata untuk Fotografi

2017-09-05

Untuk menjadi fotografer yang baik, tidaklah cukup dengan hanya mengetahui spesifikasi teknis dan pengaturan pada peralatan Anda. Mengembangkan kemampuan "mata untuk fotografi" yang sulit dipahami, kemampuan untuk membayangkan suatu hasil pemotretan yang bagus, adalah satu hal yang membedakan fotografer rata-rata dari fotografer yang luar biasa. Meskipun memerlukan kombinasi pengalaman dan keterampilan untuk memotret apa yang telah Anda bayangkan, berikut adalah 5 hal mendasar yang dapat membantu membuat fotografi Anda mencapai titik tertentu.

1) #SayYesTo Mengikuti Cahaya

EOS 800D, f/4, 24mm, 1/1000, ISO 1600.

stilah "fotografi", yang berasal dari bahasa Yunani, secara harfiah berarti melukis dengan cahaya. Yang menjadi fondasi fotografi bukan hanya cahaya, namun kontras yang diciptakan oleh kehadiran dan ketiadaan cahaya bisa menambahkan kedalaman, suasana dan penekanan pada gambar apa pun.

Selain pola dan bayangan menarik yang menambahkan kedalaman pada foto, satu hal yang menjadi favorit yang tak terucapkan bagi fotografer adalah cahaya hangat yang menyinari Bumi selama Waktu Emas (Golden Hour).Kira-kira satu jam setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam, cahaya matahari menembus atmosfer dengan sudut rendah yang jauh lebih detail ke setiap permukaan. Sudut rendah juga menciptakan bokeh yang mengilap dari cahaya yang memantul dari benda-benda yang berada di bagian belakang subjek jika Anda menggunakan diafragma besar! (Pelajari lebih lanjut tentang difragma)

2) #SayYesTo Melihat Pola

EOS 800D, f/4, 24mm, 1/320, ISO 200.

Pikiran kita cenderung membentuk pola dari hal-hal yang kita lihat. Dari ubin di dinding hingga bentuk berulang yang ditemukan di alam, pola dapat mengomunikasikan indra harmoni dan ritme, atau justru gangguan jika urutannya terganggu.

Cobalah memotret objek secara frontal untuk menekankan bentuk simetri atau zoom in dengan lensa makro untuk mengabadikan detail yang biasanya kita abaikan. Akurasi sangat penting di sini. Pastikan garisnya lurus atau sudut Anda tepat, hal ini akan membantu Anda untuk mengabadikan kesan aneh dari pola dalam objek sehari-hari.

3) #SayYesTo Penonjolan Warna

EOS 800D, f/4, 24mm, 1/2000, ISO 200.

Dari semua elemen visual dalam fotografi, warna adalah aspek yang paling penting namun sering kali diabaikan. Warna, atau kekurangan warna, menentukan kesan warna secara harfiah.. Apakah foto Anda hangat dan menarik, atau sejuk dan modern? Apakah warna-warna tersebut selaras, kontras, atau hanya berupa kombinasi yang janggal?

Keselarasan terbentuk saat warna-warna yang digunakan termasuk dalam kelompok yang sama, namun tidak terlalu mirip. Contohnya adalah cokelat, hijau dan biru, yang juga merupakan paduan yang sangat alami. Kontras, di sisi lain, terbentuk saat warna-warna yang saling bertolak belakang digunakan. Warna-warna kontras termasuk hijau dan merah, biru dan oranye, ungu dan kuning, dan spektrum di antaranya! Dalam kasus gambar di atas, kontras juga bisa ditemukan di antara minimnya warna dan ada warna yang menonjol.

Dengan cara membingkai gambar melalui warna yang tepat, Anda akan bisa menghilangkan komponen yang mengganggu untuk keseluruhan estetika.

4) #SayYesTo Perspektif Unik

EOS 800D, EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM, f/3.5, 18mm, 1/50, ISO 400.

Fotografer selalu mencari-cari tempat baru dan cara baru untuk menemukan perspektif berbeda di lokasi yang sama. Tantang diri Anda untuk melakukan pemotretan yang berbeda dari apa yang telah Anda lihat secara online sehingga Anda dapat mempresentasikan perspektif Anda.

Ini bisa dilakukan meski tanpa kamera. Tetap berpikiran terbuka terhadap berbagai peluang dan bayangkan sudut baru saat Anda menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini akan membantu melatih pemikiran Anda untuk melihat perspektif menarik saat peluang muncul!

5) #SayYesTo Perhatian terhadap Detail

EOS 800D, EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM, f/4, 24mm, 1/80, ISO 400.

Salah satu keuntungan yang jelas dari pemotretan dengan DSLR adalah detail yang bisa ditangkap. Dengan resolusi hingga 24,2 megapiksel, EOS 800D tidak hanya memotret dengan kualitas yang baik, namun juga menghadirkan rentang dinamis yang lebih tinggi sehingga Anda bisa melihat jelas detailnya. Manfaatkan ini untuk setiap pemotretan Anda dan soroti detailnya dengan mengisolasi tekstur yang menarik, jauh dari objek-objek yang tidak relevan.

Pada akhirnya, segalanya adalah tentang mengetahui apa yang harus disertakan dan apa yang tidak harus disertakan dalam bingkai foto Anda. Dengan kemampuan untuk memvisualisasikan pemotretan yang bagus, Anda sudah berada di tengah jalan menuju kemenangan! Setengah lainnya adalah tentang mengetahui bagaimana cara melakukan pemotretan melalui teknik dan pengaturan yang tepat..

Semua cuplikan (foto dan video) diabadikan dengan EOS 800D.


Receive the latest update on photography news, tips and tricks.

Be part of the SNAPSHOT Community.

Sign Up Now!