Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products In Focus: EOS R- Part 1

Pengalaman Membidik yang Imersif dengan EOS R Baru

EOS R with 54mm diameter mount and 12-pin contact

5th September, 2018 – Canon mengumumkan peluncuran EOS R, sebuah kamera digital mirrorless full-frame dengan lensa interchangeable, dilengkapi dengan mount RF sebagai bagian dari sistem EOS R.

Kualitas Gambar Unggul dan Ekspresi yang Kaya dengan Lensa RF

Dengan kombinasi lensa RF performa tinggi, sensor CMOS full-frame 35 mm dengan sekitar 30,3 juta piksel efektif1, dan prosesor gambar DIGIC 8 terbaru, EOS R memungkinkan pemotretan berkualitas tinggi yang sangat ekspresif. EOS R dilengkapi dengan Digital Lens Optimizer, yang mengoreksi faktor-faktor seperti difraksi dan aberasi lensa. Lensa RF secara otomatis mengirim data yang diperlukan untuk koreksi ke badan kamera, untuk memungkinkan koreksi tanpa perlu memasukkan data lensa ke kamera melalui PC terlebih dahulu. EOS R melakukan koreksi tanpa memengaruhi kecepatan pemotretan bersambungan2 dengan prosesor gambar DIGIC 8.

Mencapai kisaran sensitivitas ISO standar 100–40000, EOS R memungkinkan pemotretan dengan kualitas gambar tinggi bahkan dalam suasana rendah cahaya seperti di dalam ruangan dan di malam hari. Ketika menggunakan AF/AE (Fokus otomatis dan Eksposur otomatis) secara bersamaan, kamera mencapai kecepatan pemotretan kontinu sekitar 5 fps, dan sekitar 8 fps dengan AF/AE terkunci3. Dengan menggunakan satu dari empat adaptor mount khusus, EOS R juga fleksibel untuk menggunakan lensa EF dan EF-S yang ada, sebagai tambahan dari lensa RF yang baru dikembangkan.

EOS R mencapai stabilisasi gambar yang setara dengan maksimum lima stop kecepatan rana5 untuk pemotretan gambar diam dengan Dual Sensing IS6, yang mendeteksi guncangan kamera dengan akurasi tinggi. Dengan memperoleh informasi gambar dari sensor gambar dan sensor gyro lensa7, kamera dapat secara akurat mendeteksi getaran frekuensi rendah yang tidak dapat dideteksi oleh sensor gyro sendiri, untuk membuat koreksi yang optimal melalui peningkatan dalam algoritma deteksi guncangan.

Dual Pixel CMOS AF untuk berbagai suasana pemotretan

Melalui Dual Pixel CMOS AF, dimana setiap piksel efektif pada sensor CMOS melakukan fokus otomatis perbedaan fase dan fungsi pencitraan sekaligus, serta dengan optimalisasi kontrol drive lensa RF, EOS R mencapai kecepatan fokus hingga sekitar 0,05 detik8. Dengan lensa yang kompatibel, kamera dapat mencapai area fokus yang diperluas9 yaitu sekitar 100% (vertikal) x 88% (secara horizontal). Terlebih lagi, ketika memilih titik AF menggunakan keypad direksional, pengguna dapat memilih di antara 5.655 titik10, memberikan kebebasan yang lebih besar dalam komposisi gambar.

EOS R mencapai batas fokus pencahayaan rendah yang pertama dari seri EOS, yaitu hingga EV-611 pada titik fokus pusat, memberikan fokus yang tepat bahkan dalam suasana gelap dimana mata manusia sulit untuk mengenali subjek. Terlepas dari pemantauan subjek fotografi, kamera mengumpulkan informasi jarak untuk area sekitarnya secara real time dan menggunakan informasi yang dihasilkan untuk meningkatkan performa pelacakan. Terlebih lagi, EOS R memiliki fitur Eye Detection AF12, yang dapat mendeteksi dan memfokuskan pada pupil mata subjek. Fungsi ini ideal untuk pemotretan orang, yang menuntut pemfokusan yang tepat.

The night sky shot on EOS R with EV-6

Kenyamanan dan Kemudahan Pengoperasian Melalui Jendela Bidik

EOS R memiliki jendela bidik elektronik (EVF) built-in resolusi tinggi dengan cakupan sekitar 100% pada panel OLED dengan sekitar 3,69 juta titik. Kamera dilengkapi dengan bilah multi-fungsi di bagian belakangnya, merupakan yang pertama dari seri EOS, memungkinkan pengoperasian ketuk dan geser untuk penyesuaian pengaturan tanpa suara. EVF memungkinkan pengguna untuk mengonfirmasi efek dari pengaturan yang mereka pilih, dan ketika dikombinasikan dengan bilah multifungsi, tombol putar sub-elektronik di bagian atas, serta cincin kontrol pada lensa RF, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan secara efektif saat memotret tanpa harus mengalihkan pandangan dari subjek.

Intuitive high-resolution EVF on the EOS R

EOS R adalah kamera Canon pertama yang memiliki fitur mode eksposur FV (AE fleksibel), dimana pengaturan eksposur seperti kecepatan rana, apertur dan sensitivitas ISO dapat diubah antara AUTO dan pengaturan langsung dalam satu mode. Dengan mode FV, pengguna dapat dengan bebas mengubah pengaturan eksposur sambil melihat melalui jendela bidik, tanpa harus mengubah mode eksposur secara tradisional melalui tombol putar mode atau layar LCD kamera.

Fungsi video untuk perekaman berkualitas profesional

EOS R menyediakan perekaman video 4K (3840 x 2160 piksel) dan fungsi capture frame 4K, mengambil frame yang dipilih dari rekaman video 4K dan menyimpannya sebagai gambar diam. Kamera ini mendukung log gamma Canon Log milik Canon, yang telah terbukti hasilnya pada peralatan produksi video Cinema EOS System. Video yang direkam dengan Canon Log memberikan tingkat kebebasan yang maksimal dalam pemrosesan paska produksi serta color grading, ekspresi video yang kaya dapat dicapai melalui detail halus pada bagian highlight dan shadow.

EOS R mampu menampilkan video 4K pada perangkat eksternal melalui terminal HDMI. Saat menggunakan Canon Log, kamera dapat menghasilkan video dengan gradasi yang kaya (output 10-bit) dan gamut warna yang luas (standar siaran masa depan, ITU-R BT.2020).

Ketika dipasangkan dengan lensa yang kompatibel13, EOS R memanfaatkan Combination IS, yang menggabungkan stabilisasi elektronik 5 sumbu internal dari kamera dan stabilisasi optik dari lensa untuk menghasilkan video dengan guncangan minimal bahkan ketika memotret dalam posisi tidak stabil atau saat berjalan.

Aplikasi paten dari Canon untuk ekspresi fotografi yang kaya

Perangkat lunak untuk gambar RAW, Digital Photo Professional14 dari Canon dapat menampilkan gambar diam menggunakan PQ (Perceptual Quantization)15, format HDR dengan sasaran produksi dan distribusi film. Perangkat lunak ini memungkinkan editing dan display16 gambar berkualitas tinggi dengan rentang dinamis (kontras antara nilai terang dan gelap dari suatu gambar) yang lebar.

Komunikasi antara solusi input dan output milik Canon telah ditingkatkan. Dengan Professional Print Layout17, gambar berkualitas tinggi yang dibuat menggunakan Digital Photo Professional dapat dicetak dengan tetap menjaga kualitasnya, seperti misalnya gradasinya. Dengan menggunakan fungsi cetak HDR, area highlight dari gambar dapat direproduksi lebih lanjut. Terlebih lagi, dengan fungsi Exhibition Lighting Optimization (Pengoptimalan Pencahayaan untuk Pameran), hasil cetakan dapat dibuat sedemikian rupa agar mencapai rentang dinamis yang luas saat digabungkan dengan cahaya terang.

Dengan DPRAW Print, cetakan dengan kualitas lebih tinggi yang memiliki kedalaman ruang lebih kuat dapat dihasilkan dengan memanfaatkan informasi kedalaman subjek dalam file Dual Pixel RAW.

1 Jumlah piksel aktual: sekitar 31,7 juta piksel

2 Akan terjadi pengurangan kecepatan pada pemotretan kontinu saat menggunakan pengaturan pemotretan kontinu kecepatan tinggi.

3 Tergantung pada pengaturan dan kondisi pemotretan, mungkin dapat terjadi pengurangan kecepatan pada pemotretan kontinu.

4 Tidak termasuk lensa EF-M dan lensa Cinema CN-E EF.

5 Berdasarkan standar CIPA.

6 Untuk memotret gambar diam. Hanya kompatibel dengan RF24-105mm F4 L IS USM dan RF35mm F1.8 MACRO IS STM

7 Sensor kecepatan sudut. Mendeteksi derajat perubahan sudut objek pada waktu tertentu melalui jenis sensor inersia yang mengukur kecepatan sudut rotasi.

8 Dihitung dari hasil pengukuran waktu AF, berdasarkan pedoman CIPA (dapat berbeda tergantung pada kondisi pemotretan dan lensa yang digunakan). Diukur menggunakan metode internal. Kondisi pengukuran; Kecerahan fokus: EV12 (suhu rata-rata / ISO 100), Mode Pemotretan: M, menggunakan RF24-105mm F4 L IS USM (pada panjang fokus 24 mm) dengan pengaturan berikut: rana dilepas menggunakan tombol rana, AF satu titik (pusat), AF satu bidikan.

9 Lensa yang kompatibel: Lensa RF, lensa EF yang sudah ada (tidak termasuk lensa EF200mm f/2.8L II USM, EF75-300mm f/4-5.6 III, EF8-15mm f/4L Fish Eye USM, MP-E65mm f/2.8 1-5x Macro Photo, lensa EF-M, lensa EF-S). Data per 5 September 2018. Ketika dilengkapi dengan lensa yang tidak kompatibel, area fokus adalah sekitar 80% (vertikal) x 80% (horizontal).

10 Saat memilih titik menggunakan keypad direksional. Ketika area AF dipilih secara otomatis, area fokus dibagi menjadi maksimum 143 bagian.

11 Menggunakan RF50mm F1.2 L USM untuk pemotretan gambar diam pada suhu rata-rata dengan pengaturan berikut: f/1.2, ISO 100, AF satu bidikan, AF satu titik (pusat).

12 Dapat digunakan dengan AF Satu Bidikan dan AF Prioritas Pelacakan Wajah.

13 Lensa yang kompatibel adalah RF24-105mm F4 L IS USM dan RF35mm F1.8 MACRO IS STM.

14 Tersedia untuk diunduh mulai akhir Oktober.

15 PQ (Perceptual Quantization) adalah kurva gamma baru yang didasarkan pada karakteristik penglihatan manusia. Berdasarkan standar HDR internasional ITU-R BT.2100 dan SMPTE ST 2084.

16 Tampilan gambar HDR membutuhkan monitor dengan sertifikasi Ultra-HD dan OS yang kompatibel (Windows 10 64bit). Gambar akan ditampilkan melalui konversi SDR pada monitor SDR atau pada sistem operasi yang tidak kompatibel.

17 Tersedia untuk diunduh mulai awal Desember.

Aksesori Opsional

Battery grip for EOS R

Grip baterai BG-E22

 
EOS R charging with battery grip

          BG-E22 dan PD-E1 dengan EOS R

 

Grip baterai BG-E22, aksesori opsional untuk EOS R; menawarkan genggaman yang lebih nyaman saat digunakan untuk memotret secara vertikal. Pegangannya mendukung dua baterai1 (LP-E6N atau LP-E6), untuk kapasitas pemotretan yang lebih lama. Desain grip ini adalah yang pertama pada kamera EOS yang memungkinkan pengisian daya langsung melalui adaptor USB PD-E12, yang disertakan bersama grip baterai—dapat mengisi maksimal dua baterai LP-E6N3 .

1 Dijual terpisah.

2 Adaptor USB PD-E1 juga akan dijual secara terpisah mulai akhir Februari 2019.

3 Tidak mendukung pengisian daya untuk baterai LP-E6.

 


Receive the latest update on photography news, tips and tricks.

Be part of the SNAPSHOT Community.

Sign Up Now!