Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Hal yang Boleh dan Dilarang Untuk Dilakukan dalam Fotografi Makanan untuk Instagram

Fotografi makanan lebih dari sekedar mengarahkan kamera ke makanan Anda lalu memotretnya. Dengan Tahun Baru Cina yang sudah dekat dan acara pesta berlimpah, inilah waktu terbaik untuk mempelajari bagaimana cara mengambil fotografi makanan Anda. Berikut adalah apa yang harus Anda lakukan dan hindari untuk mengisi umpan Instagram Anda dengan berbagai foto makanan yang menggiurkan.

Pilihlah sudut terbaik untuk makanan Anda.

Lensa EOS R, RF24-105mm f/4L IS USM, f/7.1, 70mm, 1/13det, ISO100

Pastikan foto makanan Anda lebih menarik dari foto makanan lainnya di Instagram dengan memotret hidangan Anda dari sudut yang berbeda. Ketika memikirkan tentang sudut memotret, carilah petunjuk dari cara hidangan tersebut disajikan.Jika hidangan disajikan secara vertikal, potret secara langsung untuk mendapatkan kedalaman dalam foto Anda.Dalam contoh ini, surat cinta disusun untuk menambahkan ketinggian pada hidangan.Jika hidangan disajikan secara datar, memotret dari atas menjadi pilihan yang lebih baik untuk memamerkan hidangan tersebut.

Tip: Jika Anda penggemar memotret secara datar atau lebih suka memotret langsung ke bawah, sudut membantu menciptakan gaya khas umpan Instagram Anda.

Pelajari bagaimana cara memotret makanan dengan perbedaan di 3 Teknik Komposisi dan Gaya untuk Fotografi Makanan.

 

JANGAN MEMOTRET hanya dari sudut yang biasa

Hanya karena pengambilan gambar dari atas sangatlah terkenal bukan berarti teknik ini dapat diterapkan untuk seluruh hidangan. Bahkan sudut tipikal 45-derajat mungkin tidak dapat memotret hidangan Anda dengan sempurna. Turun ke tingkat hidangan dan potret dari sana atau coba memotret dari dekat. Cobalah dan jangan takut untuk bergerak meskipun ini berarti berdiri di atas bangku untuk mengambil sudut terbaik hidangan Anda.

 

CARILAH cahaya alami siang hari.

Lensa EOS R, RF24-105mm f/4L IS USM, f/4, 83mm, 1/400det, ISO400

Selalu memotret dalam cahaya alami siang hari untuk foto makanan yang menggugah selera. Jika Anda berada di rumah, atur pemotretan Anda di luar ruangan, tempat cahaya dapat masuk. Jika Anda pergi ke restoran, pesan atau temukan tempat duduk di sebelah jendela yang besar dan terang. Sinari makanan Anda dari satu sisi atau sedikit dari sisi belakang untuk menunjukkan tekstur dan kontras makanan tersebut. Dalam contoh ini, penggunaan piring putih polos juga dapat menolong bahan makanan yang berwarna-warni untuk terlihat mencolok.

Tip: Tambahkan elemen gerakan atau manusia untuk membantu membuat narasi yang lebih baik untuk hidangan Anda.Untuk menangkap momen saus plum dituangkan ke atas yusheng, kami menggunakan mode pengambilan gambar berkelanjutan dengan kecepatan tinggi dari EOS R dan mengatur kecepatan rana menjadi 1/400 detik.

Temukan cara menceritakan kisah yang memikat dengan pemotretan makanan Anda di 3 Cara Meningkatkan Fotografi Makanan Anda dengan Canon EOS R.

JANGAN GUNAKAN Flash atau cahaya buatan dengan tidak tepat

Menggunakan flash dengan tepat dapat mencegah foto makanan Anda terlihat datar dan tidah menggiurkan atau lebih buruk lagi terlihat berlebihan. Jika Anda berada di sudut sebuah restoran, arahkan flash milik Anda yang dapat dipindahkan di satu sudut sehingga cahaya memantul ke dinding untuk efek cahaya latar. Memotret foto pada malam hari bukanlah sebuah masalah jika Anda menggunakan flash dengan tepat.Posisikan flash milik Anda yang dapat dipindahkan ke luar jendela dan arahkan ke dalam ruangan. Karena flash merupakan sumber cahaya kecil yang dapat menjadi kasar, gunakan flash diffuser untuk menyebarkan cahaya sehingga menghasilkan efek cahaya siang hari yang lembut dan alami.

PILIH titik fokus terbaik

Lensa EOS R, RF24-105mm f/4L IS USM, f/4, 65mm, 1/320det, ISO400

Ketika harus memilih titik fokus fotografi makanan Anda, maka Anda ingin menyorot bagian paling lezat dari hidangan tersebut. Dengan hingga 5,655 titik AF yang dapat dipilih, EOS R memungkinkan kita untuk fokus pada bagian kotak dari bakkwa sehingga dapat membuat foto tersebut menjadi lebih kuat. Perhatikan bahwa latar belakangnya buram; hal ini akan menarik perhatian ke bakkwa dan membiarkan latar belakang dan latar depan berfungsi sebagai ruang pasif untuk membingkai subjek utama.

Tip: Hindari pola atau dekorasi berlebihan di latar belakang sehingga Anda tidak akan mengalihkan perhatian utama dari foto tersebut, seperti hidangan.


JANGAN SALAH fokus

Pastikan Anda menggunakan titik fokus Anda dengan benar. Gunakan fokus manual jika titik AF tidak membantu Anda menemukan fokus yang benar. Dalam gambar ini, mata ingin fokus pada bakkwa namun malah beralih ke jeruk yang ada di latar belakang. Hal ini akan membuat Anda memperhatikan seluruh tempat dan menghasilkan foto yang frustrasi dan tidak selaras. Tip: Jika Anda memotret foto dari atas ke bawah, jauhi lubang yang lebih tinggi untuk menghindari foto yang buram.

 

Untuk inspirasi lebih lanjut tentang fotografi makanan, silakan baca:

5 Cara untuk Meningkatkan Permainan #Foodstagram Anda

Mengambil Foto Makanan Dramatis dengan Gaya Chiaroscuro

Kulit Popiah Buatan Tangan: Dua Keluarga. Dua Negara. Satu Warisan Bersama.

 

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!