Produk

EOS 77D: Mencermati 7 Fitur Utama Desain Eksternal

EOS 77D memang dikembangkan dengan mempertimbangkan para antusias fotografi, tetapi dengan dilengkapi sejumlah fitur seperti monitor LCD vari-angle, panel LCD atas dan Quick Control Dial. Kemampuannya yang mampu mengimbangi model kamera yang lebih canggih, layak dibanggakan. Dalam artikel ini, kita akan mencermati 7 fitur EOS 77D, seperti kontrol eksterior dan operasionalnya. (Dilaporkan oleh: Noboru Sonehara)

EOS 77D

 

1. Desain

Desain yang elegan, memperlihatkan garis-garis ramping menghubungkan lekukan nan halus dari tiap bagian kamera, yang merupakan penampilan khas untuk semua kamera EOS Canon. Setelah menyiapkan kamera, Anda tidak akan melupakan kenyamanan yang dirasakan saat digenggam dalam telapak tangan Anda.

Terlebih lagi, karena EOS 77D direncanakan sebagai DSLR yang ringkas dan ringan, Canon telah menyiasati dengan berbagai cara untuk mengurangi ukuran kamera, misalnya, dengan mengubah bentuk dan spesifikasi komponen yang digunakan di area viewfinder, serta pengaturan tombolnya.

 

EOS 77D

Depan

EOS 77D

Belakang

 
EOS 77D

Kiri

EOS 77D

Kanan

 

EOS 77D

Atas

 

Dimensi EOS 77D, 131mm x 99,9mm x 76,2mm (P x T x K), dan bobotnya 493g (hanya bodi). Kamera ini juga memiliki pegangan yang didesain untuk digenggam secara nyaman, berapa pun ukuran tangan Anda.

Pegangan EOS 77D

 

2. Tombol

Satu fitur EOS 77D yang hebat yaitu monitor LCD-nya, yang digunakan untuk menampilkan pengaturan kamera saat ini, misalnya, pencahayaan dan kecepatan ISO. Banyak DSLR canggih dari Canon yang dilengkapi dengan panel LCD, dan EOS 77D yang memang dilengkapi dengan fitur ini, dengan sendirinya menyatakan keunggulan pengoperasian untuk kamera ini.

Panel kanan atas dan kontrol EOS 77D
Panel LCD atas EOS 77D
 

Selain itu, penempatan tombol, seperti tombol pemilihan area AF, tombol pengaturan kecepatan ISO, dan tombol panel LCD yang bersinar di depan panel LCD, pasti tidak asing lagi bagi para pengguna kamera EOS yang lebih canggih. Main Dial bisa ditemukan di belakang tombol rana.

 

Panel LCD di sudut kanan atas kamera, sedangkan Mode Dial di kiri atas.

Mode dial EOS 77D

 

Tombol di bagian belakang, terutama dikelompokkan pada sisi kanan monitor LCD, yang mengadopsi desain vari-angle supaya pengoperasiannya menjadi sangat mudah, hanya dengan tangan kanan bilamana memungkinkan.

Bagian belakang EOS 77D

Kontrol lainnya yang patut dicatat yaitu, Quick Control Dial, yang merupakan fitur hebat lainnya dari kamera ini. Quick Control Dial merupakan kenop yang sangat nyaman, bisa digunakan dalam manual exposure (M) bersama dengan Main Dial untuk menetapkan nilai aperture dan kecepatan rana, serta bisa dengan mudah menetapkan kompensasi pencahayaan yang diinginkan.

Lebih jauh lagi, EOS 77D dilengkapi tombol AF-ON di sudut kanan atas, di sisi belakangnya. Dengan tombol ini, Anda bisa mengoperasikan AF secara leluasa, terpisah dari fungsi lainnya, seperti kecepatan rana, aperture, dan kecepatan ISO, dan sangat bermanfaat untuk pengoperasian back-button autofocus (fokus otomatis tombol belakang).

 

3. Viewfinder

Viewfinder optik, yang katanya menjadi sorotan kamera DSLR, memiliki pembesaran 0,82x dan cakupan 95%, serta menggunakan desain lima cermin.

Viewfinder EOS 77D

Sensor display-off (sensor mata) dipasang di atas viewfinder supaya monitor LCD dimatikan apabila wajah Anda terlalu dekat ke eyepiece. Diperkirakan, bahwa fitur ini akan mendorong penggunanya untuk memanfaatkan pemotretan viewfinder semaksimal mungkin, karena banyak keuntungannya, seperti menghemat daya dan mencegah pengoperasian monitor layar sentuh yang tidak disengaja.

 

4. Monitor LCD

Monitor LCD tipe 3 inci di bagian belakang, dengan lebar kira-kira 1,04 juta titik. Desain vari-angle memudahkan untuk membidik dari sudut yang Anda inginkan, entah itu dari sudut tinggi di atas level kepala, atau dari sudut rendah yang dekat ke tanah.

Monitor LCD vari-angle EOS 77D

Selain itu, karena menggunakan layar sentuh, Anda bisa memilih titik fokus yang diinginkan, hanya dengan menyentuh subjeknya di layar, dan juga mengaktifkan pelepasan rana otomatis saat kamera dalam fokus, sewaktu membidik foto.

 

Pada layar pemotretan, pengaturan kamera, seperti kecepatan rana, nilai aperture, kecepatan ISO, pencahayaan dan kualitas gambar, bisa dilihat secara sekilas. Karena spesifikasinya memang sama seperti kamera seri EOS lainnya, para pengguna yang sudah akrab dengan model tersebut, bisa secara nyaman mengecek informasi yang mereka perlukan.

Layar Quick Control EOS 77D

 

Layar Quick Control yang sudah akrab dengan penggunanya, juga dipertahankan. Anda bisa mengaksesnya dengan menekan tombol Quick Control, dan secara cepat mengubah pengaturan yang Anda inginkan.

Layar Quick Control EOS 77D

 

Level elektronik pun sudah disertakan, selain tampilan kisi-kisi. Fitur yang sederhana namun bermanfaat.

Electronic level (timbangan datar elektronik) EOS 77D

 

Apabila Anda memilih "Guided" (Terpandu) untuk menu layar pemotretan, sejumlah istilah sederhana yang dimaksudkan bagi para pemula, seperti "Blurred" (Diburamkan) dan "Sharp" (Tajam), akan digunakan dalam tampilan, alih-alih istilah yang lebih khusus.

Layar pemilihan mode Guided EOS 77D
EOS 77D dalam mode Guided

 

5. Terminal

Terminal bisa ditemukan pada 2 lokasi di samping kiri bodi kamera.

Terminal EOS 77D

 

Di bawah tutupan pertama, terdapat terminal remote control di atas, dan terminal input mikrofon eksternal di bagian bawah. Terminal remote control bisa digunakan dengan RS-60E3 Remote Switch (dijual terpisah), sedangkan terminal input mikrofon eksternal mendukung steker mini-stereo 3,5mm.

Terminal remote control dan mikrofon eksternal EOS 77D

 

Di bawah tutupan kedua, terdapat terminal Digital pada bagian atas dan terminal output HDMI mini (Tipe C) di bagian bawah. Terminal Digital mendukung kabel antarmuka yang disertakan dengan kamera.

Terminal HDMI dan Digital EOS 77D

 

6. Slot media perekaman

EOS 77D dilengkapi dengan slot kartu SD di samping kanan bodi kamera, yang mendukung kartu memori SD/SDHC/SDXC (kartu memori SDHC dan kartu memori SDXC, kompatibel dengan UHS-I).

Slot media perekaman EOS 77D

 

7. Baterai

Wadah baterai ada di bagian bawah bodi kamera.

Wadah baterai EOS 77D

Kamera menggunakan satu pak baterai LP-E17, dan pengisi baterai LE-E17. Jumlah bidikan yang bisa diambil dengan menggunakan baterai terisi penuh (masa pakai baterai), berdasarkan standar CIPA, kira-kira 600 bidikan pada suhu ruangan (23°C) atau 550 bidikan pada suhu ruangan (0°C) apabila menggunakan viewfinder, dan kira-kira 270 bidikan pada suhu ruangan, atau 230 bidikan pada suhu rendah dalam fotografi Live View.

 

Pak baterai dan pengisi baterai EOS 77D

Model level pemula EOS, semula didesain dengan sistem operasi yang sederhana untuk memudahkan pengguna pemula mengoperasikannya. Namun, kamera yang ringan dan ringkas ini, langsung menarik banyak pengguna dari tingkat yang terampil dan pengguna tingkat lanjut yang mahir, yang akan menggunakan kamera tersebut sebagai kamera kedua (atau bahkan, sebagai kamera utama pada sebagian kasus). Meskipun demikian, bagi sebagian pengguna, operabilitas kamera tersebut tidak memuaskan. Sebagai peningkatan dari model level pemula, EOS 77D menanggapi permintaan tersebut, dan kamera ini dilengkapi dengan panel LCD dan Quick Control Dial.

 

Contohnya, bidikan gambar dengan EOS 77D, bacalah:
Ulasan EOS 77D dengan Gambar Contoh

Atau, klik di sini untuk membaca tentang 3 Fitur Keren EOS 77D.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Noboru Sonehara

Setelah lulus dari Shinshu University, ia bekerja di perusahaan produksi video, kemudian menjadi fotografer independen. Ia pindah ke Kanto pada tahun 2010, memfokuskan pada fotografi untuk berbagai majalah serta menulis untuk majalah kamera, dan lain sebagainya.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.