Produk

Ulasan EOS 80D Lens Pairing: EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM

EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM, adalah lensa zoom yang memungkinkan Anda menikmati fotografi telefoto sepenuhnya dengan harga yang terjangkau. Inilah satu-satunya lensa yang saya akan rekomendasikan jika masalah utama Anda adalah keleluasaan bergerak, dan Anda sedang mencari lensa zoom telefoto. Baca terus ulasan saya mengenai lensa dengan EOS 80D. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

 


Manfaat Utama

- Dengan bobot sekitar 375g, ini adalah lensa zoom telefoto yang ringkas dan ringan, dan mudah ditangani
- Juga bagus untuk fotografi makro, dengan jarak minimum pemfokusan 0,85 m


 

250mm

EOS 80D/ EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 250mm (setara 400mm)/ Aperture-Priority AE (f/5.6, 1/400det, EV-1)/ ISO 100/WB: Auto
Walaupun ini bukan lensa cerah, namun lensa ini tajam dari aperture maksimum. Selain itu, juga tidak terdapat aberasi kromatik pada pinggiran gelas. Satu hal yang membuat lensa ini begitu spesial yaitu, STM melaksanakan pemfokusan yang nyaris senyap, dan berarti Anda tidak perlu memilih-milih pemandangan untuk menggunakan lensa ini.

 

84mm

EOS 80D/ EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 84mm (setara 134,4mm)/ Aperture-Priority AE (f/5, 1/2.000det, EV-1)/ ISO 100/WB: Auto
Kisaran sudut lebar berguna apabila Anda ingin cukup dekat ke subjek yang agak jauh. Apabila membidik pada aperture maksimum, bokeh yang bersangkutan dapat diperoleh dengan subjek yang sepenuhnya terisolasi dari latar belakang. Dengan daya ekspresi yang kaya, dan harganya yang mengecohkan, lensa ini sungguh merupakan lensa yang bagus dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Lensa zoom telefoto yang ringan, memang layak membanggakan keleluasaan daya gerak yang luar biasa

Dilengkapi dengan STM tipe lead-screw (poros antar), EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM adalah lensa zoom telefoto yang selayaknya membanggakan daya gunanya yang istimewa. Sistem pemfokusan belakang digunakan dalam desain optiknya, yang memungkinkannya mencapai jarak pemotretan minimum 85cm. Lensa ini mudah ditangani, bahkan di dalam ruangan yang biasanya Anda sulit membidik pada jarak pemotretan yang lebih jauh. Sekarang, Anda dapat menangkap ekspresi orang dan hewan piaraan secara alami. Dengan daya tanggapnya yang istimewa, STM dapat juga memfokus secara tajam pada kecepatan tinggi dari bokeh besar, membuatnya juga sangat bagus untuk melakukan perubahan langsung dalam komposisi. Bagaimanapun, meskipun orang cenderung hanya membicarakan tentang kecerahan f-number dan panjang kisaran fokus apabila menyangkut performa lensa, saya akan merekomendasikan lensa ini jika keleluasaan daya gerak adalah masalah utama yang Anda risaukan ketika mencari lensa zoom telefoto.

Dengan kisaran panjang fokus setara 88 - 400mm, Anda dapat asyik bermain dengan efek lensa ultra telefoto pada ujung telefoto. Tidak perlu dijelaskan lagi, betapa bergunanya lensa yang hanya berbobot 375g, meskipun memiliki rasio zoom yang begitu besar.

Kualitas gambar di seluruh kisaran zoom juga dipertahankan pada level tinggi, sehingga Anda dapat menciptakan efek bokeh besar yang melampaui harapan apabila Anda mendekati subjek dengan ujung telefoto. Pemfokusan manual yang menggunakan cincin fokus elektronik, juga mudah dan Anda dapat mengoperasikan dengan sentuhan jari. Penstabil gambar memberikan hingga 3,5 stop senilai koreksi goyangan, sehingga Anda dapat mengambil bidikan genggam, bahkan dengan kecepatan rana yang mendekati 1/30 - 1/40 detik pada ujung telefoto.

Saran: Menekan goyangan kamera dengan [ Minimum shutter speed – Auto ]

Walaupun goyangan kamera dapat dikompensasi dengan penstabil gambar, kecepatan rana yang pesat diperlukan untuk menekan goyangan subjek. Apabila menggunakan Program AE atau mode Aperture-priority AE, pilih [Auto] dari menu [Min. shutter spd.] di bawah [ISO speed settings], lalu tetapkan kecepatan ke “Faster” untuk mengubah jalur program, dan membuatnya lebih kuat terhadap goyangan subjek.

 


EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM
(setara 88 - 400 mm apabila dipasang dengan EOS 80D)

 

Konfigurasi Lensa: 12 kelompok 15 elemen
Jarak pemotretan minimum: 0,85m
Faktor pemotretan maksimum: 0,29X
Rasio filter: φ58mm
Diameter x panjang maksimum: Kira-kira φ70×111,2mm
Bobot: Kira-kira 375g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Diagram konfigurasi lensa

A: Lensa UD
B: Unit penstabilan gambar

 


Tudung lensa:  ET-63 (dijual terpisah)

 


 

 

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

You have been logged off from your account.

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Thank you for your continued support as a member of the CANON and SNAPSHOT Community. We will do our best to continue provide you with more exciting and meaningful content to help you in your everyday quest to bring out the best photographer within you!

Permission to continue

Your CANON ID will be MERGED with your SNAPSHOT ID.

An activation link will be sent to your email.

Please re-enter your password to give us permission to continue.

Type your password

By clicking this, you agree to merge your CANON ID to SNAPSHOT ID. Agreeing to this is subject to CANON AND SNAPSHOT’S TERMS & CONDITIONS.