Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

EOS 90D: Menangkap gerakan Laga secara Real-time dengan 32,5MP Detail

Pada tanggal 28 Agustus 2019, Canon mengumumkan kamera DSLR baru, EOS 90D, sebagai penerus dari EOS 80D (Versi Inggris). Kamera ini diperlengkapi dengan sensor CMOS format APS-C yang dibekali 32,5 megapiksel efektif yang layak dibanggakan, sensor gambar DIGIC 8 termutakhir, dan sejumlah spesifikasi yang sudah lebih baik, termasuk kecepatan pemotretan beruntun, kecepatan ISO, dan kemampuan AF.

EOS 90D hero

 

DSLR yang Anda inginkan untuk mengabadikan aksi laga


Untuk menangkap aksi laga, Anda perlu kamera yang tidak saja cepat, tetapi juga memungkinkan Anda untuk cepat bereaksi. Akan membantu kalau memiliki:

- Viewfinder tanpa jeda untuk memastikan bahwa Anda tidak meluputkan penglihatan atas momen yang penting
- Kecepatan rana cepat untuk membekukan aksi laga yang berlangsung sekejap
- Kecepatan pemotretan beruntun untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan bidikan bagus dari subjek yang bergerak
- Fokus otomatis (AF) yang pesat, akurat untuk secepatnya mendapatkan fokus pada subjek Anda
- Kendali secara naluri dan mudah diakses yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan secara cepat saat Anda harus mengendalikan momen yang berlangsung.

Meskipun kamera ini adalah penerus dari EOS 80D, yang menyediakan fungsionalitas dan performa tinggi yang mempertimbangkan pengguna amatir yang sudah mahir, namun, EOS 90D juga memiliki sejumlah spesifikasi yang layak dibanggakan, yang sebanding dengan EOS 7D Mark II (Versi Inggris), sangat disenangi oleh para fotografer aksi laga. Hal ini membuatnya sebagai pilihan menarik bagi para pengguna yang sangat senang memotret objek yang bergerak cepat, seperti olahraga, kereta api dan unggas liar.

 

Kecepatan rana maksimum 1/16.000 det; kecepatan pemotretan beruntun yang nyaris mengimbangi kamera profesional

EOS 90D dilengkapi dengan rana elektronik selain rana mekanis biasa sehingga membuatnya mampu menghasilkan kecepatan rana setinggi 1/16.000 detik. Rana elektronik bekerja tanpa mengeluarkan bunyi rana mekanis, yang berguna untuk memotret pemandangan yang mewajibkan kesenyapan, seperti konser, olahraga yang mencekam, atau kalau Anda tidak ingin mengejutkan subjek yang rentan terhadap suara.

Kuda di padang pasir

EOS 90D/ EF70-200mm f/4L IS II USM/ FL: 94mm/ Manual exposure (f/5.6, 1/8000 det.)/ ISO 100/ WB: Daylight


Pemotretan beruntun yang sebanding dengan EOS 7D Mark II

Dalam hal pemotretan beruntun, EOS 90D membidik hingga 10 bingkai per detik atau frames per second (fps) dengan OVF, dan 11 fps dalam Live View dengan AF tetap (One Shot AF), sama seperti EOS 7D Mark II.

 

Viewfinder optik: Terbaik untuk melihat aksi laga dalam waktu nyata

Apabila Anda membidik aksi laga yang bergerak cepat, Anda pasti tidak ingin melewatkan momen yang menentukan. Tidak ada yang menandingi OVF yang bebas jeda, memberikan pemandangan dalam waktu nyata, seperti aslinya, langsung dari lensa Anda.

Pencahayaan melalui OVF

100% cakupan viewfinder, suatu spesifikasi yang biasanya ada pada kamera profesional, memastikan Anda tidak secara sengaja menyertakan berbagai elemen yang tidak diinginkan ke dalam bingkai. 

OVF juga memberikan keuntungan besar lainnya: Tidak menghabiskan daya. Anda dapat mengambil hingga 1.860 bidikan pada satu kali pengisian baterai, atau hingga 1.300 bidikan jika menggunakan lampu kilat built-in selama separuh (50%) waktu yang berlangsung. Hal ini akan memikat mereka yang mengambil banyak bidikan dalam sehari.


OVF pada EOS 90D didukung oleh: 

- 22-megapiksel RGB+IR metering sensor yang mampu melakukan pendeteksian wajah: Sensor tidak hanya mengontrol pencahayaan dengan menganalisis gambar viewfinder, tetapi juga mendukung EOS iTR AF, sistem pelacakan dan pengenalan cerdas Canon yang memiliki kemampuan pendeteksian dan pelacakan wajah yang unggul.

- Sistem 45-point all-cross-type viewfinder AF: Hingga 27 titik mampu melakukan pemfokusan pada aperture maksimum f/8. Hal ini lebih dari cukup untuk memastikan bahwa AF dapat dilaksanakan, bahkan dengan memasangkan teleconverter ke lensa telephoto.

 

Dual Pixel CMOS AF: Disempurnakan dengan DIGIC 8

Potret wajah wanita yang sedang duduk di kursi

EOS 90D/ EF-S24mm f/2.8 STM/ FL: 24mm/ Aperture-priority AE (f/3.2, 1/50 det.)/ ISO 400/ WB: Daylight


Untuk pemandangan pilihan Anda untuk melakukan pemotretan dalam Live View, EOS 90D membekalkan sistem Dual Pixel CMOS AF yang disempurnakan oleh prosesor DIGIC 8 yang dahsyat, juga ditemukan pada kamera mirrorless full-frame EOS R dan EOS RP (Versi Inggris). Ini mencakup:

- Area AF lebih besar yang terdiri atas 88% × 100% area tampilan gambar (secara horizontal × secara vertikal)*, yang memungkinkan fokus diperoleh secara cepat dan akurat, bahkan jika subjeknya berada dekat ke tepi bingkai;

- Hingga 5.481 posisi AF yang dapat dipilih selama pemilihan area AF secara manual, sehingga lebih leluasa untuk menyusun komposisi;

- Variasi metode AF untuk mendukung pemandangan yang berbeda-beda, seperti:

o Single-point Spot AF, yang memiliki bingkai AF kecil untuk pemfokusan presisi dan tepat sasaran
o Mendukung Eye Detection AF (AF Pendeteksian Mata) dalam mode Servo AF dan Movie AF; serta

- Pemfokusan rendah cahaya hingga EV-5 selama pemotretan gambar diam, sehingga memudahkannya untuk melakukan fokus otomatis (AF), bahkan dalam kondisi penerangan yang gelap.

* Dengan lensa kompatibel. 80% × 80% pada lensa AF yang tidak kompatibel.

 

Sensor CMOS 32,5 megapiksel baru, resolusi gambar yang lebih tinggi daripada yang terdahulu

Bidikan sudut lebar interior katedral

EOS 90D/ EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM/ FL: 10mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/25 det.)/ ISO 1600/ WB: Daylight

Resolusi gambar 32,5 megapiksel efektif EOS 90D yang layak dibanggakan, 30% lebih tinggi daripada resolusi tertinggi 24,2 megapiksel saat ini dari Canon pada kamera EOS format APS-C. Hal ini lebih dari yang Anda perlukan untuk pencetakan ukuran A3, dan memastikan bahwa file akhir Anda memiliki resolusi yang cukup tinggi, bahkan setelah kroping.

Secara bersama, jumlah piksel yang tinggi dengan prosesor gambar DIGIC 8 memperbaiki performa ISO rendah cahaya, menghasilkan noise yang kurang kentara dan kisaran ISO native yang lebih besar, yaitu 100 hingga 25.600 (dapat diperluas hingga 51.200) selama pemotretan gambar diam, dan 100 hingga 12.800 (dapat diperluas hingga 25.600) selama perekaman film.

 

Crop-free 4K 30p/25p video

Perekaman video crop-free (tanpa krop) tersedia hingga resolusi 4K 30p/25p. Hal ini memastikan, bahwa para pengguna bisa memfilmkan pemandangan lanskap megah atau ruang interior yang sempit dengan menggunakan sudut pandang sama yang diberikan oleh lensa selama pemotretan gambar diam.


Beragam fitur stabilisasi gambar untuk menghasilkan footage yang lebih mulus dan stabil

EOS 90D diperlengkapi dengan Movie Digital IS, yang menggunakan sensor gyro dalam bodi kamera untuk memberikan stabilisasi gambar (IS) digital 5-sumbu, sehingga memungkinkannya untuk mendapatkan footage yang stabil, bahkan ketika melakukan pemotretan/perekaman sambil berjalan. Menggunakan lensa dengan IS built-in, memungkinkan IS Kombinasi yang memadukan stabilisasi optik dalam lensa dan stabilisasi gambar digital dalam bodi kamera untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.


Laju bingkai yang bervariasi dan mode video shooting (perekaman video), sangat memudahkan untuk menampilkan ekspresi

EOS 90D mendukung pemotretan/perekaman High Frame Rate dalam Full HD 120p/100p*, yang memungkinkan untuk membuat film gerakan lambat yang mulus dalam resolusi tinggi. Mode lain yang dihadirkan termasuk 4K Time Lapse Movies dan HDR Movies.

Jikalau Anda menginginkan efek close-up, tersedia 4K Crop Mode, yang membidik dengan krop, yaitu 84% × 71% (secara horizontal × vertikal) dari sudut pandang lensa.

*Pada EOS 90D, area gambar selama perekaman film High Frame Rate Full HD 120p/100p adalah 84% (secara horizontal dan vertikal) dari sudut pandang lensa.

 

Fitur lainnya yang penting

Panning Assist, Focus Bracketing: EOS 90D adalah DSLR EOS pertama dengan OVF yang menyertakan berbagai fitur ini, yang efektif untuk pemotretan/perekaman OVF dan Live View.


Joystick multi-controller; kompatibilitas dengan Battery Grip BG-E14

Gambar belakang EOS 90D

Selain multi-controller dial, EOS 90D memiliki joystick multi-controller yang bisa dengan mudah dioperasikan dengan jempol kanan selama pemotretan/perekaman OVF.

EOS 90D dengan Battery Grip BG-E14

Untuk daya baterai tambahan dan pegangan vertikal yang lebih baik, pasangkan Battery Grip BG-E14 opsional, yang juga kompatibel dengan EOS 80D.


Konektivitas nirkabel yang sudah lebih baik dengan perangkat cerdas

Berbagi gambar di media sosial sudah sangat lazim saat ini, dan EOS 90D mempertimbangkan hal itu, membekalkan fitur konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi yang sudah menjadi hal penting pada kamera Canon terbaru. Semua ini termasuk:

- Pairing perangkat cerdas yang mudah dan transfer file gambar/video melalui aplikasi Canon Camera Connect
(4K movies yang lebih besar dapat secara simultan dimampatkan ke dalam file Full HD untuk lebih memudahkan transfer dan mengunggahnya ke media sosial)

- Pemotretan gambar diam dan perekaman video Remote Live View melalui aplikasi Canon Camera Connect

- Pairing konstan hemat daya melalui teknologi Bluetooth hemat energi

- Backup otomatis gambar ke pasangan komputer/perangkat/penyimpan cloud

- Gambar geotagging melalui perangkat cerdas

Kamera ini juga diperlengkapi dengan dukungan Bluetooth pairing multi-perangkat yang baru.

 

Spesifikasi penting EOS 90D

Sensor gambar kira-kira 32,5 megapiksel efektif; Sensor CMOS format APS-C
Prosesor gambar DIGIC 8
Kecepatan Native ISO (still shooting) 100 – 25.600 (dapat diperluas hingga 51.200)
Kecepatan Native ISO (movie shooting) 100 – 12.800 (dapat diperluas hingga 25.600)
AF (OVF) 45 titik semua tipe silang (kompatibel dengan f/8: hingga 27 titik, 9 titik silang)
AF (Live View) Dual Pixel CMOS AF
OVF 100% cakupan, pentaprisma, 22-megapiksel RGB+IR metering sensor
Monitor LCD Panel sentuh Vari-angle, tipe 3,0 inci, kira-kira 1,04 juta titik
Continuous shooting (Pemotretan beruntun) (maks.) OVF: 10 fps (One-Shot AF, Al Servo AF)
Pemotretan Live View: 11 fps (One-Shot AF)
Kecepatan rana maks. 1/8.000 det. (rana mekanis/rana elektronik tirai ke-)
1/16.000 det. (rana elektronik)
Movie Shooting (Pembuatan Film) 4K: hingga 30p/25p
Full HD: hingga 120p/100p
Ukuran (kira-kira) 140,7 × 104,8 × 76,8 mm
Berat (kira-kira) 701g (dengan baterai, kartu memori)

 

EOS 90D dilihat dari sudut yang berbeda-beda

EOS 90D

 

Gambar contoh EOS 90D

Suasana perairan di malam hari

EOS 90D/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm/ Aperture-priority AE (f/3.2, 8 det., EV+0,3)/ ISO 100/ WB: Cahaya neon putih

 

Balapan motor

EOS 90D/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM/ FL: 200mm/ Manual exposure (f/10, 1/1000 det.)/ ISO 400/ WB: Daylight

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!