Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Menerapkan Aturan Sepertiga dalam Fotografi Potret dan Jalanan

Banyak orang yang mengetahui pentingnya komposisi, namun banyak fotografer pemula mungkin tidak tahu dari mana mereka memulainya. Daripada menempatkan subjek utama di tengah bingkai, seseorang dapat membuat perbedaan besar pada sebuah foto dengan menerapkan Aturan Sepertiga. Mari kita lihat bagaimana aturan komposisi ini bekerja pada fotografi jalanan dan potret.


EOS M5, lensa EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM, f/4.5, 55mm, 1/1600sec, ISO320

Aturan Sepertiga: Panduan Singkat

Aturan ini membagikan foto ke dalam sembilan bagian yang sama besar, dipisahkan oleh dua garis horizontal dan vertikal. Garis-garis ini berpotongan empat kali dan sepanjang titik inilah tempat subjek Anda seharusnya ditempatkan. Dengan demikian, Anda menarik pandangan pemirsa pada salah satu persimpangan dengan cara paling natural.


EOS M5, lensa EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM, f/5.0, 100mm, 1/1600sec, ISO320

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Aturan Sepertiga, lihat panduan kami di sini.

Fotografi Potret

Fotografi Potret memberikan Anda kesempatan untuk berlatih menggunakan Aturan Sepertiga, karena tidak seperti fotografi jalanan, Anda memiliki banyak waktu untuk menempatkan subjek Anda, menemukan komposisi dan mendapatkan hasil yang tepat.


EOS M5, lensa EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM, f/4.5, 55mm, 1/640sec, ISO320

Menempatkan subjek Anda di tengah foto bukanlah hal yang paling menarik.

Pada gambar di atas, Anda akan melihat bahwa wajah subjek tidak berada pada salah satu dari empat persimpangan, tetapi berada di bagian tengah. Ini adalah cara kita melihat seseorang secara langsung, namun hal itu tidak menghasilkan foto yang menarik dan juga terasa canggung.

EOS M5, lensa EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM, f/4.5, 55mm, 1/1250sec, ISO320

Menempatkan subjek Anda pada sepertiga bingkai akan menghasilkan foto yang lebih menyenangkan.

Sebagai gantinya, jika Anda menyelaraskan subjek dari pusat dan dalam hal ini, bertumpu pada garis vertikal di sebelah kanan, foto tersebut ternyata lebih mudah dilihat. Hal ini menciptakan titik menarik bagi pemirsa Anda. Hal ini bekerja dengan sempurna pada fotografi potret, maupun fotografi jalanan.

Pelajari cara menggunakan mode kamera yang berbeda untuk fotografi potret: Memotret Orang-orang: Kapan Menggunakan mode Program, Shutter Priority dan Aperture Priority

Fotografi Jalanan

Fotografi jalanan adalah tentang orang dan lingkungan, dipotret dalam keadaan paling natural, saat fotografi menyatu dengan latar belakang dan menjadi tidak mencolok. Tidak ada yang berpose, tidak ada yang mengarahkan dan tentunya tidak ada waktu untuk dihabiskan ketika kesempatan foto muncul. Hal ini berarti Anda mungkin hanya memiliki beberapa detik untuk memotret sebelum subjek Anda bergerak atau hilang.

Namun, prinsip Aturan Sepertiga masih berlaku. Anda akan memotret foto yang menarik dengan menggunakan titik persimpangan sebagai referensi untuk menempatkan subjek Anda.


EOS M5, lensa EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM, f/6.3, 200mm, 1/1250sec, ISO320

Tempatkan subjek Anda di sepanjang garis vertikal di dalam foto

Ingin mempelajari lensa mana yang digunakan untuk fotografi jalanan? Berikut adalah beberapa cara memilih lensa yang tepat.

Latihan Menghasilkan Kesempurnaan


EOS M5, lensa EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM, f/4.5, 55mm, 1/60sec, ISO320

Gunakan Aturan Sepertiga untuk memotret subjek Anda, bahkan dalam pemotretan kelompok

Panduan ini akan membantu Anda memulai, namun merupakan hal yang penting bagi Anda untuk keluar dan berlatih sebanyak mungkin. Aturan Sepertiga adalah teknik yang berguna, terutama ketika Anda baru memulainya - namun Anda akan mengembangkan preferensi dan gaya Anda sendiri pada waktunya.

Saatnya melakukan pemotretan pertama Anda? Inilah yang seharusnya Anda miliki di dalam tas.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!