Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Perbaiki Foto Perjalanan Anda dengan EOS M10 #1: Menggunakan Bokeh untuk Memencilkan Subjek

Adalah hal yang wajar untuk menginginkan mengambil foto serba indah yang melestarikan kenangan manis Anda mengenai berbagai pemandangan, pengalaman, dan makanan yang Anda jumpai sewaktu sedang berlibur. EOS M10, ringan, ringkas, dan mudah digunakan, ideal untuk fotografi perjalanan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda, cara memanfaatkan bokeh (defokus latar belakang) untuk membuat foto perjalanan Anda terlihat lebih mengesankan. (Foto oleh: Takashi Akaogi, Diedit oleh: Etica)

EOS M10 (bokeh)

EOS M10/ EF-M22mm f/2.0 STM/ FL: 22mm (setara 35mm)/ Aperture-priority AE (f/2, 1/500 det.)/ ISO 200/ WB: Auto

 

Dengan meningkatkan keburaman latar belakang, bisa menegaskan objek yang ingin Anda bidik

Gunakan nilai aperture yang lebih kecil untuk meningkatkan area defokus di depan dan di belakang subjek
Ada suatu teknik untuk membuat foto Anda terlihat lebih mengesankan bagi pemirsanya, dan itu adalah dengan cara menciptakan efek bokeh terdefokus yang baik. Kata 'bokeh' merujuk ke bagian foto di yang didefokus secara memikat, di luar subjek dalam fokus, dan sering juga dirujuk sebagai 'buram latar belakang' atau 'buram latar depan'. Area yang didefokus ini bisa menciptakan suasana lembut dan menenteramkan dalam foto. Hal ini juga memungkinkan fotografer menuntun garis pandang pemirsanya ke area dalam fokus, dan membuatnya mudah untuk menyampaikan maksudnya kepada siapa pun yang melihat foto tersebut.

f/2

EOS M10 (perbandingan bokeh) – f/2

f/8

EOS M10 (perbandingan bokeh) – f/8
 

Kiri: EOS M10/ EF-M22mm f/2.0 STM/ FL: 22mm (setara 35mm)/ Aperture-priority AE (f/2, 1/125 det., EV+0,3)/ ISO 200/ WB: Auto
Kanan: EOS M10/ EF-M22mm f/2.0 STM/ FL: 22mm (setara 35mm)/ Aperture-priority AE (f/8, 1/60 det., EV+0,3)/ ISO 1600/ WB: Auto

Dengan menggunakan defokus f/2, pada keduanya, latar depan dan latar belakang gambar, akan menciptakan efek bokeh yang membuat tanaman kastanye tampak menonjol lebih daripada f/8 (kanan), di mana hampir segalanya digambarkan dalam fokus.

 

Untuk menciptakan efek bokeh defokus yang baik, gunakan nilai aperture kecil dan dekati subjek Anda
Untuk mendapatkan foto dengan efek bokeh, di mana area defokus begitu besar sehingga seluruh area di luar titik fokus secara sengaja diburamkan, gunakan mode pemotretan Aperture-priority AE (Av) dan sesuaikan f-number ke nilai yang lebih kecil. Pada kasus lensa EF-M22mm f/2.0 STM, ukuran aperture terlebar yang tersedia adalah f/2. Semakin dekat Anda ke subjek Anda, semakin substansial efek defokusnya.

Baca selengkapnya mengenai: Hubungan Antara Aperture Lensa dan Bokeh

EOS M10 (bokeh) bunga

EOS M10/ EF-M22mm f/2.0 STM/ FL: 22mm (setara 35mm)/ Aperture-priority AE (f/2, 1/500 det., EV+1,0)/ ISO 200/ WB: Auto

Di sini, fokus ditempatkan pada bagian depan gelas berwarna yang indah. Satu cara untuk menciptakan kedalaman dan dimensi dalam suatu gambar, adalah memposisikan kamera pada sudut diagonal dari subjek yang datar, seperti dalam gambar ini.

 

EOS M10 (bokeh) gula-gula Jepang

EOS M10/ EF-M22mm f/2.0 STM/ FL: 22mm (setara 35mm)/ Aperture-priority AE (f/2, 1/25 det., EV±0)/ ISO 6400/ WB: Auto

Ini adalah gambar rumah boneka. Saya menempatkan titik fokus pada buku di depan dan menciptakan efek bokeh di paling belakang gambar untuk menciptakan suasana lembut dan tenteram.

 

TJ: Jadi, apakah mode Aperture-priority AE (Av) itu?

Dalam mode Aperture-priority AE (Av), fotografer menentukan nilai aperture (f-number), sehingga ia dapat mengontrol jumlah dan tingkat bokeh dalam foto. Dengan menetapkan nilai aperture yang diinginkan, kamera akan secara otomatis menentukan pengaturan optimal yang diperlukan untuk pencahayaan yang sesuai, yaitu kecepatan rana serta kecepatan ISO (jika fungsi ISO AUTO diaktifkan).

Dengan menyesuaikan defokus latar belakang dalam mode ‘Creative assist’ yang mudah digunakan ini, akan menghasilkan efek yang sama seperti menetapkan nilai aperture yang lebih kecil. Karena Anda dapat menetapkan nilai aperture yang diinginkan, hal ini memungkinkan untuk menyesuaikan level keburaman bokeh latar belakang. Dengan cara ini, Anda bisa secara bertahap memungut istilah teknis yang digunakan dalam fotografi dan menguasai berbagai fungsi kamera, serta mengambil foto yang Anda inginkan. Pastikan mencoba memotret dalam mode Aperture-priority AE (Av)!

Layar Creative Assist pada EOS M10 (Av mode)

Untuk mengubah mode pemotretan ke mode Aperture-priority AE (Av), pilih ikon sakelar mode yang berbentuk seperti kamera (A). Berikutnya, setelah memiliki ikon kamera yang bertanda ★ (B), putar dial elektronik atau sentuh layar untuk memilih mode “Aperture-priority AE (Av)”.

 

Untuk saran dan tutorial lainnya tentang cara menggunakan EOSM M10, bacalah:
Dalam Fokus: Teknik dan Ulasan M3 & M10

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Etica

Etica

Etica Co., Ltd. tidak hanya menjalankan kelas fotografi di bawah nama “Tanoshii Camera School", tetapi juga mengedit publikasi dan merencanakan media serta kegiatan terkait kamera dan fotografi, dengan fokus pada tema yang berhubungan dengan kepedulian terhadap anak, hewan dan makanan. Motto mereka yaitu "Photos make people happy!" (Foto membuat orang senang), dan mereka ikut mengkomunikasikan pesona kamera dan fotografi.

https://etica.jp/

Takeshi Akaogi

Takeshi Akaogi

Sebagai fotografer, Akaogi terutama bekerja untuk majalah dan menulis buku yang memperkenalkan fotografi dan berbagai saran praktis. Ia juga mengajar di lokakarya fotografi.

http://www.flipphoto.org