Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Fotografi Olahraga: Sebuah Panduan Peralatan

2018-08-14

Tidak ada yang mendekati aliran adrenalin fotografi olahraga.  Dan dengan Asian Games 2018 yang dijadwalkan akan diadakan di Indonesia pada bulan Agustus ini, tidak ada waktu yang lebih baik untuk melengkapi diri Anda dengan memahami peralatan dasar untuk membantu Anda mengambil foto olahraga yang penuh aksi.  Cari tahu lebih banyak tentang infografik kami yang praktis.

sports photography equipment guide

1.  Kamera

Fotografi olahraga membutuhkan kamera yang bagus untuk membantu Anda menangkap gambar dramatis yang akan bertahan seumur hidup.  Dilengkapi dengan fitur ramah bagi pemula, kamera Canon EOS 1500D memiliki sensor CMOS ukuran APS-C besar dan prosesor gambar DIGIC untuk menghasilkan foto yang tajam dan dengan gradasi warna yang kaya.

2.  Lensa Telefoto

Potret aksi olahraga yang tidak terduga dari jarak jauh dengan menggunakan lensa EF70-200 mm f/4L IS II USM yang baru.  Lensa telefoto yang ringan dan ringkas ini memiliki fitur stabilisasi gambar 5-stop dan mode Panning, di mana kamera secara otomatis mengatur kecepatan rana optimal dan sistem IS menstabilkan subjek yang buram untuk foto olahraga yang tajam.

3.  Kartu Memori Cepat

Cari kartu dengan kecepatan membaca  dan menulis minimal 90MB/detik untuk membantu Anda memotret foto-foto olahraga yang dramatis, terutama dalam mode pengambilan gambar terus menerus.  Fotografer olahraga juga lebih suka memotret dalam format JPEG karena ukuran file yang lebih kecil sehingga pemrosesan dalam kamera Anda lebih cepat untuk menangkap lebih banyak pemotretan terus menerus.  Jangan lupa membawa beberapa kartu memori cadangan, untuk berjaga-jaga jika Anda kehabisan ruang penyimpanan.

4.  Baterai & Pengisi Daya Baterai

Selalu siap untuk segala kemungkinan dengan memastikan daya baterai Anda telah terisi penuh.  Hal terakhir yang tidak Anda inginkan adalah melewatkan momen puncak olahraga hanya karena kehabisan daya baterai.

5.  Tali Kamera

Karena fotografi olahraga mungkin mengharuskan Anda untuk bergerak, jadi lindungilah kamera Anda dengan tali agar tidak jatuh.  Entah Anda menggantungkannya di leher atau pinggang Anda, yang pasti tali dan kamera tetap dekat dengan tubuh Anda.

6.  Kit Pembersih Lensa

Mengekspos lensa Anda ke elemen alam seperti hujan dan debu dapat menghalangi Anda dalam mengabadikan momen olahraga yang dramatis.  Jaga kebersihan lensa Anda dan bersihkan dengan kit pembersih lensa karena bahkan debu bisa memperburuk hasil foto olahraga Anda.

7.  Monopod

Bebaskan lengan Anda dari beratnya membawa lensa panjang fokus jauh selama berjam-jam dengan monopod.  Dengan hanya satu kaki yang dapat disesuaikan (bukan tripod biasa yang punya 3 kaki), hal itu juga kan memberi Anda fleksibilitas dalam gerakan dan memungkinkan memotret dengan menggunakan mode panning, teknik pengambilan gambar yang mengikuti subjek yang bergerak dan memotretnya ketika sedang ber aksi.

8.  Pelindung Hujan dan Tas

Melindungi peralatan Anda mungkin berbeda antara mengambil gambar atau melewatkan momen hanya ketika ingin berlindung dari hujan.  Belilah pelindung hujan khusus yang dirancang untuk melindungi kamera dan lensa dari air dan debu.  Kemas peralatan Anda dalam tas berkualitas yang tidak hanya membuat mereka terlindungi dengan baik, tetapi juga memungkinkan Anda mengakses kamera Anda dengan mudah dan nyaman di punggung Anda.

 

Butuh lebih banyak inspirasi untuk membantu Anda mengabadikan foto olahraga yang lebih baik?  Belajar dari para profesional dengan Memotret Subjek Tidak Terduga  - Wawancara dengan Stanley Cheah dan Tips Fotografi Olahraga: Pertandingan Bulu Tangkis.
  

Silakan unduh salinan infografis ini di sini.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!