Temukan yang Anda cari

atau cari melalui

topik

Article
Article

Article

e-Book
e-Book

e-Book

Video
Video

Video

Campaigns
Campaigns

Campaigns

Architecture
Kamera Saku

Kamera Saku

Architecture
DSLRs

DSLRs

Architecture
Videografi

Videografi

Architecture
Astrofotografi

Astrofotografi

Architecture
Tanpa Cermin

Tanpa Cermin

Architecture
Fotografi arsitektur

Fotografi arsitektur

Architecture
Teknologi Canon

Teknologi Canon

Architecture
Fotografi cahaya minimal

Fotografi cahaya minimal

Architecture
Wawancara fotografer

Wawancara fotografer

Architecture
Fotografi lanskap

Fotografi lanskap

Architecture
Fotografi makro

Fotografi makro

Architecture
Fotografi olahraga

Fotografi olahraga

Architecture
Fotografi Wisata

Fotografi Wisata

Architecture
Fotografi bawah air

Fotografi bawah air

Architecture
Konsep & Aplikasi Fotografi

Konsep & Aplikasi Fotografi

Architecture
Fotografi Jalanan

Fotografi Jalanan

Architecture
Kamera Mirrorless Full-frame

Kamera Mirrorless Full-frame

Architecture
Lensa & Aksesori

Lensa & Aksesori

Architecture
Nature & Wildlife Photography

Nature & Wildlife Photography

Architecture
Fotografi Potret Wajah

Fotografi Potret Wajah

Architecture
Fotografi Malam

Fotografi Malam

Architecture
Fotografi Hewan Piaraan

Fotografi Hewan Piaraan

Architecture
Solusi Pencetakan

Solusi Pencetakan

Architecture
Ulasan produk

Ulasan produk

Architecture
Fotografi Pernikahan

Fotografi Pernikahan

Produk >> Semua Produk

EOS R1: Melanjutkan Legasi Seri “1” Canon

2024-08-28
0
12

Huruf “1” pada nama “EOS R1” tidak hanya menandakan posisi kamera di puncak sistem EOS R. Huruf ini juga menandai kamera sebagai penerus yang layak bagi turunan seri “1” yang mengagumkan, yang telah dipercaya oleh pengguna profesional selama lebih dari 50 tahun. Dalam artikel ini, kita akan melihat sejarah seri “1” dan bagaimana EOS R1 melanjutkan produk turun-temurun tersebut.

Dalam artikel ini:

 

Sejarah seri “1”

Saksikan: Merayakan 50 tahun Legasi  series “1” Canon

 

1971: F-1 (1971)—Kamera SLR profesional pertama Canon yang sukses

Faktor penting
- Mengakhiri dominasi perusahaan pesaing di pasar kamera SLR 35mm kelas profesional.
- Bodi kuningan yang sangat kokoh dan padat.
- Meletakkan fondasi untuk kamera SLR profesional.
- Tetap diproduksi selama 10 tahun.


Sebelum F-1, Canon terutama dikenal atas kamera pengintai dan SLR tingkat pemula- hingga para penggemar kamera. Sementara itu, pasar SLR profesional telah didominasi oleh merek lain selama satu dekade. Canon menginvestasikan upaya dan sumber daya yang signifikan untuk mengembangkan dan memproduksi F-1. Konon, waktu dan energi yang dicurahkan untuk mengembangkannya dapat digunakan untuk mengembangkan 10 atau lebih kamera konvensional.

Dibuat untuk bertahan terhadap 100.000 kali tembakan rana, suhu dari -30°C to 60°C, dan kelembapan 90%, daya tahan, keandalan, fitur yang dipikirkan secara matang, dan kinerja luar biasa F-1 memikat banyak fotografer profesional. Pada tahun 1976, kamera ini ditetapkan sebagai kamera perekam resmi Olimpiade Montreal 1976, yang memperkuat posisi Canon di pasar SLR profesional.

F-1 diluncurkan dengan dudukan FD baru dan lebih dari 180 aksesori yang dapat dipertukarkan, termasuk lebih dari 40 lensa yang dapat tukar-pakai. Tingkat penyesuaian yang tinggi ini membuatnya disukai pengguna.

Canon memahami, bahwa yang paling diinginkan fotografer profesional adalah kemampuan untuk menangkap gambar sebaik mungkin dan bidikan yang andal, bahkan dalam kondisi yang sulit. Mencapai kinerja dan keandalan terbaik, menjadi filosofi utama yang memandu pengembangan dan produksi F-1. Standar kualitas yang ketat dan kemampuan manufaktur yang dihasilkan, menjadi dasar bagi kamera andalan seri EOS "1" saat ini.

Pelajari lebih lanjut mengenai kamera ini dalam:
Museum Kamera Canon: F-1 (Versi Inggris)
Aula Sejarah Museum Kamera Canon: 1970-1975 (Versi Inggris)

 

1989: EOS-1— Performa AF yang merombak fotografi profesional

Fakta penting
- Kamera kelas profesional pertama dalam sistem EOS. 
- Kamera profesional pertama yang dilengkapi AF.
- Batas AF minim cahaya EV-1
- Memperkenalkan sensor AF tipe silang, prediksi pemfokusan dan pelacakan (AI Servo), Quick Control Dial.


Mewarisi konsep desain F-1, EOS-1 dirilis pada tahun 1989, dua tahun setelah peluncuran sistem EOS (Electro Optical System). Tidak seperti sistem dudukan FD mekanis, sistem EOS menggunakan dudukan EF yang sepenuhnya elektronik, sehingga memudahkan kontrol fokus otomatis dan aperture dari kamera, bukan dari lensa.

Pada saat itu, autofocus (AF) baru berusia sekitar lima tahun dan masih kurang dipercaya oleh fotografer profesional. Namun demikian, EOS-1 mendapatkan kepercayaan mereka atas kecepatan dan presisi AF yang tak tertandingi, yang dimungkinkan oleh sensor tipe silang yang inovatif saat itu, serta fokus otomatis dan prediksi pelacakan (AI Servo AF). Ini mengubah cara fotografer profesional membidik dan memungkinkan mereka menghasilkan gambar yang lebih berdampak. AF menjadi sangat penting untuk fotografi profesional.

 

EOS-1 memelopori banyak fitur pengoperasian yang akan dilanjutkan pada kamera EOS mendatang, seperti panel LCD atas dan Quick Control Dial, yang memungkinkan penyesuaian pengaturan pencahayaan yang intuitif.


Penerus yang Terkenal:
- EOS-1V (2000): Kamera Canon pertama dengan bodi aloi magnesium

Pelajari lebih lanjut mengenai kamera ini dalam:
Museum Kamera Canon: EOS-1 (Versi Inggris)

 

2001: EOS-1D—Memasuki masa digital

Fakta penting
- Kamera SLR digital EOS kelas profesional pertama.
- Kamera seri 1 pertama dengan kompartemen baterai terpadu dan genggaman vertikal 
- Sensor CCD APS-H (krop 1,3x dibandingkan dengan full-frame)
- Prosesor gambar yang merupakan pendahulu DIGIC.
- Bodi: Aloi magnesium


Tatkala kamera bertransisi ke era digital, preseden yang ditetapkan oleh F-1 dan EOS-1 diwarisi oleh EOS-1D, kamera digital seri "1" pertama Canon. Itu adalah kamera SLR digital berita dan olahraga profesional EOS pertama yang dikembangkan dan diproduksi sendiri oleh Canon sepenuhnya.

EOS-1D dibuat untuk mengutamakan kecepatan. Misalnya, para pengembang memilih untuk menggunakan sensor CCD APS-H, yang mampu melakukan pembacaan data gambar yang lebih cepat daripada sensor CMOS full-frame dengan mempertimbangkan teknologi saat itu. Hal itu mewujudkan kecepatan pemotretan beruntun maksimum 8 fps terobosan yang luar biasa, bahkan dengan sensor gambar 4,15 megapiksel beresolusi relatif tinggi.

EOS-1D juga merupakan kamera andalan pertama Canon yang dilengkapi genggaman vertikal terpadu. Dibuat untuk kenyamanan dan kemudahan pengguna targetnya, hal ini akan menjadi andalan pada kamera seri "1" mendatang.

Kamera andalan "1" dari jajaran DSLR EOS awalnya dibagi menjadi dua model: EOS-1D dan EOS-1Ds. Sementara seri EOS-1D berorientasi pada kecepatan, seri EOS-1Ds memiliki sensor full-frame dan resolusi 11 megapiksel yang lebih tinggi, yang menanggapi tuntutan fotografer potret wajah, komersial, dan lanskap profesional.

Kedua jajaran tersebut digabungkan mulai dari EOS-1D X full-frame tahun 2011, yang memiliki yang terbaik dari keduanya.

Tentu saja, komitmen Canon untuk memberikan performa dan keandalan terbaik tetap sama pada seluruh inkarnasinya.

Penerus yang Terkenal:
- EOS-1D X (2012): Kamera EOS-1D full-frame pertama (hasil penggabungan jajaran EOS-1D dan EOS-1Ds)
- EOS-1D X Mark III (2020): Kamera EOS-1D pertama yang dilengkapi dengan pendeteksian subjek berdasarkan deep learning, dan perekaman video RAW.

Pelajari lebih lanjut mengenai kamera ini dalam:
Museum Kamera Canon: EOS-1D (Versi Inggris)

 

2024: EOS R1—menuju era baru

Fakta penting
- Kamera andalan pertama sistem mirrorless EOS R.
- AF tipe silang pertama yang pernah ada pada sistem AF pendeteksian fase berbasis sensor gambar.
- Penampilan perdana mode Action Priority AF (AF Prioritas Tindakan), yang mampu mendeteksi subjek yang kompleks.
- Kamera andalan pertama Canon yang dilengkapi Eye Control AF.


Diumumkan pada tahun 2024, EOS R1 adalah kamera andalan full-frame pertama dari sistem kamera mirrorless EOS R baru Canon. Kamera ini memuat penyempurnaan selama setengah abad berdasarkan masukan dari sekian banyak pengguna profesional sejak F-1, serta teknologi inovatif yang dibutuhkan pada setiap era.

Seperti EOS-1D yang secepat kilat, kamera ini menawarkan kecepatan tinggi, ergonomi luar biasa yang disempurnakan selama beberapa dekade, dan keandalan tertinggi. Sebagian detail pengoperasian telah disempurnakan, tetapi kamera ini akan tetap terasa akrab bagi mereka yang menggunakannya untuk pertama kali.

Seperti EOS-1 yang memelopori sensor tipe silang dan mengubah masa depan fokus otomatis, EOS R1 memperkenalkan teknologi AF baru yang mengubah permainan, seperti AF tipe silang berbasis sensor gambar yang inovatif dan mode Action Priority AF berbasis deep learning yang memperluas pendeteksian subjek ke subjek yang kompleks seperti aktivitas olahraga.

Dan seperti F-1, kamera yang mengawali semuanya, memiliki daya tahan dan kontrol kualitas yang tak kenal kompromi. Kamera ini memiliki tingkat ketahanan debu, kelembapan, dan benturan tertinggi dari semua kamera Canon, memastikan bahwa kamera terus mengambil gambar dalam kondisi yang paling tidak bersahabat, baik di medan pertempuran olahraga atau zona pertempuran yang sesungguhnya.

Pada saat yang sama, EOS R1 juga merupakan kamera yang dibuat untuk generasi baru. Dari penggunaan teknologi deep learning yang canggih untuk membantu performa, efisiensi, dan alur kerja, hingga penggabungan fitur video canggih yang canggih dari sistem Cinema EOS, kamera ini tahan terhadap segala perubahan di masa depan dengan kemungkinan teknologi baru untuk memenuhi budaya pencitraan baru.

Warisan seperti apa yang akan ditinggalkan EOS R1 untuk kamera seri “1” di masa mendatang? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.  Satu hal yang pasti—seri “1” Canon akan terus berkembang dan beradaptasi, terus memberikan performa terbaik dan keandalan terbaik yang dibutuhkan oleh para profesional di era ini.

Cari tahu selengkapnya mengenai EOS R1 dalam artikel:
Kepakaran nomor SATU: Memperkenalkan EOS R1


Saksikan: Sejarah dan Filosofi Legasi Seri “1” Canon | Kisah di Balik Canon EOS R1 Baru

 

Berbagi foto Anda di My Canon Story & berpeluang ditampilkan pada platform media sosial kami