Yang Baru >> All Happenings

3 Angkatan Alumni CPMC Reuni di Singapura @ Canon

2018-10-04
27 Juli 2018 merupakan tanggal pertama kali diselenggarakan Pertemuan Alumni Canon PhotoMarathon Asia Championship (CPMC). Canon menjadi tuan rumah acara ini yang digelar di kantor pusat regional di Singapura, dan dihadiri oleh hampir 30 alumni dan para tamu undangan dari angkatan 2016, 2017 dan 2018, yang sebagian besar telah secara khusus melakukan perjalanan dari negara Asia lainnya: Hong Kong, India, Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Acara ini penuh dengan keakraban, diselingi gelak tawa dan kesempatan untuk menyambung silaturahmi dengan kawan lama dan menjalin pertemanan baru.

 

Gambar atas, Pertemuan Alumni Canon PhotoMarathon 2018

 

Pertemuan di Singapura yang tumbuh kian besar

Rupanya, hal ini diawali dengan pertanyaan sederhana: Di mana tempat untuk makan malam bersama?

Sejumlah anggota alumni CPMC telah merencanakan untuk terbang ke Singapura dan berpartisipasi dalam Canon PhotoMarathon Singapore XVI bersama-sama—dan bagi sebagian anggota, ini merupakan suatu tradisi. Namun, tatkala rekan seangkatan semakin bertambah, mereka memutuskan, alangkah baik dan menyenangkan kalau angkatan kelompok kian membesar, dan Pertemuan Alumni CPMC menjadi acara resmi.

Tanggal: Jumat, 27; Juli 2018. Tempat: Kantor pusat Canon Singapore.

Sedang melihat-lihat kamera tua yang dipajang di Canon Singapore

Para peserta begitu terpesona oleh deretan kamera Canon tua yang dipajang di lokasi Canon Imaging Academy, tempat pertemuan diadakan.

 

Untuk apa diadakan pertemuan kalau tidak saling mengenang masa lalu?

Acara dimulai dengan tontonan video di balik layar dari tiap tahun CPMC, dimulai dari tahun 2018. Masing-masing angkatan berbeda dalam hal selera humor dan berbagi kenangan, entah itu menjalin ikatan di mata air panas atau berupaya memotret “Kedamaian” di Gunung Aso dalam cuaca yang tidak begitu bersahabat. Biarpun begitu, ada sebagian hal yang tetap sama: Kegemaran akan es krim, dan ikatan yang dipererat melalui berbagi pengalaman dan kecintaan akan fotografi.

Menonton video di balik layar

Wajah-wajah yang tertawa geli sambil menonton video

Tampak wajah mereka yang hadir tertawa bahagia saat menonton cuplikan film di balik layar mengenai diri mereka sendiri di CPMC, yang secara telaten dirajut menjadi satu oleh perwakilan Canon, Evan Cheung dan timnya.

Tampak jelas bahwa rekaman video telah menghadirkan berbagai kenangan indah bagi semua orang yang ada di ruangan itu. Ketika ditanyakan, apakah mereka ingin mengulangi CPMC, mereka semua memberikan jawaban pasti, “YES!”

 

Tamu kejutan dari Jepang

Salah satu acara puncak malam itu tatkala fotografer dan instruktur profesional GOTO AKI ikut bergabung dalam pertemuan melalui video call. Sebagai mentor fotografi dan pemandu CPMC untuk tiga tahun berturut-turut, beliau tidak saja memberikan saran yang berharga kepada para peserta, tetapi juga menjalin pertemanan yang erat dengan mereka.

Memang, rasa sayang para peserta untuk “Goto-san” terbukti dari teriakan gembira dan lambaian tangan saat sang tokoh muncul di layar proyektor, dan jaket merah, ikon Canon PhotoMarathon tampak menggantung di belakangnya. Setelah bertukar kabar, bercanda dan tertawa, para peserta di Singapura maju ke depan layar untuk berfoto bersama, melestarikan kenangan reuni yang sangat berharga ini.

Tapi, ini tidak berakhir di sini—sampai akhir acara, Goto-san tetap online, menyaksikan dan mendengarkan acara selanjutnya bersama semua orang yang hadir.

Foto bersama dengan GOTO AKI

Fotografer-mentor GOTO AKI bergabung dalam acara pertemuan dengan bantuan teknologi.

 

Eksklusif alumni CPMC: “Bagaimana memenangkan Canon PhotoMarathon”

Pada segmen berikutnya, tampak sejumlah yang hadir maju ke depan ruangan. Tampak sebagian besar yang hadir berencana untuk ikut serta dalam Canon PhotoMarathon Singapore XVI pada keesokan harinya, dan Canon telah mengundang wartawan foto dan fotografer olahraga Lim Yong Teck, yang karyanya telah banyak diterbitkan oleh sejumlah media internasional, seperti The New York Times dan The Guardian, untuk memberikan saran dan nasihat mengenai cara memenangkan Canon PhotoMarathon Singapore XVI.

Semua orang di dalam ruangan mendengarkan secara saksama saat Yong Teck berbagi wawasan mengenai dunia wartawan foto yang dialaminya yang dituangkan ke dalam sejumlah gambar yang menarik dengan perspektif yang unik, serta berbagai saran tentang tempat pemotretan yang menarik di Singapura, namun jarang yang mengetahuinya.

Yong Teck sedang berbicara

Bertukar nomor telepon dengan Yong Teck

Beberapa orang yang hadir tampak penasaran, dan terlihat berbincang-bincang secara serius dengan Yong Teck saat istirahat, dan bahkan setelah pertemuan secara resmi berakhir.

 

Cendera mata dari acara pertemuan

Setelah resepsi, para undangan berbaur seraya menikmati makanan dan minuman yang tersedia, dan acara pun hampir berakhir. Dan tentu saja, para alumni tidak pulang dengan tangan hampa. Masing-masing alumni yang hadir dihadiahi cetakan A3 dari karya bidikan terbaik mereka dari CPMC, serta gantungan tas yang dibuat khusus, dan ada tulisan“Canon PhotoMarathon Asia Championship Alumni”—tanda apresiasi yang juga mempererat keanggotaan di komunitas yang terus berkembang.

Masing-masing alumni CPMC yang hadir di acara pertemuan dihadiahi cetakan ukuran A3 dari salah satu karya mereka.

 

Cendera Mata Canon PhotoMarathon Asia Championship Alumni

Satu lagi cendera mata untuk yang hadir: Gantungan tas alumni buatan khusus

 

Sekali alumni CPMC, selamanya alumni CPMC

Acara pertemuan pun terasa cepat berakhir. Namun, jalinan persahabatan tidak terputus. Tampak sekelompok teman tidak berhenti mengambil foto kelompok, bertukar alamat dan saling bertukar kabar, meskipun saat mereka keluar meninggalkan ruang acara.

Banyak di antara mereka, seperti Latrell Lee Man Hin dari angkatan 2017 yang terbang dari Hong Kong, dan Kops Jirawat yang sedang berkunjung dari Thailand, bertemu dengan teman mereka dari mancanegara saat ikut serta dalam kegiatan CPMC, adalah motivasi yang kuat untuk datang ke Singapura.

Pada acara pertemuan alumni ini, juga memberikan kesempatan untuk bertemu dengan para peserta dari angkatan lain. Selain sama-sama mencintai fotografi, pengalaman CPMC yang mereka miliki, juga menjadi landasan bersama untuk menjalin persahabatan. Dengan mudah, para peserta menjalin ikatan, meskipun dari angkatan yang berbeda.

Sebagian rombongan pergi untuk memotret bulan purnama bersama-sama. Sebagian lainnya kembali ke rumah mereka atau hotel untuk istirahat, karena keesokan harinya akan bersiap mengikuti kegiatan PhotoMarathon Singapore XVI, dan bertemu lagi dengan teman-teman CPMC mereka. Bagaimana pun juga, ikatan persahabatan akan terus berlanjut—sama seperti perjalanan fotografi. 

 

Atas nama para peserta, terima kasih Canon atas dukungan dan kesempatan ini.

Foto grup dengan para model

Sebagian anggota alumni mengambil foto bersama untuk kenangan.

 

Ketahui selengkapnya tentang Canon PhotoMarathon Championship Asia di
https://photomarathon.canon-asia.com/

Laporan mengenai Canon PhotoMarathon Asia Championships yang terdahulu:
Klinik Foto 2016: Para Fotografer Dari 12 Negara Dipersatukan oleh Fotografi
Laporan Kejuaraan Canon PhotoMarathon Asia: Bertarung untuk merebut Tempat Terhormat dalam Babak Akhir di Jepang!
Canon PhotoMarathon 2018: Membawa Pemenang CPM 2017 ke Tahap Selanjutnya

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!