LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

5 Tips untuk Foto Matahari Terbit dan Matahari Terbenam yang Lebih Baik

2021-11-18

Foto matahari terbit dan terbenam dapat membangkitkan emosi dalam diri seseorang. Mungkin karena mereka menandakan awal dan akhir hari, atau mungkin warna atau sinar matahari melambangkan keindahan Ibu Pertiwi. Gambar matahari terbit/terbenam yang baik dapat membuat orang terus menatapnya, tetapi dari mana Anda memulai, dan apa yang Anda perlukan untuk menangkap foto yang menakjubkan seperti itu? Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa tips sederhana untuk mendapatkan gambar matahari terbit dan terbenam, dengan ilustrasi beberapa foto indah dari Pierre Huang

 

Waktu 

EOS 6D Mark II, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/4, ISO 160, 1/30s, 35mm ​ 

Waktu adalah kunci untuk mendapatkan gambar matahari terbit/terbenam yang bagus. Ketika Anda mendapatkan waktu yang tepat, matahari akan berada di atas cakrawala. Tergantung di mana Anda berada dan kondisi langit, rona akan berubah saat matahari terbit atau terbenam. Aplikasi seperti Photopill dapat memberi tahu Anda kapan tepatnya matahari akan terbit dan terbenam berdasarkan lokasi Anda, dan aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android. 

Sebagian besar ponsel pintar saat ini dilengkapi dengan kompas digital juga, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menentukan arah timur dan barat Anda, tergantung pada apakah Anda memotret matahari terbit atau terbenam.  

 

Survei lokasi 

EOS 6D Mark II, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/13, ISO 100, 2s, 16mm 

Penting untuk memeriksa lokasi di siang hari sebelum pemotretan. Dengan melakukannya, Anda akan tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana dan dapat merencanakan ke depannya. Misalnya, lalu lintas mungkin menjadi penghalang di beberapa negara, jadi mereka yang ingin mengambil gambar matahari terbenam harus mempertimbangkan untuk membuat bekal perjalanan.   

Bagi fotografer yang tertarik untuk mengabadikan foto matahari terbit, sangatlah penting untuk Anda datang lebih awal. Karena mungkin langit masih gelap ketika Anda mencapai lokasi pemotretan, ada baiknya Anda memperhatikan selama survei lokasi untuk melihat apakah ada bahaya di sekitar Anda yang perlu Anda waspadai.  

 

Datang lebih awal, tetap siaga 

EOS 6D Mark II, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/4, ISO 100, 1/15s, 20mm 

Tetaplah siaga bahkan setelah Anda merasa telah melihat matahari terbenam yang terbaik, tetapi datanglah lebih awal sebelum matahari mengintip dari cakrawala untuk foto matahari terbit. Tergantung pada bulan dalam setahun dan di mana Anda berada, warna di langit mungkin memiliki rona yang berbeda, atau awan dapat bergerak masuk dan memancarkan sinar matahari yang luar biasa. 

 

Eksposur ​ 

Exposure bracketing sering digunakan oleh fotografer lanskap untuk menangkap pemandangan dengan pengaturan eksposur yang berbeda. Juga, pertimbangkan untuk menggunakan fungsi ini untuk menangkap langit dan memadukannya selama pengolahan pascapemotretan. Canon DPP memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol yang detail atas proses pencampuran, yang pada gilirannya memungkinkan Anda mengontrol seberapa banyak bayangan yang ingin Anda sertakan dan menyoroti detail yang Anda ingin tetap ada dalam foto Anda.   

Anda juga dapat menggunakan polariser melingkar pada lensa Anda untuk meningkatkan kontras pada foto. Satu kelemahannya adalah Anda mungkin kehilangan beberapa detail bayangan, jadi ambil foto dalam RAW untuk mempertahankan sebanyak mungkin detail. Fungsi lain dari polariser melingkar adalah untuk mengontrol dan mengurangi pantulan dalam foto, tetapi itu juga akan mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke lensa. Jika kecepatan rana Anda terlalu rendah, pertimbangkan untuk menggunakan tripod untuk mendapatkan foto yang tajam. 

 

Latar depan yang menarik 

EOS 6D Mark II, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/4, ISO 100, 1/15s, 20mm 

Cari latar depan yang menarik untuk menambahkan elemen yang memikat pada foto Anda. Latar depan juga memberikan konteks pada lokasi, menjadikan foto lebih informatif daripada sekadar foto matahari terbit atau terbenam “lainnya”. Cara lain untuk menciptakan elemen yang menarik dalam foto Anda adalah dalam pemilihan lensa. Lensa sudut lebar atau sudut ultra lebar akan memungkinkan Anda untuk menyertakan lebih banyak area sekitar ke dalam foto Anda, sementara lensa telefoto akan memungkinkan Anda untuk mengisolasi matahari untuk foto yang lebih terfokus jika Anda ingin menekankan hal itu. Seperti yang disebutkan sebelumnya dalam artikel, memeriksa lokasi sebelumnya akan memungkinkan Anda untuk merencanakan foto Anda, memungkinkan Anda membawa lensa yang tepat.

 

Bukan rahasia lagi bahwa latihan membuat menjadi sempurna, dan itu juga berlaku untuk fotografi. Beberapa foto matahari terbit atau terbenam pertama Anda mungkin kurang memuaskan, tetapi kuncinya adalah jangan menyerah. Coba cari tahu apa yang salah dengan foto tersebut dan perbaiki di kesempatan berikutnya! 

 

Untuk artikel serupa: