LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Sebelum Meleleh: Rahasia Memotret Es Krim Secara Komersial

2021-10-12

EOS 5D Mark III, EF 24-70mm f/2.8 L USM, f/4, ISO 100, 1/160s, 70mm 

Melanjutkan seri kami tentang substitusi makanan yang cerdas (seperti Panduan Fotografi Cheese Pull Komersial di sini), temukan bagaimana es krim diganti dengan cerdas dan difoto tanpa kotor dan berantakan! Nevena Gulic dari @everybiteyoutake membawa kita melalui proses pengambilan gambar makanan penutup favorit ini di bawah cahaya yang hangat.

 

Alat yang dibutuhkan

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk foto es krim antara lain:

  • Pengaturan kamera
  • Tripod
  • Kombinasi cahaya buatan (kontinu, strobo, speedlite) dan cahaya alami
  • Penyebar cahaya seperti softbox, diffuser, payung
  • Laptop dengan aplikasi EOS Utility untuk pemotretan tethered
  • Latar belakang dan area permukaan yang menarik untuk melengkapi produk
  • Alat peraga untuk pemotretan guna menciptakan suasana, gaya, dan komposisi yang tepat
  • Mangkuk, alat pencampur, dan sendok es krim

Keperluan bahan makanan dan substitusi makanan:

  • Campuran kentang tumbuk instan
  • Pewarna makanan
  • Air
  • Wafer kerucut
  • Campuran gliserin dan air

Gambar yang kami coba

 

EOS 5D Mark III, EF 24-70mm f/2.8 L USM, f/3.5, ISO 100, 1/30s, 45mm 

Saya memilih untuk menggunakan es krim rasa cokelat dengan latar belakang terang untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan dari semangkuk camilan di rumah. Ada baiknya untuk selalu menggunakan warna komplementer dan netral dalam frame untuk menyeimbangkannya. Penting juga untuk tidak membuatnya terlalu ramai, memberikan ruang negatif yang cukup bagi pemirsa untuk mengistirahatkan mata mereka.

Gaya fotografi dibuat ringan, yang menurut saya adalah cara yang sempurna untuk menyajikan hidangan penutup yang menyenangkan seperti es krim.

Saya juga menggunakan kain linen untuk memberikan tekstur tambahan yang melengkapi es krim. Ini menciptakan sudut pandang menarik yang mengarah ke subjek.

 

Langkah 1: Pengaturan

  • LED kontinu dalam softbox segi delapan digunakan sebagai fill light yang diposisikan dengan sudut 25-30 derajat
  • Canon 600EX-RT Speedlite dalam payung pantulan dengan diffuser di sebelah kanan sebagai lampu utama
  • Bounce card putih di sebelah kamera untuk meningkatkan sorotan produk dengan memantulkan cahaya utama

Kamera diposisikan tepat di depan subjek atau sedikit ke kiri dari garis tengah.

Ada baiknya untuk selalu memiliki lebih dari satu sumber cahaya untuk mendapatkan isi dan sorotan yang lebih baik. Untuk lampu utama, saya menggunakan cahaya alami melalui jendela atau flash Canon Speedlite. Untuk fill light, saya menggunakan kombinasi lampu LED kontinu dan bounce card putih untuk sorotan tambahan.

Anda juga dapat menggunakan kombinasi speedlite dan cahaya alami untuk mendapatkan gambar yang sempurna. Perlu diingat bahwa pencahayaan kontinu biasanya tidak pernah sekuat cahaya alami atau strobo/lampu flash, sehingga membatasi penggunaannya dalam fotografi, terutama sebagai lampu utama.

Saya lebih suka memotret tethered dengan aplikasi EOS Utility. Ini adalah cara yang bagus untuk menangkap dan melihat gambar di layar yang lebih besar untuk mengevaluasi dan menyesuaikan detail-detail kecil.

Kesalahan umum yang harus dihindari:   

  • Jangan membuatnya terlalu ramai karena itu akan menghilangkan fokus dari subjek utama
  • Pastikan untuk membuat kontras dan separasi yang cukup dari latar belakang

 

Langkah 2: Membuat es krim Anda

Saya menambahkan pewarna makanan ke serpihan kentang tumbuk untuk mendapatkan konsistensi dan tampilan yang tepat.

Keuntungan menggunakan kentang tumbuk sebagai pengganti es krim adalah kentang tidak meleleh, sehingga memungkinkan Anda untuk menatanya sesuai keinginan, memberi Anda cukup waktu untuk menyempurnakan detail dan mendapatkan foto yang sempurna tanpa takut es krim meleleh.

Ini sangat penting ketika lingkungan pemotretan lebih hangat karena es krim akan segera mulai meleleh. Es krim yang meleleh akan memengaruhi kemampuan Anda untuk menangkap foto yang sempurna.

Untuk mendapatkan warna yang diinginkan, saya menggunakan pewarna makanan. Saya memutuskan untuk membidik warna cokelat susu. Untuk daya tarik tambahan, saya menambahkan satu sendok butiran cokelat susu.  

 

Tip: Dapatkan konsistensi es krim yang sempurna dengan menambahkan sedikit air setiap kali ke dalam campuran. 'Tampilan yang sedikit kering' akan membantu Anda mendapatkan efek kawah. Pewarna makanan juga harus ditambahkan di awal karena akan lebih sulit untuk mendapatkan distribusi warna yang merata di seluruh campuran jika ditambahkan kemudian.

Saya menyarankan untuk mencelupkan sendok es krim ke dalam air setiap kali sebelum menyendok campuran untuk mendapatkan tekstur permukaan yang lebih realistis. Untuk membuat es krim lebih stabil pada wafer kerucut, saya menambahkan tusuk gigi untuk menopang bola kentang (es krim) dari bagian bawah kerucut.

 

EOS 5D Mark III, EF 24-70mm f/2.8 L USM, f/5, ISO 100, 1/80s, 46mm 

Ingat: fotografi makanan terlihat paling baik dengan warna yang akurat. Baca di sini untuk mempelajari cara memotret warna secara akurat!

 

Untuk artikel serupa:

Panduan untuk Memotret Foto Makanan yang Menggugah Selera dan Dramatis

Nevena Gulic

Nevena Gulic

Nevena Gulic adalah fotografer pemenang penghargaan internasional dari Sydney, Australia. Nevena berspesialisasi dalam fotografi makanan dan produk komersial. Kliennya beragam mulai dari jaringan waralaba internasional dan bisnis menengah hingga bisnis mikro. Ia berusaha untuk menata dan menangkap momen dan emosi seolah-olah ada seseorang yang mengagumi mahakarya tersebut dan siap menyantap atau menikmatinya. Ia melihat setiap hidangan dan produk sebagai cerita yang perlu diceritakan melalui kombinasi pencahayaan, tekstur, gaya, dan komposisi yang tepat.