Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Canon EOS Ra: Untuk Memotret Bintang

2019-12-24

Canon EOS Ra

Apakah Anda suka berjemur di bawah langit malam, mengabadikan kilau bintang dan garis putih Bimasakti dengan lensa kamera Anda? Selain membutuhkan kesabaran, memotret langit malam juga sama sekali tidak mudah. Tetapi dengan kamera yang tepat, Anda dapat memotret kosmos dengan warna dan detail yang luar biasa.  

Semua ini bisa didapatkan dengan kamera Canon EOS Ra baru yang dirancang khusus untuk para astrofotografer. Dengan sensor CMOS full-frame sekitar 30,3MP dan prosesor gambar DIGIC 8 agar menghasilkan gambar dan kinerja berkualitas, EOS Ra memiliki kemampuan dan fitur mirrorless full-frame yang sama luar biasanya dengan EOS R, tetapi dengan dua elemen khusus - filter infrared cutoff dan pembesaran 30x. Oleh karena itu EOS Ra adalah pendamping ideal untuk memotret kejadian di langit, dari gugusan bintang hingga rasi bintang dan komet.

Canon EOS Ra
Lagoon Nebula, Trifid Nebula
EOS Ra, EF400mm f/2.8L IS III USM, f/2.8, 60 secs, ISO 3200, 400mm, edited using Digital Photo Professional

Sensitivitas Transmisi 4x Lebih Tinggi untuk Panjang Gelombang Hα

Akurasi warna dalam pasca-pemrosesan astrofotografi bisa menjadi sulit, terutama dalam mengeluarkan vibrance dalam saturasi. EOS Ra memiliki filter infrared-cutting khusus yang dimodifikasi untuk ditempatkan di depan sensornya untuk memungkinkan transmisi sinar alfa hidrogen sekitar 4x lebih banyak dibandingkan kamera EOS R standar. Dengan filter ini, detail halus dalam spektrum cahaya merah tua yang dipancarkan oleh nebula akan ditampilkan jauh lebih jelas dan detail dalam gambar, tanpa bantuan tambahan dari aksesori atau optik khusus.

30x Pembesaran Gambar Live View

Agar bintang yang jauh dapat terlihat sangat jelas pada lensa, Anda membutuhkan sedikit bantuan mode Live View pada EOS Ra. Hal ini dapat memberikan perbedaan gambar yang hampir fokus dan tajam. Dengan kemampuan untuk memperbesar gambar live-view hingga skala zoom 30x, EOS Ra dioptimalkan dengan baik untuk secara akurat fokus pada penyesuaian bintang yang presisi serta detail terkecil dari benda langit. 

Canon EOS Ra
Sculptor Galaxy
EOS Ra with telescope, 1200 secs, ISO 3200, composite of 10 images

Monitor LCD Vari-angle

Anda memotret dari sudut tinggi atau pun rendah, memasang kamera pada teleskop atau menggunakan tripod, fleksibilitas monitor LCD layar sentuh Vari-angle memberi Anda kebebasan dalam mengatur komposisi bidikan dari sudut mana pun. Monitor ini bahkan mendukung pemotretan dalam orientasi kamera vertikal (potret). Mengatur komposisi gambar dengan lensa kamera Anda mengarah ke langit membidik lanskap bintang tidak pernah semudah ini.

Jendela Bidik Elektronik Warna OLED

Dalam kondisi pemotretan yang sangat gelap, Anda dapat mematikan layar monitor LCD untuk mengurangi silau dan melihat bintang melalui jendela bidik elektronik. Jendela bidik elektronik warna OLED (Organic Light Emitting Diode) tipe 0,5 dengan resolusi 3,69 juta titik (rata-rata) dan cakupan jendela bidik 100% menampilkan gambar yang tajam dan hidup, ideal untuk memeriksa detail yang halus. Titik mata 23mm memungkinkan penggunaan yang nyaman, bahkan jika Anda mengenakan kacamata.

Canon EOS Ra
Large Magellanic Cloud
EOS Ra, EF70-200mm f/2.8L IS III USM, f/2.8, 60 secs, ISO 3200, 200mm

Sensitivitas ISO Tinggi

Saat memotret pemandangan malam tanpa bantuan autoguider, pengaturan sensitivitas ISO tinggi memudahkan penentuan komposisi, meminimalkan waktu pencahayaan dan menangkap luminositas langit bertabur bintang tanpa blur terkait lintasan. EOS Ra  menawarkan serangkaian pengaturan sensitivitas hingga ISO 40.000 untuk foto, dan dari ISO 100 hingga ISO 25.600 (film 4K) untuk rekaman film di lokasi yang redup.

Autofocus yang Andal di Malam Hari

Berhasil memfokuskan pada bintang yang redup dalam kondisi gelap gulita tetap merupakan salah satu tantangan utama di antara para astrofotografer. Hal itu tidak lagi menjadi masalah dengan adanya sistem Dual Pixel CMOS AF pada EOS Ra yang sangat responsif dan mampu beroperasi dalam kondisi seredup tingkat cahaya EV -6 dan dinaikkan hingga 5.655 posisi autofocus (AF) yang dapat dipilih secara manual. Ini berarti dengan cepat dan jelas menghasilkan fokus dari bintang yang redup dengan sangat cepat, akurat, dan mudah.

Canon EOS Ra
Milky Way
EOS Ra, RF15-35mm F2.8 L IS USM, f/4, 300 secs, ISO 1600, 15mm

Sistem Pemasangan RF

Sama halnya sistem EOS R pada kamera lain, EOS Ra dibangun dengan pemasangan RF yang menerapkan jarak fokus belakang lebih pendek untuk mencapai kinerja tinggi dan kualitas gambar yang sangat baik sehingga sangat cocok untuk astrofotografi. Pemasangan RF mendukung penggunaan lensa RF kami yang terbaik dan lebih dari 70 lensa EF saat dipasang dengan adaptor pemasangan, Anda dapat memilih beragam lensa untuk fleksibilitas dalam ekspresi kreatif

Ringan dan Tahan Lama

Saat bepergian untuk jarak jauh, terutama dengan teleskop, Anda ingin bagasi Anda seringan mungkin. Anda akan nyaman membawa EOS Ra dengan sasis berbahan campuran magnesium yang ringan dan tahan lama. Ditambah penutup tahan debu dan kedap air untuk mencegah debu dan kelembapan memasuki bagian penting kamera, Anda dapat dengan tenang membawa EOS Ra untuk pemotretan yang lama di luar ruangan.

EOS Ra kompatibel dengan serangkaian aksesori Canon yang berguna termasuk Remote Switch RS-60E3 dan Wireless Remote Control BR-E1 yang memudahkan pemotretan long-exposure di malam hari, dengan menghilangkan getaran dan guncangan tanpa mengorbankan kualitas gambar yang superior, kualitas yang belum pernah ada sebelumnya.