Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products In Focus: EOS 200D- Part 6

EOS 200D bagi Pemula: Bagaimana Menggunakan Creative Auto Mode untuk Lebih Meningkatkan Ekspresi Kreativitas

Jika Anda baru mengenal kamera DSLR, mode Creative Auto pada EOS 200D menyediakan cara mudah untuk menghasilkan foto yang menampilkan warna serba jelas dan buram latar belakang yang cantik. Berikut ini sejumlah contoh mengenai apa yang bisa dilakukan mode Creative Auto. Kami juga melengkapinya dengan pengaturan yang digunakan, yang dapat Anda tiru untuk mencobanya sendiri. (Foto & naskah oleh: Sayaka Suzuki)

EOS 200D

 

Creative Auto — mode yang membantu Anda menghasilkan gambar seperti yang Anda bayangkan

Setelah menguasai mode Scene Intelligent Auto dan Special Scene, Anda bisa mulai memikirkan tentang "ekspresi", atau jenis gambar yang ingin Anda hasilkan. Kamera DSLR menawarkan segudang fitur pemotretan yang memungkinkan Anda mengubah cara penampilan gambar, dan semakin Anda menguasai kamera Anda, keasyikan pun semakin bertambah untuk mencoba mode lainnya, misalnya, semi-automatic (semi otomatis) Program AE (P), Aperture-priority (Av), atau Shutter-priority (Tv), yang memungkinkan Anda mengontrol berbagai pengaturan, seperti white balance, aperture dan shutter speed (kecepatan rana). Tetapi, jika Anda merasa belum cukup siap mencoba semua mode itu, maka, mode Creative Auto pada EOS 200D memberi Anda cara mudah untuk mengendalikan kreativitas tanpa mengkhawatirkan soal pengaturan tersebut. Anda hanya tinggal memilih salah satu dari dua pengaturan 'Ambience' (Suasana).

Menu beranda Creative Auto

Mari mencermati foto yang kami ambil dengan menggunakan mode Creative Auto.

 

Pemandangan 1: Kamar anak yang bermandikan cahaya hangat di siang hari

Gambar dibidik dengan Creative Auto: Warm, menggunakan EOS 200D

EOS 200D/ EF-S18-55mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 55mm (setara 88mm)/ Creative Auto: Warm (f/5.6, 1/200 det., EV+0.3)/ ISO 6400/ WB: Auto

Berbagai mainan terlihat seakan-akan sedang menanti sang anak untuk bermain bersama mereka. Kami memilih untuk menampilkan gambar dalam nada warna hangat, untuk menangkap momen yang menyenangkan ini.

Ketenteraman warna serba hangat

Cahaya yang menembus melalui gorden kuning menyelimuti seluruh kamar dalam warna kuning. Yang paling baik untuk menerpakan warna ini, kami menggunakan pengaturan 'Warm' (Hangat). Terdapat banyak mainan berbentuk bundar, berbahan kayu klasik yang menampilkan suasana lembut dan temaram, jadi kami memutuskan untuk lebih menegaskannya dengan menggunakan rona jingga agar bisa menghasilkan polesan nostalgia pada hasil akhir foto.

Apabila subjek dan pengaturan Anda melibatkan sejumlah warna yang ekstrem, kemungkinan Anda akan menghasilkan gambar yang Anda bayangkan, kalau Anda menyoroti berbagai fitur yang menonjol di lokasinya. Karena memerlukan waktu yang lama untuk menyiapkan kamera, kondisi cahaya mungkin sudah berubah, jadi gunakan naluri Anda untuk menentukan pengaturan suasana yang agak digunakan. Di sini, kami menetapkan efek ke 'Low' (Rendah) agar warna jingga tidak terlalu kuat.

Pengaturan Creative Auto

●Finish: Ambience …… Warm
●Finish: Effect ………… Low
●Background blur ……… 1
●Drive mode …………… Single shooting
●Built-in flash firing …… Built-in flash off

 

Pemandangan 2:  Menangkap secara jelas aura sang anak yang bersemangat

Gambar dibidik dengan Creative Auto: Vivid, menggunakan EOS 200D

EOS 200D/ EF35mm f/2 IS USM/ FL: 35mm (setara 56mm)/ Creative Auto: Vivid (f/2.8, 1/125 det., EV±0)/ ISO 2500/ WB: Auto

Bidikan ini diambil pada hari mendung, saat cahaya yang masuk ke dalam rumah, lemah. Sang anak sedang asyik bermain. Di sini, kami menggunakan ‘Creative Auto – Vivid’ untuk menciptakan gambar yang menghadirkan warna permen yang serba cerah, sekaligus menyampaikan bahwa ini diambil di dalam ruangan.

Tambahkan sejumlah variasi ke dalam gambar Anda dengan warna yang serba jelas

Suasana ruangan gelap dengan pengurangan saturasi, tetapi kami ingin menghasilkan gambar yang cerah dan jelas, agar selaras dengan semangat sang anak. Oleh karena itu, kami menetapkan ambience (suasana) ke 'Vivid' (Jelas). Untuk lebih meningkatkan kejelasan warna dalam gambar, kami menempatkan balon transparan di latar depan, lalu mendefokusnya. Ini adalah sumber aksen warna pelangi di sisi kiri gambar.

Mode 'Vivid' membuat warna-warnanya tampak cerah dan jelas, yang khususnya berguna untuk menangkap foto yang cantik, bahkan apabila kondisi pencahayaannya tidak ideal. Lagipula, semua momen sempurna pada gambar tidak harus terjadi di siang hari! 

Kami menetapkan 'Built-in flash off' untuk gambar ini, karena cahaya yang kuat mungkin bisa merusak kelembutan gambar.

Pengaturan Creative Auto

●Finish: Ambience …… Vivid
●Finish: Effect ………… Strong
●Background blur ……… OFF
●Drive mode …………… Continuous
●Built-in flash firing …… Built-in flash off

 

Pengaturan yang dapat dilakukan dalam Creative Auto

Pengaturan yang memungkinkan dalam Creative Auto, dijelaskan di bawah.

●Finishing

Pengaturan ambience (suasana) yang tersedia pada EOS 200D

Pilih 'Ambience' (Suasana) yang diinginkan menurut nada warna, kecerahan, dll., yang ingin Anda sampaikan dalam gambar. Terdapat 9 jenis pengaturan Ambience (Suasana) yang tersedia: Ambience: Standard/ Vivid/ Soft/ Warm/ Intense/ Cool/ Brighter/ Darker/ Monochrome. Setelah memilih ambience, pilih 1 dari 3 level efek: 'Low', 'Standard', atau 'Strong'.

●Background blur

Layar penyesuaian Background blur (Buram latar belakang) - EOS 200D

Tergantung pada lensa yang digunakan, Anda bisa menggunakan 3 atau 5 level background blur (buram latar belakang) untuk menyesuaikan tingkat keburaman.

 

OFF

Creative Auto EOS 200D: Background blur - OFF

Low

Creative Auto EOS 200D: Background blur - Low
 

 

Standard

Creative Auto EOS 200D: Background blur - Standard

Strong

Creative Auto EOS 200D: Background blur - Strong

 

 

●Mengubah drive mode

Pengaturan layar Creative Auto – Drive Mode/Continuous Shooting/Timer EOS 200D

Bahkan, dalam mode Creative Auto, Anda tetap masih bisa menggunakan fungsi continuous shooting (pemotretan beruntun) dan self-timer. Ini membantu Anda menangkap objek bergerak serta potret diri.

●Menggunakan lampu kilat built-in

Layar pengaturan penembakan lampu kilat Built-in Creative Auto - EOS 200D

Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan lampu kilat built-in. Anda dapat dengan mudah menonaktifkan lampu kilat apabila sedang memotret di lokasi yang melarang penggunaan lampu kilat.

 

Mengonfigurasi pengaturan mode Creative Auto

 

1. Tetapkan mode dial ke 'CA' (Creative Auto).

Mode Creative Auto pada mode dial

2. Ketuk 'OK'.

Mode Creative Auto pada mode dial
 

3. Tekan tombol Quick Control dan ketuk 'Ambience'.

Layar menu pengaturan mode Creative Auto

4. Ketuk pengaturan ambience yang ingin Anda gunakan, lalu tekan 'SET'.

Layar pemilihan ambience mode Creative Auto
 

5. Ketuk Effect (Efek), lalu pilih dari 'Low'/ 'Standard'/ 'Strong'.

Layar pengaturan level ambience effect (efek suasana) - mode Creative Auto

 

6. Ketuk 'Background Blur', dan pilih dari 3 atau 5 level untuk tingkat keburaman.

Mode Creative Auto - memilih opsi buram latar belakang
Mode Creative Auto - Menu level efek Buram latar belakang
 

7. Ketuk mode Drive dan pilih dari 'Single shooting'/ 'Continuous shooting'/ 'Self-timer: 10 sec. remote control'/ 'Self-timer: 2 sec.'/ 'Self-timer: Continuous'.

Mode CA - memilih mode Drive
Mode CA - memilih mode continuous shooting (pemotretan beruntun)
 

8. Ketuk 'Built-in flash firing' (Penembakan lampu kilat built-in), lalu pilih dari 'Auto built-in flash'/ 'Built-in flash on'/ 'Built-in flash off'.

Mode CA - memilih mode penembakan lampu kilat built-in
Mode CA: Menu opsi Built-in flash firing (Penembakan lampu kilat built-in)

 

Untuk ulasan dan contoh gambar lainnya dari EOS 200D, bacalah artikel berikut:
Fotografi Lanskap dengan EOS 200D: Ulasan dengan Contoh Gambar
Ulasan EOS 200D: Fotografi perjalanan dan fotografi jalanan
EOS 200D: Ulasan dengan Contoh Gambar

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Sayaka Suzuki

Sayaka Suzuki

Setelah lulus dari Fakultas Desain di Tokyo University of Art and Design, Suzuki mulai bekerja di perusahaan pembuatan video. Ia juga magang di bawah arahan produser Tan Hakata Setelah belajar mengenai pembuatan video dan editing, ia magang ke fotografer Shin Yamagishi, kemudian mulai bekerja mandiri pada bulan Februari 2012. Saat ini, selain majalah-foto, ia telah mengembangkan cakupan aktivitasnya terutama meliputi sampul CD, foto iklan, dan fotografi video, dan sebagainya.