Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

Ulasan Lensa: EF11-24mm f/4L USM dalam Fotografi Lanskap

Di dunia fotografi lanskap, permintaan lensa yang lebih lebar dan lebih tajam tampaknya digaungkan oleh para pemotret lanskap profesional di seluruh dunia. Untuk memenuhi permintaan ini, hadirlah EF11-24mm f/4L USM, lensa ultra lebar tercanggih untuk DSLR full-frame. Berbekal dengan ini dan bodi EOS 5D Mark IV, fotografer Shirou Hagihara memberi tahu kita mengenai apa yang membuat lensa ini wajib dimiliki oleh para fotografer lanskap di mana saja. (Dilaporkan oleh: Shirou Hagihara)

 

Alami sendiri lensa sudut lebar yang melampaui cakupan yang dapat dilihat secara kasat mata

Sebanyak tiga kali saya dibuat tercengang oleh EF11-24mm f/4L USM. Pertama kali ketika saya membeli lensa ini. Karena harga lensa ini memang mahal, bahkan di antara jajaran lensa L, tentu saja hal ini berdampak pada dompet saya. Kedua kali, ketika saya pertama kali memegang lensa ini setelah membelinya. Lensa ini memang tidak begitu dikenal akan bobot cahaya dan ukurannya yang ringkas, tetapi saat memegangnya secara nyata di tangan, saya menyadari betapa penting kehadirannya dirasakan, khususnya untuk pemotretan yang mengharuskan fotografer berpindah-pindah tempat.

Ketiga kali, saat pertama kali saya melihat gambar yang sudah saya bidik dengan lensa ini. Kualitas gambar yang menakjubkan sudah cukup bagi saya untuk tertawa terbahak-bahak dan memaklumi dua kejadian pertama. 

Kualitas gambar, kurang-lebih menjadi jaminan di sini. Dan, yang lebih mengagumkan dari segalanya yaitu, pada panjang fokus 11mm, garis lurus pada umumnya digambarkan lurus, dan tidak ada tanda-tanda distorsi yang tidak wajar, bahkan pada bagian pinggir gambar. Bahkan, aberasi kromatik ditekan hingga level yang lebih bawah dari lensa zoom sudut ultra lebar konvensional lainnya di kelas yang sama. Lensa ini mungkin akan bersinar cemerlang, khususnya dalam genre seperti fotografi lanskap yang menuntut daya reproduksi detail setinggi-tingginya.


Bacalah artikel berikut ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang lensa zoom! 
Dasar-Dasar Lensa #1: Lensa Zoom

 

11mm

EOS 5D Mark IV/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 11mm/ Aperture-priority AE (f/16, 1/160 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto
Pemotretan pada aperture f/16 menghasilkan efek starburst (semburat cahaya bintang) tanpa jejak flaring (efek seperti kabut atau asap), sedangkan ghosting (semacam bentuk bayangan yang teramati secara jelas) agak kentara walaupun masih dalam kisaran toleransi. Bagian tepi gambar digambarkan bebas distorsi sehingga membuatnya sangat menyenangkan untuk dilihat.

 

Namun demikian, akan lebih baik kalau mengetahui berbagai fitur lensa ini sebelum membeli. Yang pertama, karena elemen depan lensa bundar dan menonjol keluar, Anda tidak akan dapat menggunakannya dengan filter screw-on (sekrup) konvensional. Alih-alih, Anda harus menggunakan filter rear gelatin (gelatin belakang), yang Anda sematkan ke dalam dudukan filter di belakang lensa. Yang kedua, desain lensa memadukan hood lensa petal (kelopak). Cahaya matahari tetap masih bisa masuk secara mudah, namun demikian, kemungkinan ada sebagian pemandangan di mana ghosting masih bisa terjadi. Yang ketiga, apabila dipasang pada bodi DSLR besar, seperti EOS 5D Mark IV, seluruh penataan menjadi agak berat di depan, sehingga penting memiliki tripod dan kepala tripod yang kokoh. 

Namun demikian, semua poin ini kemungkinan tidak terlalu berarti apabila mempertimbangkan kualitas gambar yang mengesankan. Inilah lensa yang pasti tidak membuat Anda menyesal membelinya.

 

24mm

EOS 5D Mark IV/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 24mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/320 det., EV-0,7)/ ISO 200/ WB: Auto
Pada sisi lain dari ujung 11mm lensa megah ini, ujung telefoto memberikan kemudahan penanganan panjang fokus 24mm, yang memungkinkan pemotretan pemandangan sesuai aslinya. Kualitas gambarnya tajam, dari sudut ke sudut, dengan performa yang luar biasa apabila melakukan stop down ke f/8 atau f/11.

 

Diagram konstruksi lensa

A: Elemen lensa asferis
B: Elemen lensa UD

 

SPESIFIKASI
Konstruksi Lensa: 16 elemen dalam 11 kelompok
Jumlah bilah aperture: 9
Jarak pemfokusan minimum: 0,28m (pada 24mm)
Pembesaran maks.: 0,16x (pada 24mm)
Diameter filter: Tipe sisipan belakang
Ukuran: kira-kira φ108×132mm
Bobot: kira-kira 1.180g

 

Bacalah artikel berikut untuk mempelajari lebih lanjut mengenai EF11-24mm f/4L USM!
[Bagian 1] Dunia Lensa 11mm Ultra-wide Angle yang belum pernah ada sebelumnya
[Bagian 2] Desain Optik yang Sepenuhnya Mengerahkan Teknologi Lensa EF
[Bagian 3] Daya Guna dan Daya Ekspresif Istimewa Kisaran Panjang Fokus 11-24mm
[Bagian 4] Mengejar Durabilitas Tingkat Tinggi & Ketahanan Terhadap Debu dan Tetesan Cairan

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Shirou Hagihara

Shirou Hagihara

Lahir pada tahun 1959 di Yamanashi. Setelah lulus dari Nihon University, Hagihara ikut dalam peluncuran majalah fotografi, “Fukei Shashin”, tempat ia bekerja sebagai editor dan penerbit. Tak lama kemudian, ia berhenti bekerja dan menjadi fotografer freelance. Pada saat ini, Hagihara aktif dalam fotografi dan karya tulis yang berpusat pada lanskap alam. Ia adalah anggota Society of Scientific Photography (SSP).

Digital Camera Magazine

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation