Close
Produk >> All Products

PowerShot ZOOM: Teleskop Ukuran Saku yang mudah untuk Pemotretan Gambar Diam (Shoot Stills) dan Perekaman Video Perjalanan

Diluncurkan 25 Februari 2021, PowerShot ZOOM adalah suatu digital monocular yang ringkas, yang berfungsi seperti teleskop dengan kemampuan pemotretan foto dan perekaman video. Selain menghasilkan video dan gambar diam berkualitas tinggi, dengan alat ini, Anda pun dapat berbagi secara online melalui smartphone yang berpasangan. Bentuknya sangat mungil dan mudah dimasukkan ke dalam saku baju Anda.Alat ini menghadirkan pengalaman pembuatan gambar yang baru untuk berbagai aktivitas di luar ruangan, seperti olahraga, mendaki gunung, atau pengamatan burung.

1. Apa itu PowerShot Zoom?
2. Komponen utama: Sensor CMOS, DIGIG 8, 2,36 juta titik EVF
3. Daya telefoto: Hingga panjang fokus 800mm dengan stabilisasi gambar
4. Fitur Still shooting (Pemotretan gambar diam)
5. Fitur video
6. Konektivitas
7. Aplikasi industri

 

Apa itu PowerShot ZOOM?

PowerShot ZOOM adalah suatu konsep baru yang sulit dijabarkan dalam kategori apa pun yang ada saat ini. Penggunaannya yang paling mendasar adalah sebagai monocular (bermata satu)—Anda melihatnya melalui teleskop ini dengan satu mata. Namun demikian, daya penglihatannya melampaui perangkat tampilan, sehingga Anda dapat menangkap dan mengabadikan apa yang Anda lihat dalam gambar diam dan video. Dengan kata lain, ini adalah kamera, camcorder dan teleskop yang digabungkan menjadi satu alat: kamera digital monocular ukuran saku.

Monocular konvensional memperbesar benda dengan menggunakan optik, tetapi sistem PowerShot ZOOM merupakan hibrida digital optik. Ini adalah salah satu perbedaan terbesar di antara kedua alat tersebut.

 

Komponen utama: Sensor CMOS, prosesor gambar DIGIC 8, dan 2,36 juta titik EVF dalam satu wadah mungil yang tidak pernah ada sebelumnya

PowerShot ZOOM ukuran saku mengemas optik telefoto, sensor gambar CMOS 12,1 megapiksel untuk membaca gambar yang ditangkap oleh optik dimaksud, dan electronic viewfinder (EVF) 2,36 juta titik sebesar 0,39 inci—mirip dengan yang ditemukan pada kamera mirrorless seperti EOS RP. Pemrosesan gambar dilakukan oleh mesin pemrosesan gambar DIGIC 8, sama seperti yang terdapat pada sebagian besar kamera digital terbaru Canon, memastikan bahwa gambar yang Anda lihat, berkualitas tinggi. Kemampuan untuk merekam gambar diam dan video, merupakan bagian dari kemasan.

Dengan konektivitas Wi-Fi built-in, Anda dapat dengan mudah mengirimkan dan berbagi gambar telefoto dan video yang sudah Anda rekam ke smartphone yang berpasangan melalui aplikasi Camera Connect Canon.

Hebat ya? Anda mendapatkan semua fitur ini dalam satu wadah atau bodi yang begitu mungil dan ringan, sehingga dapat dipegang oleh tangan Anda.

 

3. Daya telefoto: Hingga panjang fokus 800mm dengan stabilisasi gambar

Dari segi perbesaran teleskopik, PowerShot ZOOM mampu memperbesar subjek 1,2x dan 4,8x secara optik, dan 9,6x secara digital. Dari segi panjang fokus kamera, sebesar 100mm, 400mm dan 800mm (setara full-frame 35mm).

Dengan menekan tombol ZOOM, Anda dapat silih-ganti antara 100mm (1,2x zoom optik), 400mm (4,8x zoom optik), dan 800mm (9.6mm: 4,8x optik + 2x zoom digital). Untuk fokus, tekan separuh tombol PHOTO.


Kemampuan super telephoto ini disertai sistem stabilisasi gambar (IS) kebanggaan Canon, yang memastikan tayangan yang lebih stabil melalui EVF. Hal ini sangat penting untuk fokus yang panjang: bagi mereka yang belum pernah mencoba melihat pemandangan pada panjang fokus 400mm ke atas melalui perangkat genggam non-stabilisasi, atau teropong, akan mengetahui sehebat apa goyangan yang bisa terjadi pada hasil gambarnya. Bahkan, pada 800mm, akan sulit melacak subjeknya. Teropong yang dilengkapi IS dari Canon telah begitu populer di antara mereka yang sudah mengenalnya, tetapi PowerShot ZOOM mungkin perangkat teleskopik terkecil saat ini yang memiliki kemampuan stabilisasi gambar.

Sebagai pelengkap fiturnya, ada sistem AF (autofocus/fokus otomatis) untuk membantu pemfokusan. Jika Anda mengaktifkan pengaturan Continuous AF (AF Beruntun) agar kamera terus-menerus mendapatkan fokus, Anda tinggal mengarahkan PowerShot ZOOM pada subjek untuk memperoleh tampilan close-up yang stabil. Mengabadikan pemandangan dalam gambar diam (still) atau video, hanya tinggal menekan satu tombol.

 

Pemotretan gambar diam (still): Gambar 12,1 megapiksel, hingga pemotretan beruntun 10 fps

Dengan sensor gambar CMOS yang memiliki 12,1 megapiksel efektif dan mesin pemrosesan gambar DIGIC 8, PowerShot ZOOM dilengkapi dengan baik seperti kamera digital. Resolusi megapikselnya cukup untuk mencetak gambar ukuran A4 300 dpi, belum lagi penggunaan normal setiap hari, seperti online posting dan berbagi gambar di media sosial.

Dibidik dengan pengaturan perbesaran 4,8x optik (panjang fokus 400mm yang setara full-frame 35mm full frame). Anda dapat memilih di antara 2 AF mode: “Face detection + Subject tracking priority AF” dan “1-point AF”.

 

Kekuatan terbesar PowerShot ZOOM adalah kemampuannya untuk membidik gambar super telephoto pada kesetaraan panjang fokus 800mm. Pemotretan telefoto pada smartphone biasanya melibatkan zoom digital, dan semakin tinggi perbesarannya, semakin memburuk kualitas gambarnya. PowerShot ZOOM menghasilkan gambar 100mm dan 400mm melalui zoom optik, dan selanjutnya, untuk mencapai 800mm (perbesaran 9,6x) memerlukan zoom digital tambahan hanya 2x, menghasilkan kualitas gambar yang sedikit lebih rendah.

Mempasangkannya dengan smartphone melalui Wi-Fi built-in, Anda dapat melihat tampilan EVF pada layar smartphone dan menangkap gambar dari smartphone—Fungsi yang dapat dimanfaatkan untuk “berbagi” tampilan telefoto di tempat dengan pendamping, atau untuk pemotretan jarak jauh dalam situasi yang membuat Anda tidak nyaman kalau berada tepat di belakang kamera.


PowerShot ZOOM juga mampu melakukan pemotretan beruntun hingga 10 frame per second (bingkai per detik). Dengan memadukan kemampuan pemotretan telefoto, alat ini memberikan pilihan praktis untuk menangkap subjek bergerak di kejauhan, seperti burung, satwa di kehidupan alam liar, bahkan aktivitas olahraga.

 

Merekam video: Full HD 30p/25p

Untuk pemandangan yang tidak memadai sebagai gambar diam, PowerShot ZOOM menawarkan kemampuannya untuk perekaman video Full HD pada 29,97/23,98 fps (NTSC) dan 25.00 fps (PAL). Sekarang, Anda dapat mengabadikan gambar atlet favorit yang sedang beraksi secara closeup. Setelah daya baterai diisi penuh, Anda dapat merekam video berdurasi sekitar 60 menit* (atau tayangan playback selama kira-kira 70 menit). Itu cukup untuk pengambilan sejumlah klip pendek berdurasi selama beberapa menit, bahkan sepanjang acara atau turnamen yang berlangsung beberapa jam.

*Perekaman video tidak tersedia apabila koneksi Wi-Fi sedang digunakan.

Dukungan untuk menghidupkan dan pengisian daya USB-C, memungkinkan Anda untuk mengaktifkan perangkat di lokasi dengan power bank portabel. Meskipun penggunaan USB Power Adapter PD-E1 (dijual terpisah) Canon sangat direkomendasikan, namun adaptor pengisian daya pihak ketiga, juga didukung**.

* Waktu per perekaman: hingga 9 menit 59 detik
**Adaptor Power harus USB Type-C dan kompatibel dengan Power Delivery, output voltase / output arus listrik: 9V DC / 2A atau lebih.

 

Benda ajaib yang mengubah smartphone menjadi kamera super telefoto

Untuk menghubungkan PowerShot ZOOM dengan smartphone, gunakan aplikasi smartphone Camera Connect gratis dari Canon. Peningkatan dan pembaruan yang terus-menerus dilakukan pada alat konektivitas seluler Camera Connect untuk kamera EOS, tidak hanya kaya fitur tetapi juga ramah pengguna secara konsisten.

Banyak sekali yang dapat Anda lakukan pada Camera Connect, dan semua ini dibagi ke dalam dua kategori:

i) Transfer Data

Pratinjau gambar dan video yang Anda bidik dan rekam dengan PowerShot ZOOM pada layar smartphone yang lebih besar, dan mengunduh sejumlah file pilihan ke smartphone Anda.

ii) Remote Live View

Menampilkan tayangan PowerShot ZOOM pada smartphone untuk penglihatan dan pembidikan jarak jauh*.

*Bergantung pada lingkungan komunikasinya, mungkin ada keterlambatan atau jeda pada pengoperasian jarak jauh atau gambar Live View jarak jauh. Pemotretan jarak jauh hanya untuk gambar diam.

Pairing atau pemasangan, mudah dilakukan: Anda tinggal mengunduh aplikasi, menjalankannya, dan mendaftarkan PowerShot ZOOM, Perangkat akan terhubung setelah Anda menjalankan aplikasi dan menghidupkan PowerShot ZOOM. Hal ini memungkinkan Anda menggunakan PowerShot ZOOM seperti lensa telephoto eksternal untuk smartphone Anda.

 

Bukan untuk kenyamanan semata: Praktis untuk jurnalisme, keamanan, dan juga pemeliharaan infrastruktur!

Dengan ukurannya yang ringkas, dapat digenggam dalam telapak Anda, antarmuka yang mendukung pengoperasian satu tangan, dan mampu merekam video dan gambar diam yang berkualitas, PowerShot ZOOM berguna untuk beragam pemandangan yang tidak biasa. Alat ini praktis bagi para jurnalis untuk mengabadikan berbagai pemandangan seperti kecelakaan, bencana alam, di mana tidak memungkinkan untuk membawa kamera dan lensa besar. Para pengguna juga dapat mengamati secara diam-diam dari kejauhan, yang akan membantu pengintaian dan kerja keamanan. Bagi mereka yang bekerja dalam bidang konstruksi atau pemeliharaan infrastruktur, akan menarik manfaat dari kemampuan alat ini untuk memeriksa dan memotret kebocoran, keretakan, dan detail lainnya di tempat tinggi, hanya dengan alat genggam yang mungil ini.

Dalam hal ini, konsep baru PowerShot ZOOM memperluas kemungkinan penggambaran melampaui hal-hal yang biasa.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!