Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Inspirations >> Photos & People

Inilah yang Terjadi Saat Fotografer Dokumenter Memotret Lanskap

2019-09-06

Fotografer dokumenter Malaysia, Annice Lyn, menerima tantangan EOS RP untuk memotret lanskap BOH di Cameron Highlands, Malaysia.


EOS RP, lensa RF24-105mm F4 L IS USM, f/4.0, 24mm, 1/1600 detik, ISO100

Apa yang paling menarik/menantang dari tugas ini?

Bagian paling menarik adalah kurang jelasnya petunjuk tentang siapa dan kapan saya harus mengambil gambar. Lebih ke mendengar dan melihat aspek-aspek makro dan mikro dari atmosfir sekitar. Perjalanan melalui pengalaman sensorik & rekreasi tentang Perkebunan BOH mulai dari pemahaman tentang subyek/warisan merek hingga seluk-beluk budidaya & pengolahan barang /teh mereka. Perjalanan ini lebih tentang meluangkan waktu untuk berjalan dan memahami setelah pengambilan foto dan pada saat yang bersamaan menghargai pemandangan perkebunan yang menawan.

Bagaimana Anda menyelesaikan tugas ini?

Melalui pembukaan resmi Tristan’s Terrace di Sungei Palas Tea Centre dan perayaan Ulang Tahun BOH ke 90. Terletak di Cameron Highlands – sebuah destinasi ekowisata dan agrowisata yang dipenuhi oleh harta karun berkat keanekaragaman hayati yang khas dan ekosistem yang unik ditambah cuaca suhu yang dingin, pertanian dataran tinggi yang berkelanjutan & perkebunan teh yang tertata rapi.

 


EOS RP, lensa RF24-105mm F4 L IS USM, f/4.0, 24mm, 1/125 detik, ISO100

Foto-foto diambil di perkebunan BOH Tea Centre dari berbagai sudut seperti dari Sungei Palas Tea Centre yang mengangkat gaya arsitektur kontemporer termasuk balkon gantung setinggi 20 kaki yang berfungsi sebagai dek penglihatan dan didesain untuk mengintegrasikan lanskap dataran tinggi alami.


EOS RP, lensa RF24-105mm F4 L IS USM, f/4.0, 85mm, 1/2000 detik, ISO200

Ketika kita berpindah tempat ke sayap baru – Tristan’s Terrace, terbukalah perspektif yang berbeda. Sayap baru itu mirip dengan jalan setapak yang menghadap ke taman yang telah ditata sedemikian rupa untuk menawarkan pemandangan perkebunan terbaik. Dengan menurunkan EOS RP, saya berhasil mendapatkan perspektif yang berbeda – saya menangkap gambar bunga-bunga liar dengan perkebunan sebagai latar belakangnya dengan cara mengubah LCD layar sentuh berbagai sudut (Vari-angle) dan menggunakan fungsi rana layar sentuh.


EOS RP, lensa RF24-105mm F4 L IS USM, f/4.0, 24mm, 1/800 detik, ISO100
Tristan's Terrace


EOS RP, lensa RF24-105mm F4 L IS USM, f/22, 32mm, 1/80 detik, ISO400

Setelah hari itu, kami diberi tumpangan ke perkebunan, tempat dimana saya berhasil menggabungkan sentuhan gaya pribadi dengan memotret secara diam-diam Caroline Russell, Ketua Eksekutif BOH Plantations Sdn Bhd. Dilihat dari perspektif fotografer dokumenter, saya pikir sangatlah penting untuk mengambil gambar seseorang saat sedang memproyeksikan warisannya dan membiarkan para pemirsa untuk mengenalnya.


EOS RP, lensa RF24-105mm F4 L IS USM, f/4.0, 24mm, 1/320 detik, ISO100
Caroline Russell, Ketua Eksekutif BOH Plantations Sdn Bhd

Bagaimana pendapat Anda tentang Canon EOS RP?

Ketika saya sedang tidak bertugas atau sedang melaksanakan tugas minor, saya ingin terlibat dengan subyek saya dan menjadi lebih terhubung dengan orang-orang yang saya potret. Pada saat inilah Canon EOS RP hadir - ringan, ringkas namun tanpa cermin dan bingkai penuh dengan fitur hebat untuk menangkap kehidupan sehari-hari ditambah kebebasan untuk bergerak dan mengekspresikan kreativitas saya saat berkomunikasi dengan subyek saya.

Fitur-fitur seperti LCD layar sentuh berbagai sudut (Vari-angle), rana layar sentuh serta cincin pengendali khusus yang dipasang ke ISO, sangat membantu saya menghadirkan gambar dari penglihatan menjadi terlihat hidup.


EOS RP, lensa RF24-105mm F4 L IS USM, f/4.0, 24mm, 1/1000 detik, ISO100

Apa yang Anda pikirkan ketika proses memotret lanskap ini yang biasanya tidak Anda lakukan?

Saya percaya seluruh bentuk fotografi sebagai salah satu bentuk seni yang membutuhkan usaha yang tekun untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Saya terjun ke fotografi lanskap dengan pikiran terbuka dan kekaguman penuh akan keindahan alamnya.

Pemikiran saya selama proses ini adalah untuk bersabar (yang biasanya tidak saya lakukan ketika melakukan fotografi dokumenter atau olahraga) karena hal ini berperan penting pada saat melakukan fotografi lanskap – menunggu saat yang tepat termasuk situasi cuaca. Saya mulai menyadari hal ini dengan melakukan segala sesuatu secara lambat, menjadi tenang, dan tetap memperhatikan bagaimana cahaya bergerak melintasi tanah.

Apa nasihat yang akan Anda berikan untuk fotografer yang sedang mempertimbangkan mengubah genre fotografi mereka?

Jangan takut untuk bereksplorasi dan jangan mengelompokkan diri Anda ke genre fotografi yang berbeda. Belajar dari berbagai gerai dan sesekali bergabunglah dengan sesama rekan Anda di acara-acara yang diluar zona nyaman Anda. Sebagai seorang fotografer, Anda mempunyai spesialisasi dan dikenal dengan genre tertentu, namun demikian akan sangat baik dan bahkan merupakan sebuah fakta bahwa menyimpang sedikit dari keahlian Anda adalah perubahan yang baik. Hal ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengeksplor sesuatu yang berbeda dan membiarkan kreatifitas Anda keluar. Yang paling penting, fotografi berasal dari hati.


EOS 5D Mark III, lensa EF40mm f/2.8 STM, f/2.8, 40mm, 1/500 detik, ISO100
Photographer Annice Lyn

Apakah genre fotografi Anda saat ini mempengaruhi cara Anda dalam menyusun gambar lanskap?

Iya, tentu saja! Fotografi lanskap lebih tentang mengantisipasi momen yang tepat dan mengeksplorasi perspektif dan komposisi yang kreatif. Melalui proyek ini, saya belajar untuk mengekstrak setiap keindahan dari kondisi yang berada jauh di luar kendali saya. Hal ini menantang seseorang seperti saya untuk menemukan komposisi dan sudut yang unik dan berpacu melawan cahaya yang terus berubah.

 

Untuk wawancara fotografer lainnya, silakan cek artikel-artikel berikut ini:

Dapatkah EOS R Bertahan di Musim Dingin Yang Keras di Kanada?

Fotografi Minimalis untuk Pernikahan: Tips oleh Seorang Profesional

Tips yang Sangat Menarik dari Para Profesional dalam Fotografi Perjalanan

Jika Anda ingin mulai memotret dengan Canon EOS RP, baca Menjelajahi Kota dengan Canon EOS RP dan pelajari lebih lanjut tentang 7 Fitur Utama EOS RP.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Annice Lyn

Annice Lyn

Mantan pemain figure skating, Annice Lyn telah mengembangkan hasratnya terhadap fotografi sembari meraih gelar sarjananya dalam bidang arsitektur. Dia berpendapat bahwa seni fotografi mampu mangartikulasikan dan menuangkan berbagai fragmen waktu ke dalam pencitraan yang abadi. Wanita fotografer pertama yang berkedudukan di Malaysia, yang terakreditasi untuk meliput Olimpiade Olahraga Musim Dingin XXIII (PyeongChang 2018). Hasil karyanya telah terambil oleh Associated Press, AFP, Washington Post, USA Today dan berbagai platform berita online, baik secara lokal & internasional.  Sekarang, sebagai Duta Remaja Canon Malaysia EOS, dia ingin mendokumentasikan secara visual, terutama minatnya dalam bidang fotografi kemanusiaan, olahraga, dan karya seni visual yang disampaikan pada platform Anntopia miliknya.

Situs web: www.anntopia.net
Instagram: @annicelyn (Pribadi), @sportsbyannicelyn (Olahraga), @anntopia (Visual Arts)
Facebook: http://www.facebook.com/byanntopia