Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Produk >> All Products

5 Hal yang Tidak Anda Ketahui Mengenai EF16-35mm f/4L IS USM

Semenjak dirilis pada tahun 2014, EF16-35mm f/4L IS USM telah menjadi lensa pilihan populer di antara para fotografer lanskap, karena menawarkan opsi harga yang agak lebih terjangkau bagi mereka yang tidak memerlukan lensa cepat. Bagaimana cara meningkatkan performa lensa sudut ultra lebar? Seberapa hebatkah terobosan yang dihadirkan oleh EF16-35mm f/4L IS USM saat lensa ini dirilis? Inilah yang kami pelajari dari wawancara Junichi Date dengan para pengembang EF16-35mm f/4L IS USM.
Wawancara selengkapnya dapat ditemukan di sini.

 

1. Lensa ini dirilis bulan Mei 2014 sebagai tanggapan terhadap jumlah piksel kamera yang terus tumbuh

Sebelum itu, pengimbang zoom sudut ultra lebar yang paling mendekati adalah EF17-40mm f/4L USM (dirilis 2004) dan EF16-35mm f/2.8L II USM (dirilis 2007) yang sudah ada lebih dulu. Di antaranya, ada lompatan jumlah megapiksel yang ditawarkan oleh kamera DSLR. Contohnya, EOS 5D (dirilis 2005) memiliki 12,8 megapiksel, sedangkan EOS 5D Mark III (dirilis 2012) membekalkan 22,3 megapiksel— hampir dua kali lipat resolusinya.

Performa optik harus mengimbangi semua kemajuan ini, dan kualitas gambar periferal secara khusus merupakan suatu masalah pada lensa sudut lebar. Inilah yang sangat diperhatikan oleh para pengembang lensa Canon untuk diperbaiki saat mereka mengembangkan EF16-35mm f/4L IS USM.

 

2. Kualitas gambar yang menyeluruh, dari sudut ke sudut yang belum pernah ada, merupakan prestasi para pengembang yang luar biasa

Menghasilkan gambar yang jauh lebih baik pada semua sudutnya telah merupakan suatu tantangan besar selama ini pada desain lensa sudut lebar. Para pengembang harus melakukan dua hal:

1. Mempertahankan bidang fokus tetap datar (mengurangi lengkungan bidang), dan
2. Mengurangi distorsi. 

Kedua sasaran ini secara langsung saling berlawanan, dan mewujudkan keduanya memerlukan suatu terobosan desain. 

Pada EF16-35mm f/4L IS USM, hal ini dilakukan dengan menggunakan dua elemen lensa asferis (Versi Inggris) cetakan kaca sisi ganda di kelompok lensa paling depan.


Konstruksi lensa

Diagram konstruksi lensa EF16-35mm f/4L IS USM

A: Lensa Asferis
B: Lensa UD
C: Unit IS 

Desain optik ini memastikan kualitas gambar yang jauh lebih baik dibandingkan hasil dari EF16-35mm f/2.8L II USM, seperti yang bisa Anda lihat dari bagan MTF di bawah.  Pada umumnya, semakin tinggi garis-garisnya, semakin baik performa lensanya. Baca wawancara selengkapnya di bawah untuk mengetahui detail lebih lanjut.


EF16-35mm f/4L IS USM

16mm

Bagan EF16-35mm f/4L IS USM MTF (16mm)

35mm

Bagan EF16-35mm f/4L IS USM MTF (35 mm)


EF16-35mm f/2.8L II USM

16mm

Bagan EF16-35mm f/2.8L II USM MTF (16mm)

35mm

Bagan EF16-35mm f/2.8L II USM MTF (35mm)


Sumbu horizontal: Jarak dari tengah bingkai gambar
Sumbu vertikal: Kontras/Resolusi

Frekuensi Spasial Aperture Maks. f/8
S M S M
10 Lines/mm
30 Lines/mm

Catatan: Pada tahun 2016, Canon merilis EF16-35mm f/2.8L III USM, yang memiliki performa serupa dengan EF16-35mm f/4L IS USM.

 

3. Ini mendorong kemajuan teknologi produksi yang memengaruhi lensa zoom sudut ultra lebar dari Canon di masa depan

Kalau mencermati diagram lensa di atas, Anda akan melihat bahwa elemen lensa pertama sangat besar. EF16-35mm f/4L IS USM bukan lensa pertama yang menggunakan elemen lensa asferis sisi ganda, tetapi ini adalah lensa pertama yang menggunakannya dengan diameter yang begitu besar. Hal ini memerlukan presisi yang amat sangat tinggi untuk memproduksinya.

Mengembangkan teknologi produksi untuk mewujudkan lensa ini, sungguh merupakan suatu terobosan yang nyata. Seperti yang dikatakan oleh salah satu pengembang lensa, “Seandainya kami melontarkan desain ini beberapa tahun lebih awal, kami tidak akan dapat menghasilkan lensa dengan level performa yang sama.”

- EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM juga menarik manfaat dari kemajuan teknologi ini. (Baca tentang apa yang dikatakan para pengembang mengenai lensa ini di sini)

- Desain yang merintis jalan untuk EF16-35mm f/2.8L III USM, yang menggunakan dua lensa asferis sisi ganda berdiameter besar.

 

4. Ini adalah lensa EF zoom sudut ultra lebar serta dan satu-satunya yang dilengkapi dengan image stabilisation (IS)

Lensa ini memberikan kesetaraan IS hingga 4 stop kecepatan rana, yang berarti, bahwa Anda bisa membidik selambat 1/8 detik dan memperoleh gambar yang tajam seakan-akan dibidik pada sekitar 1/125 detik. Ini merupakan keunggulan untuk mengambil bidikan genggam dalam kondisi rendah cahaya, seperti di hutan yang gelap pada saat menjelang matahari terbit, atau setelah matahari terbenam—sangat praktis kalau Anda tidak ingin membawa-bawa tripod. 

Ruangan dalam gereja

EOS 5D Mark III/ EF16-35mm f/4L IS USM/ FL: 16mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1,6 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Manual  

IS memungkinkan untuk melakukan bidikan genggam yang tajam atas pemandangan yang memukau namun kondisi cahayanya redup, tanpa meningkatkan kecepatan ISO, bahkan apabila membidik hingga selambat 1,6 detik.

 

5. Perhatikan, panjang laras lensa tetap sama saat Anda melakukan Zoom, bukan?

Elemen lensa didesain untuk bergerak dalam larasnya saat Anda melakukan zoom in dan zoom out, dan bukan larasnya yang bergerak seperti pada kebanyakan lensa zoom. Desain non-extending ini tidak saja mencegah zoom creep, tetapi juga memiliki sejumlah keuntungan.

i) Ini membantu mempertahankan kesejajaran elemen lensa secara persis, khususnya yang berada dalam kelompok lensa pertama. Hal ini sangat krusial untuk memaksimalkan kualitas gambar.

ii) Menjaga pergerakan dalam laras lensa, melindungi elemen lensa tersebut, khususnya elemen terdepan yang lebih besar, lebih berat, dari benturan eksternal, sehingga menghasilkan ketahanan yang lebih baik.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai desain lensa, kualitas optik dan beberapa saran pemeliharaan, bacalah wawancara selengkapnya di sini.

---

Apa yang dikatakan para fotografer profesional mengenai lensa ini? Temukan jawabannya dalam artikel:
Mencermati Fitur Lensa Zoom Wide-angle
Ulasan Lensa: EF16-35mm f/4L IS USM dalam Fotografi Lanskap
EF16-35mm f/4L IS USM: Fotografi Lanskap yang Mencengangkan, Bahkan Dengan Pemotretan Genggam 

Kalau Anda menggunakan kamera APS-C, pertimbangkan EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM, yang menawarkan kisaran fokus yang setara full-frame serupa pada kamera APS-C.

Ketahui lebih lanjut mengenai lensa zoom f/4L EF dari Canon:
Sebaik Apakah Anda Mengenal Lensa Zoom f/4L?

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!