Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Teknik Fotografi Cosplay (1): Perlengkapan Pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor yang menentukan tingkat kesempurnaan foto cosplay. Ada beragama perlengkapan fotografi yang tersedia, dan yang penting adalah memilihnya secara cermat dan menggunakannya secara optimal menurut pemandangan yang akan diabadikan. Berikut ini, saya akan memperkenalkan perlengkapan pencahayaan yang digunakan oleh para fotografer top dalam pemotretan cosplay. (Dilaporkan oleh: Suna, Model: Yu, Kanata)

 

Anda akan memerlukan 2 penerangan untuk fotografi cosplay

Ada beberapa jenis perlengkapan penerangan yang digunakan untuk fotografi cosplay. Semua ini bisa dibedakan menurut intensitas cahayanya dan bagaimana perlengkapan itu menyebarkan cahaya. Jika Anda seorang fotografer independen, maka akan sulit untuk memiliki perlengkapan pemotretan yang banyak sekali. Namun demikian, pencahayaan bisa membuat perbedaan yang menentukan hasil jadi foto Anda, jadi sebaiknya memiliki 2 unit lampu kilat, meskipun keduanya adalah unit pada kamera—dua pengaturan cahaya adalah penyiapan paling mendasar untuk fotografi tersebut. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyewa perlengkapan jika perlu.

 

Unit lampu kilat eksternal

Lampu kilat adalah suatu alat yang memancarkan cahaya secara sinkron dengan melepaskan rana kamera. Unit lampu kilat pada umumnya bisa dibagi ke dalam dua jenis: unit lampu kilat yang ringkas dan bertenaga baterai pada kamera yang juga bisa dipasangkan ke hot shoe, dan monolight (pencahayaan tunggal) dengan intensitas lampu kilat yang tinggi. Unit lampu kilat pada kamera secara umum digunakan untuk bidikan foto cosplay, karena ukurannya yang portabel dan mudah memiliki beberapa unit. Juga terdapat beragam aksesori yang tersedia di toko yang bisa Anda pasangkan ke unit lampu kilat untuk cakupan ekspresi yang lebih luas.

 

Unit lampu kilat pada kamera
Unit lampu kilat pada kamera, seperti Speedlite (Versi bahasa Inggris), bertenaga baterai dan biasanya dipasangkan ke kamera untuk digunakan. Namun, dengan menggunakan radio slave (untuk kendali nirkabel), ini juga bisa disiapkan pada jarak yang jauh dari kamera, dan beberapa unit bisa ditembakkan sekaligus.

Speedlite

 

Monolight
Juga dikenal sebagai monoblock (atau ‘monobloc’) strobes, monolight tidak portabel dan harus dihubungkan ke sumber daya agar bisa digunakan, tetapi alat ini memancarkan cahaya yang melimpah dan memiliki waktu daur ulang lampu kilat yang sangat singkat. Monolight terutama digunakan untuk pemotretan di studio.

unit lampu kilat monoblock

 

Diffuser cahaya

Diffuser cahaya adalah suatu alat yang biasanya dipasangkan ke unit lampu kilat untuk menyebarkan cahaya. Karena perjalanan cahaya hanya melintasi garis lurus, maka, menggunakan diffuser (penyebar) cahaya membantu menerpakan cahaya secara merata melintasi area yang luas, dan, dengan begitu menambah sentuhan halus pada foto yang dihasilkan. Diffuser cahaya bisa dibagi lebih jauh lagi ke dalam beberapa jenis, masing-masing bervariasi pada cara menyebarkan cahaya. Berikutnya, mari kita mencermati karakteristik yang berbeda-beda dari jenis diffuser.

diffuser

Perhatikan, "diffuser" bukan merupakan kategori produk, tetapi istilah generik yang bisa mengacu ke apa pun yang memenuhi tujuan penyebaran cahaya.

 

Bagaimana diffuser mengubah foto Anda

Tanpa diffuser

Fotografi cosplay (tanpa diffuser)

EOS-1Ds Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 54mm/ Manual (f/2.8, 1/160 det.)/ ISO 100/ WB: Manual - 5000K
Cahaya dari unit lampu kilat hanya menimpa sebagian subjek sehingga menghasilkan foto dengan pendistribusian cahaya yang buruk.

Dengan diffuser

Fotografi cosplay (dengan diffuser)

EOS-1Ds Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 43mm/ Manual (f/5.6, 1/160 det.)/ ISO 400/ WB: Manual - 5000K
Cahaya diterpakan secara merata pada subjek, menghasilkan bidikan yang seimbang dengan sentuhan lembut.

 

Jenis diffuser

Softboxes
Jenis diffuser ini paling umum digunakan dan melembutkan cahaya yang dipancarkan dari lampu kilat.

diffuser softbox

 

Diffuser payung
Juga dikenal sebagai, membidik melalui payung, diffuser payung digunakan untuk menyebarkan cahaya yang melintas melalui payung pada area yang luas.

Membidik melalui payung

 

Strip softbox
Strip softbox tersedia dalam bentuk persegi panjang. Cocok untuk potret seluruh tubuh, perangkat ini merupakan pilihan paling populer untuk bidikan foto cosplay.

Strip softbox

 

Beauty dish

Beauty dish (Parabola cantik) dapat menyinari area yang lebih sempit daripada softbox, dan digunakan untuk menggambarkan area yang redup, atau menampilkan sebagian tubuh subjek. Karakteristik ini membuatnya ideal untuk fotografi cosplay, yang kerap mencakup skenario yang tidak lazim.

Beauty dish

 

Contoh bidikan gambar dengan pencahayaan dari beauty dish
Beauty dish bisa digunakan untuk membatasi jumlah cahaya, dan karena itu merupakan alat yang praktis untuk menonjolkan suasana area yang redup.

Bidikan foto cosplay menggunakan beauty dish

EOS-1Ds Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 45mm/ Manual (f/5.6, 1/160 det.)/ ISO 400/ WB: Manual - 5000K

 

Diffusing fabric

Diffusing fabric (Kain penyebaran) bisa berupa bahan apa saja yang memungkinkan cahaya menembus kain, seperti bahan kain kasa atau kain jala-jala. Meskipun penggunaannya terbatas, karena banyak mengambil tempat, namun kain penyebaran dapat menghasilkan cahaya lebih lembut yang menyinari area lebih luas dibandingkan diffuser jenis kotak. Ini biasanya dipasang menggunakan boom (tiang).

Diffusing fabric

Ada diffusing fabric yang tersedia secara komersial, tetapi Anda juga bisa menggunakan sehelai kain yang memungkinkan cahaya menembus, sebagai gantinya.

 

Contoh bidikan gambar dengan pencahayaan dari diffusing fabric
Dalam contoh ini, bidikan melalui payung digunakan bersama dengan diffusing fabric, sehingga seluruh area disinari dengan cahaya lembut, dan membuat nada kulit subjek tampak lebih mulus.

Foto cosplay, dibidik dengan diffusing fabric

EOS-1Ds Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 70mm/ Manual (f/7.1, 1/160 det.)/ ISO 200/ WB: Manual - 5000K

 

Grid

Grid (kisi-kisi), juga dikenal sebagai grid spot, adalah aksesori berpola jala-jala yang terpasang pada unit lampu kilat atau softbox. Ini bisa digunakan untuk mengendalikan area yang akan disinari, dan memungkinkan cahaya diterpakan pada area yang lebih sempit. Aksesori ini praktis saat harus mengendalikan bayangan selama pemotretan Anda.

Grid

Grid (kisi-kisi) yang ditunjukkan di atas adalah untuk dipasang ke softbox.

 

Tanpa grid

Dibidik dengan softbox, tanpa grid

EOS-1Ds Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 24mm/ Manual exposure (f/5.6, 1/160 det.)/ ISO 400/ WB: Manual - 5000K
Cahaya dari softbox menjangkau area yang sangat luas.

Dengan grid

Dibidik dengan softbox dan grid

EOS-1Ds Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 24mm/ Manual exposure (f/5.6, 1/160 det.)/ ISO 400/ WB: Manual - 5000K
Dibandingkan dengan gambar di kiri, cahaya menimpa pada area yang lebih sempit dalam foto ini.

 

Grid dan area penyinaran
Jala-jala grid yang dipasang ke unit lampu kilat, juga disebut honeycomb grid (sarang lebah), karena menyerupai pola sarang lebah. Pola jala-jala yang lebih ketat mengurangi area yang sedang disinari, jadi dengan menyiapkan beberapa grid dengan area penyinaran yang berbeda-beda, Anda akan dapat memilih area yang ideal menurut skenarionya.

 

Contoh grid yang lain.

Memang memungkinkan untuk mengetahui area penyinaran grid dari "sudut", yang diindikasikan dalam nama produk atau spesifikasinya. Perhatikan, bahwa sudut yang lebih kecil menunjukkan area penyinaran yang lebih sempit.

 

Jika Anda seorang pemula fotografi lampu kilat eksternal, bacalah serial berikut ini:
Dalam Fokus: Dasar-dasar Fotografi Flash Eksternal

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

Suna (@sandmu963)

Suna (@sandmu963)

Bekerja sebagai seorang fotografer, umumnya pada hari kerja, Suna selalu menyatukan berbagai teknik fotografi baru dan memberikan penjelasan yang sangat teratur dan mudah dipahami di media sosial, seperti Twitter.

Yu (@yu_know_what)

Yu (@yu_know_what)

Cosplayer yang belum lama ini ikut terlibat dalam proyek cosplay, seperti Fate, Danganronpa dan Hatsune Miku. Ia telah meraih reputasi yang sangat baik untuk foto spesifik skenaria karyanya.

Kanata (@HakusuiKanata)

Kanata (@HakusuiKanata)

Kanata adalah seorang cosplayer serta seniman modern yang mengkhususkan diri dalam karya seni plastik. Ia terkenal akan perhatiannya terhadap tekstur yang mendetail dari berbagai senjata dan perlengkapan perlindungannya. Kanata juga seorang cosplayer resmi untuk “Kabaneri of the Iron Fortress”.

Genkosha Co.

Genkosha Co.

Sebuah penerbit yang mengkhususkan diri dalam buku serta video mengenai video, fotografi dan ilustrasi.